Jejak Misteri Dibalik Keindahan Danau Singkarak Sumatera Barat

QBeritakan.com
Selasa, 27 Juni 2023 | Juni 27, 2023 WIB Last Updated 2023-06-27T14:03:15Z

QBeritakan.com - Danau Singkarak adalah sebuah danau yang membentang di dua kabupaten yang terdapat di provinsi Sumatra Barat, Indonesia, yaitu kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar.

Danau ini memiliki luas 107,8 km² dan merupakan danau terluas kedua di pulau Sumatra setelah Danau Toba di Sumatra Utara.

Tapi Tahukah Sobat, Dibalik kelokan yang disajikan Danau Singkarak tersebut menyimpan  misteri yang mengerikan.

Dikisahkan, Salah satunya cerita terowong rahasia di dasar danau. Banyak cerita, danau rahasia ini terbongkar ke Danau Maninjau.

Bukan tanpa sebab, mereka mempercayai adanya terowongan rahasia yang menghubungkan 2 danau yang terpisah hampir 100 kilometer (km) itu.

Kepercayaan tentang terowongan mistis itu diperkuat dengan ikan-ikan yang asalnya ada di Danau Singkarak dan Danau Maninjau.

Selain diperkuat juga dengan orang-orang sakti yang bisa menghilang di Danau Singkarak dan kemudian tiba-tiba muncul di Danau Maninjau.

Terowongan penghubung 2 danau ini juga dipercaya memiliki keterkaitan dengan adanya Batu Bajanjang atau anak tangga yang terbuat dari batu.

Tangga-tangga batu itu mengarah turun ke bawah ke dalam danau Kemudian di tengah danau, tangga batu mencuat ke atas lantas menurun kembai ke bawah danau sedalam satu kilo meter dan mendak kembali ke atas sampai ke pantai Jorong Sudut Sumpur.

 

Sang Penhuni Danau Singkarak Memakan Korban Orang Asing


Yang menambah keseraman ini bahwa di penghuni danau hanya memakan tumbal dari luar penduduk Singkarak alias hanya memakan orang asing.

Kata orang pintar (dukun), jika hari lebaran bertepatan dengan hari Jumat kenapa kita harus menghindari berlayar atau beraktifitas di danau tersebut karena pada saat itu orang-orang gaib di Danau Singkarak juga melakukan pesta besar.

Mereka para orang gaib tidak mau diganggu, ketika sedang melaksanakan pesta. 

Jadi jangan sampai ada warga yang melakukan aktifitas disana, niscaya apa yang dilakukan oleh warga pada saat itu akan terjadi musibah sebab telah mengganggu aktifitas mereka yang sedang merayakan pesta di alam gaib.

Pernah terjadi pada tahun 80-an, dimana saat itu terjadi pristiwa tenggelamnya salah satu kapal di Danau Singkarak bertepatan dengan hari lebaran Jumat, semua penumpang yang ada di kapal tersebut meninggal.Karena kapal tersebut telah mengganggu acara pesta yang dilakukan oleh para orang gaib, namun anehnya jika didalam kapal tersebut ada warga Singkarak, maka warga itu akan selamat dan tidak ada yang tewas. 

Pada saat terjadi tenggelamnya pristiwa kapal itu, ada 5 orang warga Singkarak semua warga Singkarak selamat. 

Selamatnya para warga Singkarak di danau tersebut, menurut cerita kakek-kakek terdahulu bahwa Danau Singkarak memang tidak bisa menerima mayat dari warga Singkarak itu sendiri.



Oleh sebab itu, jika ingin berenang atau menikmati Danau Singkarak tersebutminum dulu air Danau Singkarakkarena jika kita meminum air danau Singkarak sama dengan kita sudah menjadi orang Singkarak dan kita tidak akan mati di danau tersebut meski kita mengalami tenggelam atau terjatuh di danau tersebut.

Cerita lainnya, pernah juga terjadi pristiwa pada 22 tahun yang lalu, dimana saat itu persis lebaran pada hari Jumat, dimana ada sebuah travel terjun ke Danau Singkarak dan mayat penumpang di travel itu tidak ditemukan. 

Menurut para orang pintar itu, travelini telah mengganggu aktifitas makhluk gaib yang pada saat itu sedang melaksanakan pesta.

Pada saat itu terjadi tawar-menawar antara orang pintar dengan pimpinan makhluk gaib, dimana masyarakat meminta agar penumpang yang tenggalam di danau tersebut segera ditemukan. 

Sebab kejadian travel tenggelam ini sudah mau mencapai satu bulan, tak kunjung ditemukan. 

Akhirnya terjadilah kesepakatan antara orang pinta dengan makhluk gaib dengan persyaratan yang harus dipenuhi oleh masyarakat Singkarak. 

Setelah persyaratan dipenuhi, keesokan harinya jenazah korban penumpang travel mengambang dan ditemukan oleh warga.

Ntah benar atau tidak, seperti itulah dibalik cerita gaib yang ada di Danau Singkarak, hingga saat ini cerita gaib dari Danau Singkarak ini tetap diyakini oleh warga Singkarak sebagai suatu pristiwa yang harus dihindari ketika lebaran terjadi pada hari Jumat. Salam (****)

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jejak Misteri Dibalik Keindahan Danau Singkarak Sumatera Barat

Trending Now