RENGEKAN PUTRI CITARASEMI DALAM GUGURNYA MAHARAJA LINGGABUANA

QBeritakan.com
Sabtu, 04 Mei 2024 | Mei 04, 2024 WIB Last Updated 2024-05-04T13:42:31Z




QBeritakan.comMaharaja Linggabuana memerintah dari tahun 1350-1357. Dari permasiurinya, Prabu Lingggabuana memperoleh dua orang anak yaitu Citaresmi (Dyah Pitaloka) dan Westu Kencana.

Anak permpuannya begitu sangat disayangi oleh sang Prabu, apapun keinginannya selalu dituruti. Termasuk keinginannya yang nanti menyebabkan gugurnya sang Maharaja. 

Selepas turunnya Pinangan dari Hayam Wuruk, Raja baru Majapahit yang baru dilantik dan juga belum beristri, Maharaja Linggabuana pada mulanya menolak untuk datang ke Majapahit, persetujuan tersebut didasarkan pada nasehat Petinggi Kerajaan yang berasumsi jika hal tersebut adalah akal-akalan Majapahit saja untuk memperkuat martabat orang Sunda, sebab seharusnya berdasarkan adat kebiasaan waktu itu Pengantin Pria mendatangi Pengantin perempuan. 

Lagi-lagi, dalam hal ini Sang Putri yang hayalannya terlampau jauh, ingin kawin dengan Raja Jawa, ia terus membujuk ayahnya, sehingga Sang Maharaja akhirnya luluh juga menuruti kemauan putrinya itu. 

Nantinya sesampainya dibubat terjadi tragedi yang memilukan dimana sang Maharaja, Rombongan Penganten dan Pengawalnya tewas dalam tragedi itu. Karena merasa berdosa pada ayahnya Sang Putri bunuh diri. 

Sepeninggal Maharaja Linggabuana, Kerajaan praktis kacau, lagipula Pangeran Westu Kencana waktu itu masih kecil. AKibatnya demi menjaga keutuhan Negara, adik dari Sang Maharaja, yaitu Suradipati atau Bhunisora ​​yang sebelumnya menjabat sebagai Mangkubhumi (PM) terpaksa menjadi Wali Raja menunggu Putra Mahkota cukup umur untuk dinobatkan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • RENGEKAN PUTRI CITARASEMI DALAM GUGURNYA MAHARAJA LINGGABUANA

Trending Now