PPS Kelurahaan Rimbo Kaluang Melantik sebanyak 84 KPPS

Wartawan Goes Too Campus
Kamis, 25 Januari 2024 | Januari 25, 2024 WIB Last Updated 2024-01-25T12:22:56Z


QBeritakan.com - Sukses dan terselenggaranya Pesta Demokrasi Pemilihan Umum 2024, khususnya di Kawasan Kelurahaan Rimbo Kaluang Kota Padang, sebanyak delapan puluh empat 84 petugas Kelompok i Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dilantik.

Pelantikan tersebut dilaksanakan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahaan Rimbo Kaluang yang didukung oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Padang Barat, juga dihadiri oleh PKD dan unsur Stakeholder terkait, pelaksanaan pelantikan KPPS bertempat di kantor lurah Rimbo Kaluang, Kamis (25/1/2024).

Ketua PPS Rimbo Kaluang, Hendra Wahyudi Putra didampingi Lenggo Leo Mongga yang juga menyampaikan sambutan Ketua KPU RI, Hasim Ashari mengucapkan, selamat atas dilantiknya sebagai KPPS dan selamat bergabung bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang.

Sukseskan Pemilu 2024, KPPS Kawasan Kelurahaan Rimbo Kaluang. Sukses dan terselenggaranya Pesta Demokrasi Pemilihan Umum 2024, khususnya di Kawasan Kelurahaan Rimbo Kaluang, sebanyak 84 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dilantik.


Pelantikan tersebut dilaksanakan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Rimbo Kaluang yang didukung oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan (PKD) Kelurahaan, dihadiri oleh Anggota KPU Padang, Hendra, PPS, bertempat di kantor Lurah Rimbo Kaluang Kota Padang setempat, Kamis (25/1/2024).

Ketua PPS Kelurahan Rimbo Kaluang, Hendra yang juga menyampaikan sambutan Ketua KPU RI, Hasim Ashari mengucapkan, selamat atas dilantiknya sebagai KPPS dan selamat bergabung bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang.

Lebih lanjut kata dia, Kelurahan Rimbo Kaluang Kota Padang merupakan daerah pusat pemerintahan Kota Padang, yang menjadi barometer pelaksanaan pesta pemilihan umum Kelurahan Rimbo Kaluang Kota Padang ini.

“KPPS sangat penting perannya sebagai penyelenggara pemilu, salah satu tugasnya adalah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS,” ujar Ardi Mayasri yang menyampaikan sambutan Ketua KPU RI.

Pada sambutan itu juga disampaikan pelantikan yang dilakukan serentak seluruh Indonesia, sebanyak 5.741.127 orang, untuk 820.161 TPS, dengan 71.000 titik tempat pelantikan.

“Pelantikan ini juga diagendakan pemberian bibit pohon kepada anggota KPPS yang dilantik untuk di tanam di masing-masing tempat TPS ,” ujarnya.
Penanaman pohon tersebut berguna sebagai pengganti kebutuhan kertas logistik pemilu saat ini yang banyak mengunakan kertas.

Terakhir, ia berharap agar anggota KPPS dalam bekerja berpedoman kepada peraturan perundang-undangan, kode etik penyelenggara pemilu, bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggungjawab dan transparan.

Usai dilantik para anggota KPPS diajak melakukan aksi penanaman bibit pohon sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap lingkungan. 
Menurut Hendra, penanaman pohon ini merupakan simbol bahwa banyak pohon yang digunakan dalam proses pemilu untuk keperluan logistik, terutama surat suara. 

Dengan pelantikan KPPS ini, maka dijadikan momentum atau sebuah usaha untuk mengganti pohon-pohon yang diambil.

Setelah dilantik serentak pada 25 Januari 2024 ini, mulai 26-29 Januari 2024, para petugas KPPS akan mendapatkan Bimbingan Teknis yang dilaksanakan di masing masing desa atau kelurahan. 

Hendra juga menjelaskan seluruh KPPS akan menjalani Bimtek sesuai arahan dari KPU RI, mengingat tantangan ke depan Pemilu 2024 ini semakin kompleks dan menghindari terjadinya jatuh korban seperti pada saat pelaksanaan Pemilu serentak Tahun 2019 lalu.

“Kami berharap agar anggota KPPS dalam bekerja berpedoman kepada ketentuan Perundang-undangan, kode etik penyelenggara pemilu, bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggung jawab dan transparan,” harapnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PPS Kelurahaan Rimbo Kaluang Melantik sebanyak 84 KPPS

Trending Now