Sejarah dan Peristiwa Pada Tanggal 27 Juni, Dari Hari UMKM, Luar Angkasa, Hari Nanas dan Sejarah Dunia

QBeritakan.com
Selasa, 27 Juni 2023 | Juni 27, 2023 WIB Last Updated 2023-06-27T14:04:01Z


QBeritakan.com - Hallo Sahabat QBeritakan, Assalamu’alaikum Wr. Wb.Shalom, Om Swastiastu, Namo Budaya, Salam Kebajikan. Selamat Sejahtera bagi kita semua.

Sahabt Q Kebetulan hari ini bertepatan pada tanggal 27 Juni 2023 dan kali ini Admin Q akan membahas tentang Sejarah dan Peristiwa Pada Tanggal 27 Juni, Dari Hari UMKM, Luar Angkasa, Hari Nanas dan Sejarah Dunia.

Peringatan Hari UMKM Internasional


Tanggal 27 Juni diperingati sebagai Hari UMKM Internasional atau Micro-, Small and Medium-sized Enterprises (MSMEs) Day. Hari ini diperingati dalam rangka mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah atau yang disebut sebagai UMKM.

Hari UMKM Internasional diperingati secara resmi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 2017 lalu. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Hari UMKM Internasional , simak sejarah peringatannya setiap 27 Juni berikut ini:

Latar belakang Hari UMKM Internasional ini berdasarkan penilaian terhadap tumbuh kembang UMKM secara global. Mengutip situs PBB, UMKM menyumbang 90% bisnis, 60 hingga 70% lapangan kerja, dan 50% PDB (Produk Domestik Bruto) di seluruh dunia.

Sebagai tulang punggung masyarakat di mana-mana, UMKM berkontribusi pada ekonomi lokal dan nasional. UMKM juga berkontribusi untuk mempertahankan mata pencaharian, khususnya di kalangan pekerja miskin, perempuan, pemuda, dan kelompok dalam situasi rentan.

UMKM memiliki potensi untuk mengubah ekonomi, mendorong penciptaan lapangan kerja, dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang adil jika diberi dukungan yang memadai. Acara Hari UMKM Internasional bertujuan untuk menyoroti peran penting mereka dan mengeksplorasi peluang untuk kemajuan mereka lebih lanjut.

Pada April 2017, Majelis Umum PBB menetapkan tanggal 27 Juni sebagai "Hari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah" (A/RES/71/279) untuk meningkatkan kesadaran akan kontribusi luar biasa UMKM terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDGs).

Tujuan Hari UMKM Internasional


Menurut PBB, Hari UMKM Internasional ini juga akan fokus pada mendukung rantai pasokan yang tangguh untuk memastikan pekerja dan lingkungan mendapat manfaat. Rantai pasokan adalah komponen penting dari perdagangan dan perdagangan global, dan konflik, bencana, dan pandemi dapat dengan cepat mempengaruhi fungsinya, meningkatkan biaya, dan membuat transaksi menjadi lebih sulit. Oleh karena itu, pembuat kebijakan dan bisnis harus bergabung untuk memastikan rantai pasokan yang layak secara ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Hari UMKM Internasional yang diperingati pada tanggal 27 Juni setiap tahunnya memberikan kesempatan untuk menyoroti peran penting UMKM dalam pembangunan berkelanjutan dan mengadvokasi kebijakan yang mendukung pertumbuhan mereka. Majelis Umum PBB menetapkan 27 Juni sebagai International Day for UMKM sebagai pengakuan akan pentingnya UMKM dalam berpromosi pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Argentina mengusulkan Hari itu dengan Dewan Internasional untuk Usaha Kecil (ICSB).

Cara Memperingati Hari UMKM Internasional


Seperti diketahui bahwa setiap tanggal 27 Juni memperingati Hari UMKM Internasional sebagai bentuk upaya untuk mendukung perkembangan UMKM secara global. Untuk turut berpartisipasi dalam menyemarakkan peringatan ini, berikut beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan:
 
Mendukung perkembangan dengan mengonsumsi produk UMKM lokal atau dalam negeri sendiri.
 
Mengedukasi diri dan orang lain tentang pentingnya perkembangan UMKM bagi perekonomian negara.
 
Berpartisipasi dalam acara atau kegiatan yang berupaya mendukung perkembangan UMKM dalam negeri.
 
Menyebarluaskan informasi tepat tentang peringatan Hari UMKM Internasional di berbagai media sosial.

Tanggal 27 Juni 2022 jatuh pada hari Senin. Tanggal 27 Juni diperingati sebagai hari penghormatan pada Bunda Maria penolong abadi.

Selain itu, tanggal 27 Juni juga diperingati sebagai hari lain. Berikut peringatan dan perayaan yang jatuh pada tanggal 27 Juni 2022:

Hari Penghormatan pada Bunda Maria Penolong Abadi


Bunda Maria Penolong Abadi adalah sebuah sebutan kepada Bunda Maria terkait juga dengan sebuah ikon seni periode Byzantium dengan sebutan yang sama pada abad ke-15 masehi.

Ikon ini sudah berada di Gereja St. Alphonsus Liguori, Roma. Di Gereja Ortodoks, ikon ini dikenal sebagai Virgin of the Passion atau Theotokos of the Passion.

Para redemptoris ditunjuk sebagai misionaris Bunda Maria Penolong Abadi dan menjadikannya sangat dikenal luas di Gereja Katolik Roma. Replika Bunda Maria pada masa kini terpasang di rumah-rumah.

Selama berabad-abad, Gereja Katolik Roma dan Gereja Ortodoks melakukan devosi kepada Santa Perawan Maria sebagai Bunda dari Yesus Kristus.

Hingga saat ini, penghormatan kepada Bunda Maria Penolong abadi dilakukan setiap tanggal 27 Juni.
 

Hari Nanas Internasional


Nanas adalah salah satu buah tropis yang pertama kali dikonsumsi oleh orang Tupi. Nanas sebenarnya adalah tanaman keras herba yang berdaun, tidak berkayu, dan tumbuh selama lebih dari dua tahun.

Nanas memiliki pertumbuhan yang unik. Apabila kita memotong buah dari satu tangkai, ia akan menumbuhkan lebih banyak tangkai yang disebut "pengisap" untuk menghasilkan lebih banyak buah.

Nanas memiliki banyak manfaat. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, nanas juga dapat diolah menjadi minuman yang lezat dan kaya akan vitamin C.

Hari nanas internasional paling baik dirayakan dengan mengolah nanas melalui berbagai cara seperti dipotong dan dimakan dalam bentuk irisan kecil atau diolah menjadi kue.
 

Hari Persatuan Tajikistan


Pada tanggal 27 Juni 1997, Presiden Emomali Rakhmon menandatangani perjanjian damai untuk mengakhiri Perang Saudara yang meletus pada tahun 1992.

Perjanjian damai dianggap sebagai salah satu dokumen sejarah terpenting di Tajikistan karena tidak hanya mengakhiri perang, tetapi juga memungkinkan Tajikistan mengembangkan politik yang lebih demokratis.

Di Tajikistan, sebuah perkelahian meletus pada Mei 1992 antara faksi-faksi dari berbagai bagian negara. Orang-orang dari Garm dan Gorno-Badakhshan memberontak terhadap kabinet sebelumnya, Presiden Rahmon Nabiyev.

Sebagian besar perang dipengaruhi oleh daerah Khujand dan Kulob. Sebuah perang saudara meletus selama lima tahun sebagai akibat dari perjuangan antardaerah.


Pada 27 Juni 1995, pesawat ulang-alik Atlantis diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida, dalam misi bersejarah untuk berlabuh dengan stasiun ruang angkasa Rusia Mir. Docking terjadi dua hari kemudian.

Jurnas.com - Tanggal 27 Juni yang jatuh pada hari ke-178 (hari ke-179 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah, di antaranya:

1358 - Republik Venesia Menyerahkan Republik Ragusa berdasarkan Traktat Zara.

1596 - Ekspedisi Cornelis de Houtman sampai di Banten. Penerimaan penduduk awalnya bersahabat, tetapi setelah beberapa tabiat kasar yang ditunjukkan awak kapal Belanda, Sultan Banten, bersama dengan petugas Portugis di Banten, mengusir kapal Belanda tersebut.

1829 - Ilmuwan Inggris James Smithson meninggalkan surat wasiat yang pada akhirnya mendanai pendirian Smithsonian Institution di Washington - di negara yang tidak pernah ia kunjungi.

1871 - Yen ditetapkan menjadi mata uang Jepang.

1947 - Jenderal Soedirman diangkat Presiden Soekarno sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Yogyakarta.

1979 - Mahkamah Agung AS memutuskan bahwa pengusaha swasta dapat memberikan preferensi khusus kepada orang kulit hitam untuk menghilangkan "ketidakseimbangan rasial yang nyata" dalam pekerjaan tradisional yang hanya kulit putih.

1994
- Penyair W.S. Rendra dan beberapa aktivis ditahan ketika berdemonstrasi di dekat Departemen Penerangan di Jakarta, mereka memprotes pembredelan "Tempo", "DeTik" dan "Editor".

1996 - Pesawat luar angkasa Galileo berhasil melewati Ganymede, satelit terbesar planet Jupiter, juga mengambil gambar dan mengungkap struktur detail permukaannya.

2003
- Komisi Perdagangan Federal AS membuka pendaftaran nasional yang telah lama ditunggu-tunggu untuk orang-orang yang ingin memblokir panggilan telemarketing yang tidak diinginkan .

2005 - Dennis Rader, yang disebut sebagai "BTK" (mengikat, menyiksa, membunuh) pembunuh, mengaku bersalah atas 10 pembunuhan di daerah Wichita, Kan., Dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

2007 - Tony Blair secara resmi mengundurkan diri setelah satu dekade sebagai perdana menteri Inggris, mengajukan pengunduran dirinya kepada Ratu Elizabeth II. Blair digantikan oleh Gordon Brown dan menjadi utusan Inggris ke Timur Tengah.

Demikian tadi ya Sob Q sedikit Informasi sebagai penambah wawasan kita semua tentang Sejarah Tanggal 27 Juni.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sejarah dan Peristiwa Pada Tanggal 27 Juni, Dari Hari UMKM, Luar Angkasa, Hari Nanas dan Sejarah Dunia

Trending Now