Rawon baru aja dinobatkan sebagai sup terenak di dunia versi TasteAtlas

QBeritakan.com
Kamis, 03 Agustus 2023 | Agustus 03, 2023 WIB Last Updated 2023-08-03T04:11:06Z

 

QBeritakan.com -  Kuliner tradisional ini berhasil mengalahkan ramen dari Jepang

Makanan dari daging sapi ini memiliki cita rasa gurih karena kuahnya dibuat dari berbagai macam bumbu seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai

Rawon adalah masakan Indonesia berasal dari Ponorogo yang berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek.

Rawon, Menyebar keluar Ponorogo karena Ponorogo memiliki peran Penting dari masa ke masa, hingga dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur (daerah Arekan), masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta).

Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil, utamanya adalah bagian sandung lamur.

Bumbu supnya sangat khas Indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, kemiri, serai, kunir, cabai, kluwek, garam, serta minyak nabati.

Semua bahan ini dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging.

Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek, hal itu dikarenakan dalam budaya Ponorogo masih kental akan hal magis. Di luar negeri, rawon disebut sebagai black soup.

Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge berekor pendek, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal), dan sambal. Beberapa pelengkap lain yang juga dapat dihidangkan bersama rawon adalah olahan jeroan dan di daerah Pasuruan rawon juga lazim dikonsumsi dengan mendol (perkedel tempe) dan disajikan di atas daun pisang.

Kunci lezat rawon juga berada pada olahan kuahnya yang berasal dari kaldu daging yang digunakan, baik dari lemak daging, tulang muda, maupun kulit.

Warung rawon yang cukup populer di antaranya adalah Rawon Nguling di Pasuruan, Rawon Kalkulator di Taman Bungkul, Surabaya, dan Rawon Setan di jalan Embong Malang, Surabaya, juga Rawon Penjara Solo sebelah timur Rumah Tahanan Surakarta Pada zaman dahulu rawon merupakan masakan yang jarang dihidangkan.

Rawon hanya di hindangkan pada saat acara adat saja.

Namun pada zaman sekarang memasak rawon sudah umum.

Bumbu instan rawon sangat mudah ditemukan dan banyak dijual di pasar tradisional maupun pasar modern dengan harga yang sangat terjangkau.

Namun bumbu instan rawon juga memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan. Kekurangannya adalah perlu menambahkan sedikit penyedap rasa seperti garam, gula, dan lada agar rasa yang didapat lebih seimbang.

Sedangkan kelebihan memasak rawon dengan bumbu instan adalah lebih menghemat waktu di dapur.

Meskipun begitu, memasak rawon dengan bumbu segar yang diracik sendiri lebih menghasilkan rasa yang aromatik dan kental.

Adanya penilaian dari TasteAtlas ini adalah untuk mempromosikan makanan lokal yang enak, menanamkan kebanggaan pada masakan tradisional di tiap negara dan Rawon juaranya
Di mana tempat makan rawon favorit kamu?

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rawon baru aja dinobatkan sebagai sup terenak di dunia versi TasteAtlas

Trending Now