Ikuti Penilaian Verifikasi Lapangan, Wako Hendri Septa Harapkan PIK-R Bukit Gado-gado Terbaik Nasional

QBeritakan.com
Sabtu, 07 Oktober 2023 | Oktober 07, 2023 WIB Last Updated 2023-10-07T01:41:20Z



QBeritakan.com - PADANG,  Wali Kota Padang Hendri Septa mengungkapkan apresiasi dan rasa bangganya atas keberhasilan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Bukit Gado-Gado (BGG) yang masuk sebagai Top 3 atau tiga besar dalam Lomba PIK-R Percontohan Tingkat Nasional Tahun 2023 kategori Segmentasi Berkolaborasi di Usia 20-24.

Mewakili Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), PIK-R unggulan Kota Padang itu pun akan bersaing dengan Provinsi Riau dan Bali untuk menjadi juara di dalam acara Puncak Adu Jaknas Tahun 2023 yang akan digelar di Semarang 28 Oktober mendatang.

"Alhamdulillah, apa yang dicapai oleh PIK-R BGG ini merupakan sebuah prestasi istimewa, dimana para remaja bisa secara mandiri menuangkan bakat dan kreatifitasnya di PIK-R tersebut. Tentunya ini perlu dilakukan pembinaan dan dukungan dari semua pihak secara terus menerus, karena dampak keberadaannya sangat dirasakan," ungkap Wali Kota Padang dalam sambutannya di hadapan Tim Verifikasi Lapangan TOP 3 GenRe Award Tingkat Nasional Tahun 2023 di PIK-R BGG, Kelurahan BGG, Kecamatan Padang Selatan, Kamis (5/10/2023).

Selanjutnya menurut Wako Padang, eksistensi PIK-R BGG ini sejalan dengan program dari Pemerintah Kota Padang dalam menghasilkan remaja-remaja yang tangguh, berprestasi dan berakhlak. 

"Sekarang kita sudah masuk tiga besar nasional. Untuk itu mari kita dukung dan doakan semoga PIK-R BGG meraih juara sehingga menjadi percontohan nasional nantinya. Kita berharap hal ini dapat memotivasi remaja lainnya, sehingga ikut mendukung upaya pemerintah dalam menekan kenakalan remaja khususnya di Kota Padang," pungkas Wako Padang itu bersemangat.

Sementara itu, Direktur Bina Keluarga Remaja BKKBN Pusat Edi Setiawan mewakili Tim Penilai Verifikasi Lapangan Top 3 GenRe Award Tahun 2023 menyebutkan, lomba PIK-R ini dilakukan untuk memotivasi PIK-R yang ada di seluruh Indonesia untuk konsisten dan bersemangat dalam menjalankan PIK-R sebagai wadah bagi para remaja untuk menuangkan bakat dan kreatifitas.

"Kita benar-benar melihat riil keseriusan PIK-R BBG ini. Mulai dari ruangan, cara berkegiatan serta cara mendapatkan dukungan stakeholder setempat disertai kegiatannya yang nyata," imbuhnya.

Pada saat itu Pembina PIK-R BGG Destia Wanti saat melakukan ekspos membeberkan, keberadaan PIK-R BGG bermula dari kelompok remaja masjid yang mulai aktif pada tahun 2017, kemudian berubah jadi PIK-R di akhir tahun 2019.

"Saat ini kegiatan rutin kita adakan dua kali sebulan yaitu setiap hari Minggu. Namanya Class in Nature, karena kegiatan kita adakan di alam terbuka, untuk materinya pun beragam dan menyenangkan," bebernya.

Sejak berdiri, lanjut Gusti, PIK-R BGG sudah berhasil menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat yang didukung Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang. Kemudian berkolaborasi dengan Disdukcapil Kota Padang dengan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi seluruh anggota PIK-R BGG dan anak-anak di Kelurahan BBG.

Gusti menambahkan, PIK-R BGG juga 'concern' dalam mendukung pemerintah menurunkan angka Stunting, dengan mengadakan Gerbatsu (Gerakan berbaku biskuit dan susu) serta pemberian tablet tambah darah (FE) kepada remaja putri.

"Selain itu kita juga menjalin kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang terkait program gemar membaca. Berbagai instansi juga ikut aktif membantu melalui program masing-masing seperti dari DP3AP2KB Kota Padang, BKKBN Perwakilan Sumbar, BNNP Sumbar serta Pemerintah Kecamatan Padang Selatan. Juga ada program pelatihan keterampilan dari beberapa universitas di Kota Padang.

"Kita juga selalu berkolaborasi dengan Forum GenRe Kota Padang dan Uda-Uni Duta Wisata. Ada banyak lagi kegiatan yang telah kita lakukan. Semua kegiatan kita dokumentasikan dan telah kita posting di akun media sosial PIK-R BBG," tandasnya.

Dalam kesempatan itu juga hadir Kepala BKKBN PerwakIlan Provinsi Sumbar Fatmawati beserta Ketua Pokja Ketahanan Remaja Lismomon, Camat Padang Selatan Jasman dan unsur Forkopimca Kecamatan Padang Selatan.

Hadir mendampingi Wali Kota Padang diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi bersama sejumlah kepala OPD terkait di lingkup Pemko Padang. (Dv/Prokopim Pdg)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ikuti Penilaian Verifikasi Lapangan, Wako Hendri Septa Harapkan PIK-R Bukit Gado-gado Terbaik Nasional

Trending Now