Agus Harimurti Yudoyono dan Gibran Rakabuming Raka Sama-Sama Berprestasi, Tapi ini Bedanya.

Prasetyo Budi
Rabu, 18 Januari 2023 | Januari 18, 2023 WIB Last Updated 2023-01-18T02:42:46Z


QBeritakan.com - Dunia tau kalo AHY anak sulung Presiden ke 6 dan GIBRAN anak sulung Presiden ke 7 Republik Indonesia yang sama-sama lelaki dan kebetulan menerjuni dunia politik.

Jika dibandingkan siapa prestasi politiknya yang menonjol? Mengingat keduanya memiliki MENTOR yang kenyang asam garam perpolitikan di Indonesia ini.

Sudah banyak yang mengetahui tentang profil Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Gibran Rakabuming Raka (GRR). Keduanya sosok anak muda yang menginspirasi generasi seangkatannya untuk terus bermimpi dan tidak takut gagal.

Gibran sudah membuktikan sukses di BISNIS dan saat terjun ke politik pun strateginya di masa pandemi saat Pilkada menuai keberhasilan dan menjadi Wali Kota Solo dengan lancar tanpa masalah.

Sementara AHY saat pertama kali terjun ke politik pun membuktikan dirinya harus menerima KEKALAHAN di Pilkada DKI Jakarta. 

Gibran dan AHY saat Pilkada memuncaki survei diawal-awal kampanye, tapi akhirnya AHY gugur diputaran pertama, Gibran menang mutlak satu periode. 

Pidato politik pertama setelah Pilkada ini menunjukkan AHY dan Gibran sudah menunjukkan karakternya sebagai calon pemimpin masa depan yang visioner.

AHY dalam pidato kekalahannya tidak menyebutkan sepatah katapun tentang kecurangan ataupun menuding pihak lain. Dia memilih untuk membuat suasana menjadi adem dengan menyampaikan keikhlasannya menerima kenyataan.

Disaat bersamaan AHY juga terus membakar semangat anak muda Indonesia untuk terus berkarya, tidak patah jika gagal dan bangkit kembali.

Sementara dalam pidato usai dilantik jadi Wali Kota Solo langsung menyikapi dengan program-program kerja di saat pandemi masih mewabah itu dengan sasaran utama PEMULIHAN EKONOMI.

Gibran akan mencanangkan vaksinasi bagi para pedagang di Pasar-Pasar dan besok paginya langsung tancap gas menindaklanjutinya.

Gibran menyatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) setelah pedagang selesai akan dilanjutkan kepada prioritas penerima vaksin lainnya seperti tenaga pendidik, dan sebagainya.

Di samping itu, Gibran juga akan meningkatkan perekonomian dengan membuka peluang kepada anak-anak muda yang kreatif dan inovatif serta bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) supaya naik kelas. Caranya, melalui pemanfaatan teknologi informasi.

"Untuk membuka peluang, kami akan perbanyak kreatif hub dan co-working space supaya anak-anak muda di Solo memiliki daya saing dan UMKM di Solo bisa naik kelas melalui pemanfaatan teknologi. Ini adalah salah satu agenda percepatan pemulihan ekonomi di Kota Solo," jelasnya.

Selain itu, Gibran juga menyinggung mengenai peran big data yang dinilai sangat krusial bagi terciptanya kota cerdas (smart city). Big data memberikan informasi akurat dan sebagai dasar dalam menentukan keputusan serta langkah-langkah strategis dalam perencanaan pembangunan.

Dari pidato kedua anak sulung presiden itu sudah jelas apa yang akan dilakukannya. Gibran langsung BEKERJA dan AHY membidik untuk jadi Ketua Umum Partai Demokrat.

Jika dibandingkan prestasinya antara AHY dan Gibran dalam politik, AHY lebih banyak berkutat membesarkan partainya, dan Gibran menorehkan beberapa penghargaan atas prestasinya sebagai Wali Kota Solo.

Prestasi AHY lebih menonjol dalam bidang pendidikan, karena sering menjadi lulusan terbaik dalam sekolahannya.

Berikut ini sejumlah prestasi yang diraih AHY sebelum terjun ke politik :

1.  Lulusan AKMIL dengan meraih Adhi Makayasa (penghargaan yang diberikan hanya untuk satu orang lulusan terbaik TNI/Polri)
2.  Lulusan terbaik Kursus Dasar Petugas Infanteri (2001)
3.  Lulusan terbaik intelejen tempur (2001)
4.  Lulusan terbaik kursus petugas operasi batalyon (2004)
5.  Lulusan terbaik kursus manuver karir kapten fort benning (2011)
6.  Ketua Osis SMP 5 Bandung
7.  Lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara.
8.  Salah satu lulusan terbaik Universitas Teknologi Nanyang Singapura.
9.  Meraih medali PBB, Penghargaan dari pemerintah dan Angkatan Bersenjata Lebanon.
10. Lulusan Kampus Terkemuka Dunia, Harvard.
7.  Lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara.
8.  Salah satu lulusan terbaik Universitas Teknologi Nanyang Singapura.
9.  Meraih medali PBB, Penghargaan dari pemerintah dan Angkatan Bersenjata Lebanon.
10. Lulusan Kampus Terkemuka Dunia, Harvard.
11. Satu-satu perwira militer yang mendapatkan kesempatan mengikuti program platinum Kennedy School.
12. Meraih nilai sempurna di Command and General Staff College di Ford Leavenworth, USA.
13. Meraih nilai sempurna saat meraih gelar master of art di Universitas Webster.
14. Keynote Speaker di ajang internasional.

Dari deretan prestasinya itu jelas AHY ternyata lebih menonjol berkarir dalam bidang pendidikan dibandingkan dalam bidang politik hingga saat ini.
.
.
Sementara PRESTASI Gibran dalam berpolitik sudah moncer saat menjadi Wali Kota Solo, dan diakui SUKSES memimpin Solo dalam kurun waktu pendek ini, belum tuntas hingga 5 tahun.

Makanya nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka jadi pembicaraan karena dianggap berpotensi diusung sebagai CALON GUBERNUR di dua daerah, yakni Pilgub DKI Jakarta ataupun Pilgub Jawa Tengah.

Lalu, apa saja prestasi Gibran selama memimpin Solo, hingga namanya calon diusung partai sebagai calon gubernur? 

Berikut sejumlah prestasi Gibran di Solo, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Gibran berhasil membawa Solo jadi tiga besar kota terbaik Jawa Tengah. Pemerintah Kota Solo mendapatkan Penghargaan Pembangunan Daerah 2021 dengan kategori Kota Terbaik II. 

2. Gibran bertindak tegas pada pejabat yang terlibat PUNGLI. Ia memecat Lurah Gajahan berinisial S yang terlibat melakukan praktik pungutan liar atau pungli. Pungli ini bermoduskan zakat dan sedekah. 
Gibran menyebut tindakan pungli atas nama zakat dan sedekah yang dilarang dalam Surat Edaran (SE) Komisi Pemberantasan Korupsi nomor 13 tahun 2021 tentang Pencegahan Korupsi dan Pengendalian Gratifikasi Hari Raya. 

3. Dan Gibran tak segan TURUN langsung keliling mengembalikan uang hasil pungli Lurah Gajahan tersebut dan meminta maaf pada warganya atas kesalahan adanya pungli tersebut.

4. Gibran dinyatakan sebagai Wali Kota paling populer sepanjang 2021 oleh Indonesia Indicator (I2). Perusahaan intelijen media itu menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mencetak pemberitaan tentang Gibran.

5. Gibran juga melakukan beberapa gebrakan pembangunan di Solo. Pada Januari 2022 misalnya, Pemkot Solo di bawah kendali Gibran merevitalisasi Pasar Legi. Gibran juga merevitalisasi Taman Balekambang yang digadang bakal menjadi destinasi wisata layaknya Candi Borobudur di Magelang. Merombak Pasar Malam Ngarsopuro dan koridor Gatot Subroto. Lokasi tersebut direncanakan seperti Malioboro di Yogyakarta.

6. Gibran sukses dengan mega proyek fenomenal Masjid Syeikh Zayed dengan anggaran miliaran rupiah. Masjid hadiah Pangeran Uni Emirat Arab untuk Jokowi yang konon bakal jadi termegah dan terindah di Solo itu.

7. Pada April 2022, nama Solo masuk kategori kota paling toleran di urutan kesembilan di Indonesia. Solo masuk daftar bersama sejumlah kota besar lainnya, seperti Singkawang dan Bekasi. Pemilihan Solo sebagai salah satu kota toleran ini tentunya dilihat dari berbagai aspek.

8. Gibran sukses gelar pameran batik di Paris.

Dan masih panjang lagi deretan PRESTASI yang telah dilakukan Gibran sebagai Wali Kota Solo hingga meraih puluhan penghargaan itu, di saat jabatannya belum usai. Artinya torehan prestasinya jelas masih terbuka peluangnya.
.
Dua anak dari dua Presiden Indonesia ini sudah berbuat untuk negri ini, kini rakyat bisa menilainya, mana yang cakap bekerja untuk rakyat, mana yang bisa jadi pemimpin masa depan bangsa ini, rakyat lah juri yang sebenarnya.
.
#Politik #AHY #GibranRakabumingRaka #StefanusToni #PemimpinMasaDepanIndonesia
.
By Stefanus Toni

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Agus Harimurti Yudoyono dan Gibran Rakabuming Raka Sama-Sama Berprestasi, Tapi ini Bedanya.

Trending Now