Banjir Bandang Sebabkan 4 Ruko di Korong Lubuak Aro Padang Pariaman Hanyut, Beruntung Tidak Ada Korban Jiwa

QBeritakan.com
Jumat, 22 September 2023 | September 22, 2023 WIB Last Updated 2023-09-22T06:03:31Z



QBeritakan.com - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Padang Pariaman pada Rabu, 20 September 2023 menyebabkan 4 (empat) petak ruko di Korong
Lubuk Aro, Nagari Tandikek, Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman hanyut dihantam banjir bandang.

Salah seorang pemilik ruko, Tuangku Chairul Yahya mengatakan, kejadian menghanyutkan rukonya tersebut berlangsung secara bertahap semenjak hujan deras mengguyur daerah tersebut. Akibat peristiwa ini isi tokonya hanyut dan hanya beberapa saja yang bisa diselamatkan.

Beberapa barang-barang yang hanyut dan berhasil diselamatkan, seperti mesin peras santan, mesin parutan kelapa dan beberapa barang lainnya.

"Hujan deras sekitar jam 2 siang, di sini memang kalau seandainya hujan deras sungainya mengalir cukup deras juga, jadi kena irigasi. Pinggiran sungai itu ke gali dan di
roboh, itulah kejadiannya," katanya, Jumat, 22 September 2023.

Untuk taksiran kerugian itu, kata Tuangku, mungkin ada sekitar Rp150 juta karena kan dirinya juga tinggal di ruko tersebut, kerja, serta isi warung dagangan.

"Semuanya memang dibawa arus sungai, kita ruko itu dagang di situ ada mesin santan terus, ada baju perlengkapan, kulkas, mesin cuci, semuanya di situ ada tapi kan tahu juga bencana," katanya.

Wali Nagari Tandikek, Saharudin mengatakan, bencana ini terjadi pada Rabu petang sekitar pukul 18.00 Wib. Peristiwa tersebut terjadi akibat hujan deras sejak Rabu siang sehingga air sungai meluap secara tiba-tiba dan menghanyutkan ruko.

"Dari 4 ruko yang hanyut, ada 2 ruko yang dihuni pemiliknya. Sementara 2 ruko lagi masih kosong. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. Sementara Kerugian ditaksir ratusan juta rupiah," katanya.

Dia menyebutkan, banjir kali ini juga merusak fasilitas umum seperti Jembatan Batang Sani yang merupakan akses warga menuju Pasar Tandikek. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Banjir Bandang Sebabkan 4 Ruko di Korong Lubuak Aro Padang Pariaman Hanyut, Beruntung Tidak Ada Korban Jiwa

Trending Now