Sesaji Untuk Menghormati dan Ajaran Budi Pekerti Warisan Leluhur Nusantara

Prasetyo Budi
Rabu, 18 Januari 2023 | Januari 18, 2023 WIB Last Updated 2023-01-18T00:42:10Z


QBeritakan.com - Banyak yang tidak paham arti dan maksud sesaji Nusantara ini..
Kalo tidak tahu maksudnya yuk kita simak ulasan berikut 

Kalau sesajen bikin bencana,Bali itu sudah hancur mungkin di gulung tsunami atau gempa, tapi nyatanya sampai sekarang di antara pulau2 besar di Nusantara, Bali termasuk yang paling ajeg dan aman, bahkan jadi surga wisatawan dari seluruh dunia. 

Itu justru karena sampai detik ini tradisi sesajen masih di pelihara dan di lakukan di tiap-tiap rumah umat Hindu dan Buddha di Bali. 

Kalau mau ngomong tendensius,bisa kita balik : Justru negeri ini,karena mayoritas penduduknya sudah pada mabok dogma impor, sudah banyak yang durhaka pada bumi pertiwi dan piwulang leluhurnya, meninggalkan ajaran-ajaran Budi Pekerti dan menghina sesajen warisan leluhur, makanya banyak bencana dan musibah di seluruh kepulauan Indonesia. 

Pohon-pohon besar gak lagi di jaga supaya lestari, di keramatkan dan di sajeni, malah di tebang sembarangan lalu banjir dan longsor di mana-mana.

Tradisi sesajen merti bumi, merti tirta ( merawat saluran dan sumber air ) sudah di tinggalkan,maka kekeringan terjadi di mana mana. 

Leluhur Nusantara memberikan contoh terbaik karena menggunakan sarana sesajen untuk merawat alam dan ingat pada kekuatan alam yang di luar kuasa manusia. 

Sesajen membuat manusia Nusantara tau bersyukur dan berterimakasih pada alam sumber hidupnya,rendah hati,tidak semena2 mengeksploitasi alam lingkungannya..

Jadi marilah kita lebih Arif dan bijaksana dalam menelaah setiap budaya, supaya pengetahuan kita bertambah...wawasan kita lebih luas
Tidak asal tendang dan ahirnya alampun akan menendangkita dari dunia ini..

Rahayu..

Adhie Khumaidi

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sesaji Untuk Menghormati dan Ajaran Budi Pekerti Warisan Leluhur Nusantara

Trending Now