Menguak Misteri Kembang Telon " Mawar, Kantil dan Kenanga"

QBeritakan.com
Sabtu, 17 Juni 2023 | Juni 17, 2023 WIB Last Updated 2023-06-17T04:59:48Z

QBeritakan.com - Bicara soal Bunga siapa sih yang tidak suka dengn yang namanya bunga, bahkan bunga selalu di istilahkan untuk sesuatu yang indah dan menarik, banyak Istilah yang di sinonimkan dengankata bunga, Contoh nya " Bunga Desa" Yang berarti seorang gadis yang cantik jelita di dalam sebuah desa. sampai sampai masalah ekonomi pun di sinonimkan dengansebuah Bunga, misalkan Bunga Deposito, Bunga Pinjaman dan bunga lainnya.

Nah Kali Ini Admin Q akan mengajak sahabat semua untuk Menguak Misteri Kembang Telon " Mawar, Kantil dan Kenanga"  Tapi sebelum masuk di pembahasan seperti judul artikel diatas, tentunya kita harus mengerti dahulu objek yang akan menjadi pembahasan.

Kembang Telon adalah kumpulan bunga yang terdiri tiga macam bunga, yakni bunga mawar, bunga kantil dan bunga kenanga.

Telon berasal dari kata telu (tiga) Dalam Bahasa Jawa, Filosofi Jawa Tentang Kembang Telon dengan harapan agar meraih tiga kesempurnaan dan kemuliaan hidup (tri tunggal jaya sampurna) yaitu Sugih banda ( Kaya Harta), sugih ngelmu (Kaya Ilmu), sugih kuasa (Kaya Kekuasaan atau Kedudukan).

Makna Bunga Mawar

Kembang MAWAR, Mawi-Arsa Dengan kehendak atau niat. Menghayati nilai-nilai luhur hendaknya dengan niat. Mawar, atau awar-awar ben tawar. Buatlah hati menjadi “tawar” alias jembaring ati atau mampu mewadahi segala cobaan hidup. Jadi niat tersebut harus berdasarkan ketulusan, menjalani segala sesuatu tanpa pamrih (ihlas), dan menerima cobaan hidup dengan ikhlas

Makna Bunga Kantil

Kembang KANTHIL, singkatan dari KANTHI LAKU TANSAH KUMANTHIL Simbol pepeling/pengingat bahwa untuk meraih ngelmu iku kalakone kanthi laku. Maksudnya, untuk meraih ilmu spiritual serta meraih kesuksesan lahir dan batin, setiap orang tidak cukup hanya dengan memohon-mohon doa. 

Kesadaran spiritual tak akan bisa dialami secara lahir dan batin tanpa adanya penghayatan akan nilai-nilai luhur dalam kehidupan sehari-hari (lakutama atau perilaku yang utama). 

Bunga kanthil berarti pula, adanya tali rasa, atau tansah kumanthil-kanthil, yang bermakna Kumanthil pula pengabdian yang mendalam tiada terputus. 

Yakni mencurahkan kasih sayang dan manfaat kepada seluruh makhluk, kepada kedua orang tuanya dan para leluhurnya.

Kenanga adalah bermakna “ tumengo ”, dalam arti kita harus bisa menengok ke kanan dan ke kiri, saling tolong menolong dengan sesama dan selalu bisa memaafkan. 

Makna Bunga Kenanga

Kembang KENANGA, Keneng-a! Capailah segala keluhuran yang telah dicapai oleh para pendahulu. Berarti generasi penerus seyogyanya mencontoh perilaku yang baik dan prestasi tinggi yang berhasil dicapai para leluhur semasa hidupnya. Kenanga, kenang-en ing angga. Bermakna filosofis agar supaya anak turun selalu mengenang warisan leluhur tradisi, kesenian, kebudayaan, filsafat, dan lain yang baik-baik.

Menguak Misteri Kembang Telon " Mawar, Kantil dan Kenanga" 

Kenapa Bunga dikaitkan denga sebuah kata misteri,  sEdangkan Misteri adalah sesuatu yang belum diketahui dengan pasti dan menarik keingintahuan orang-orang. 
 
Misteri biasanya dikaitkan dengan kejadian-kejadian horor dan supranatural. Contoh hal-hal yang dianggap sebagai misteri: hilangnya kapal-kapal dan pesawat di wilayah Segitiga Bermuda, Kota Gaib Saranjana dan lain sebagainya.

Mungkin Sahabat Q Pernah melihat bunga berwarna-warni dalam ritualan orang Jawa? Misalnya saat memakamkan jenazah atau sisa-sisa ritualan di candi?

Aktivitas budaya atau ritual Jawa hampir-hampir selalu menyertakan kembang telon atau atau kembang setaman.

Kembang Kembang telon tersebut biasa digunakan untuk sesaji, media ritual, dan juga syarat untuk memanggil makhluk gaib.

Apa maksud penggunaan kembang telon atau tiga bunga dalam ritual Jawa? Ternyata setiap bunga ada maksudnya, Seperti halnya yang sudah kita bahas di awal Tulisan ini.

Menurut masyarakat Jawa, bunga kenanga termasuk bunga yang disukai oleh jin dan makhluk halus lainnya.

Bunga mawar merah dalam kepercayaan masyarakat Jawa melambangkan warna darah dari si penyelenggara ritual, sedangkan mawar putih melambangkan kesucian niat dari si penyelenggara ritual.

Jadi bunga ini bisa menjadi simbol membangun ikatan dengan makhluk tersebut, entah itu hanya ikatan coba-coba, ikatan biasa atau dalam, ikatan pertemanan, ikatan persaudaraan, dan ikatan-ikatan lainnya.

Intinya adalah mengharapkan adanya ikatan.

Bentuk Bunga Kanthil yang dipakai pun bermacam-macam. Ada yang meminta bunga beserta kelopak dan dahannya, dan ada juga yang menyertakan daun yang paling dekat dengan bunga.

Dengan menyediakan apa yang disukai mereka, harapannya mereka mau datang dan menemui si pemberi.
 
Bunga mawar merah dalam kepercayaan masyarakat Jawa melambangkan warna darah dari si penyelenggara ritual, sedangkan mawar putih melambangkan kesucian niat dari si penyelenggara ritual.
 
Nah Gimana sob Q, Bunga Adalah Lambang keindahan, karena semua mahluk menyukai Bunga atau sebuah keindahan, terkait bunga di dijadikan hal hal yang diluar nalar manusia ya biarkan karena setiap manusia melakukan hal yang dikerjakan dia sendirilah yang mengerti apa maksud dan tujuan nya.
 
Mari Berfikir Bijak jangan selalu hal yang terjadi selalu dikaitkan dengan hal yang negatif.
Salam Rahyu
Prasetyo Budi.
 
 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menguak Misteri Kembang Telon " Mawar, Kantil dan Kenanga"

Trending Now