Kadis PUPR Padangpariaman El Abdes Arsyam Mengatakan th 2024 Akan Diperbaiki, Sekarang Kondisi JL. UjungPematang Semakin Rusak Parah

Wartawan Goes Too Campus
Selasa, 09 Januari 2024 | Januari 09, 2024 WIB Last Updated 2024-01-09T10:29:32Z

Gorong gorong dan bahu jalan penurunan ujung rabat beton jln ujung pematang, Runtuh tahun 2018 hingga sekarang belum diperbaiki, dan tidak bisa dilalui

QBeritakan.com - kondisi jalan ujung Pematang, Korong Kampung Pinang, Nagari III Koto Aur malintang kec IV Koto Aur malintang kabupaten Padang Pariaman, "kondisinya sangat memperihatinkan".

Seperti di sampaikan Zuliadi (CUN) wakil ketua Ikatan Pemuda Tunas Harapan (IPTH) di ujung pematang.

Saat bincang dengan wartawan Selasa (9/1/2024) mengatakan: panjang jalan ujung pematang ke lubuk gadang sekitar 3 Km.

Disebutkan Cun bahwa jalan ujung pematang sekitar tahun 2003 atau 2004 pernah di aspal sepanjang 1 km. Tapi aspalnya "aspal balarian" katanya. Maka disebut aspal berlarian karena dulu waktu mengaspal dimasak atau di encerkan dengan memanaskan aspal dalam drom diatas api, sampai mencair. kemudian diambil dengan kaleng yang sudah dibolong bolongi untuk bisa menetes diatas batu dan kerekel yang telah di hampar. Kalau tidak dibawalari  kaleng aspal itu oleh pekerja, maka aspalnya akan tumpah/metes banyak atau menumpuk di lokasi dekat katanya. Aspal berlarian maksud sama dengan aspalan Burda. (Aspal Burda yaitu : Aspal Tabur dua lapis).



Masih menurut Cun yang di dampingi Syafrudin pembina IPTH, Maradi, Derman , By.Ardinis, Irmandianto, dan Niki Yudistira, mengatakan bahwa sebetulnya jalan ini sudah sering kami timbun dengan batu dan kerekel. Tapi yang kami timbun yakni di lokasi lokasi yang rusak parah berlobang, atau ketika ada masyarakat ujung pematang mengadakan Alek atau pesta, biasanya yang akan melaksana kan pesta/Alek menimbun lokasi lokasi yang lacah dengan kerekel, paparnya.

Hal senada juga disampaikan Syafruddin. selain itu disebutkan syafrudin yang juga sesepuh IPTH itu, ada lokasi yang lebih parah lagi, yakni Gorong Gorong dan bahu jalan di ujung penurunan jalan ujung pematang menuju Durian Randah -Lubuk Gadang , Runtuh pada tahun 2018. Hingga kini tidak bisa dilalui kendaraan atau gerobak kerbau. Sebelum gorong gorong runtuh masyarakat mengangkut hasil panen sawah dan kebun nya dengan kendaraan roda empat.

Padahal jalan ini merupakan satu satunya sarana teransportasi untuk  mengangkut hasil pertanian dan hasil kebun masyarakat.

Bahkan setiap Musrenbang Nagari jalan ujung pematang ini, selalu masuk dalam skala prioritas, namun hingga sekarang kondisinya semakin parah. Bahkan jalan dan gorong gorong yang runtuh itu sudah beberapa kali di lihat atau di tinjau oleh Wali Nagari Batu Basa (Azwar Mardin) , juru PU kecamatan IV koto Aur malintang Feri, juga anggota DPRD kab Padang Pariaman Zul Efendi (Tene) namun sampai saat ini masyarakat untuk mengangkut hasil panen sawah atau panen kebunnya terpaksa dengan di jujung dengan kepala atau dengan di upahkan ke tukang ojek.

Masih menurut Syafrudin, masalah jalan ini telah disampaikan langsung kepada Bapak Bupati Padang Pariaman Suhatribur dan kepala Dinas PUPR Padang Pariaman El Abdes Arsyam.

Ketika di konfirmasikan pada kepala dinas PUPR El Abdes Arsyam, saat meninjau jembatan Batang Tiku Batu Basa , usai "meletakan Batu pertama pembangunan jembatan lakuak Popo" Durian Basi Aurmalintang Senin (18 Desember 2023) lalu mengatakan insyaallah tahun 2024 jalan ujung pematang termasuk salah jalan yang akan diaspal, ucapnya serius. (Syaf/Ris).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kadis PUPR Padangpariaman El Abdes Arsyam Mengatakan th 2024 Akan Diperbaiki, Sekarang Kondisi JL. UjungPematang Semakin Rusak Parah

Trending Now