Wow Keren! Lampung Bakal Segera Miliki Stadion Terbesar Berstandar FIFA

QBeritakan.com
Minggu, 01 Oktober 2023 | Oktober 01, 2023 WIB Last Updated 2023-10-01T05:27:13Z



QBeritakan.com - Provinsi Lampung adalah provinsi yang berada di bagian ujung selatan Pulau Sumatra, Indonesia.

Ibu kota dan pusat pemerintahannya sendiri berada di Kota Bandar Lampung.


Provinsi Lampung memiliki dua kota, yaitu Kota Bandar Lampung dan Kota Metro serta 13 kabuPosisi provinsi Lampung secara geografis berada di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia, di timur dengan Laut Jawa, di utara berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu, serta di selatan berbatasan dengan Selat Sunda.


Lampung khususnya Bandar Lampung memiliki kepadatan 5.332 per kilometer persegi. Kota Bandar Lampung merupakan salah satu kota terpadat di Pulau Sumatra.

Bandar Lampung diketahui juga menjadi salah satu kota besar di Indonesia dan Kota terpadat di luar Pulau Jawa.


Lampung sendiri merupakan gabungan kota kembar yakni Tanjungkarang dan Telukbetung dengan wilayah yang cukup luas.


Lokasi Lampung sendiri berada di dekat pelabuhan Bakauheni dan pelabuhan nelayan perikanan yang dekat dengan perairan laut.


Stadion yang berstandar FIFA rencananya memiliki luas hingga 70 hektare dan diharapkan bisa segera dikembangkan setelah selesai pembebasan lahan.


Pembangunan lapangan bola tersebut merupakan stadion berstandar FIFA pertama yang akan dimiliki oleh Lampung.


Sebelumnya, Lampung lebih dikenal sebagai provinsi dengan perekonomian sebagai produsen karet

Stadion sepak bola FIFA berencana akan dibangun karena pemerintah setempat berharap dapat lebih meningkatkan lagi perekonomian masyarakat sekitar Lampung.


Kemudian, diharapkan juga untuk bisa menjadi tempat pelaksanaan acara olahraga secara Internasional maupun Nasional.

Pemerintah Provinsi Lampung mengatakan setelah menyelesaikan pembebasan lahan, maka proses pembangunan lapangan akan dimulai dengan dukungan pejabat daerah yang telah menyetujui pembangunan stadion terbesar sesuai standar FIFA.


Stadion sepak bola yang memenuhi standar FIFA atau Federation Internasional The Football Association sendiri akan dibangun di area yang dinamakan Lampung Sport Center.


Stadion utama rencananya akan dibangun di kawasan GOR Lampung dan mampu menampung hingga 40.000 penonton.


Setelah itu akan ada juga 14 bangunan lagi seperti lapangan panahan, lapangan golf, stadion aquatic disertai mall hingga masjid dengan luas lahan 170 hektare.

Pembangunan stadion berstandar FIFA tersebut akan memakan anggaran sebesar Rp4,7 triliun yang akan dikeluarkan untuk perencanaan pembangunan Sport Center.

Untuk jarak Kota Metro menuju stadion sendiri mencapai 30 kilometer, Sumatera Selatan 240 kilometer, dan Pelabuhan Bakauheni delapan kilometer.

Struktur yang akan dibangun mulai dari gedung panahan, gedung aquatic dengan 10 lintasan. Kemudian dilanjutkan dengan stadion indoor yang mampu menampung hingga 10.000 penonton serta disiapkan lokasi loncat indah dan kegiatan tambahan lainnya.

Selain itu, stadion utama berstandar FIFA ini akan dilengkapi dengan kapasitas sebanyak 40.000 kursi penonton dan gedung khusus baseball yang memiliki hingga 2.000 kursi duduk

Nantinya Gedung Wisma Atlet terletak berdekatan dengan rumah sakit mini akan dilengkapi dengan layanan rawat jalan.

Lahan seluas 49 hektare tersebut nantinya akan digunakan sebagai lapangan golf, masjid, serta lahan parkir khusus.

Kemudian, terdapat bangunan Convention Center dengan ruangan yang memiliki kapasitas 15.000 peserta untuk pelaksanaan Expo.***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wow Keren! Lampung Bakal Segera Miliki Stadion Terbesar Berstandar FIFA

Trending Now