Bantuan Pendidikan Rp2,6 Miliar Disalurkan Baznas Tanah Datar

QBeritakan.com
Jumat, 22 September 2023 | September 22, 2023 WIB Last Updated 2023-09-22T06:10:18Z



QBeritakan.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanah Datar menyalurkan bantuan pendidikan Rp2,6 miliar kepada sebanyak 6.000 siswa siswi Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) di daerah tersebut.

Bantuan pendidikan itu pun, disebut salah satu bantuan terbesar yang pernah disalurkan Baznas Tanah Datar. Ada pun jumlah Siswa/wi SD/ MI yakni 4.000 orang dan Siswa/wi SMP/MTs sebanyak 2.000 orang.

"Nantinya, setiap Siswa/wi SD/MI menerima bantuan pendidikan sebesar Rp. 400.000 dan Siswa/wi SMP/MTs sebesar Rp. 500.000. Ini kita anggap bantuan pendidikan dengan nilai yang sangat besar," ujar Bupati Tanah Datar Eka Putra, dikutip, Jumat (22/9/2023).

Bupati Eka mengatakan bantuan pendidikan yang berasal dari zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) Tanah Datar adalah bentuk kepedulian Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mendukung terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas.

"Bantuan ini, adalah bentuk kepedulian antar sesama, yang hadir untuk mendukung terwujudnya SDM unggul dan berkualitas. Jadikan ini sebagai motivasi, tugas anak-anak sekalian hanya belajar dan belajar, mudah-mudahan kalian sukses dikemudian hari," pesannya.

Sementara itu, Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah, mengatakan penerima bantuan pendidikan dari Baznas Tanah Datar ditentukan dari sekolahnya masing-masing. Pada saat itu, diserahkan bantuan pendidikan secara simbolis ke 77 Siswa/wi SMP, 44 Siswa/wi MTs dan 3 Siswa/wi SD.

"Kita mempercayakan ke pihak sekolah untuk menentukan anak-anak yang dianggap berhak menerima bantuan pendidikan ini. Tentu, diterapkan juga syarat-syaratnya. Dan, penerima bantuan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya," ujarnya.

Ia pun menambahkan bantuan biaya pendidikan tersebut, sebagian besar bersumber dari zakat ASN dilingkup Dinas Pendidikan Tanah Datar sebagai salah satu pemberi zakat terbanyak disetiap tahunnya ke Baznas Tanah Datar.

"Berbagai program Baznas Tanah Datar telah disikronkan dengan program Pemda Tanah Datar. Ini salah satunya, melalui zakat dari ASN, telah disalurkan biaya pendidikan untuk mendukung kelancaran pendidikan generasi penerus luhak nan tuo," ujarnya.

Turut hadir pada saat itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Riswandi, Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Datar diwakili Kasi Zakat dan Waqaf Abu Hanifah, dan tamu undangan lainnya. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bantuan Pendidikan Rp2,6 Miliar Disalurkan Baznas Tanah Datar

Trending Now