Tim Krakatau X-One Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) Juara Nasional Robot Terbang

Prasetyo Budi
Jumat, 29 September 2023 | September 29, 2023 WIB Last Updated 2023-09-29T06:21:55Z



QBeritakan.com - Tim Krakatau X-One Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) berhasil meraih prestasi nasional pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2023. Tim berhasil meraih juara 3 pada ajang bergengsi yang dihelat Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada 22--27 September.

Sebelum berlaga di kancah nasional, Krakatau X-one Universitas Teknokrat Indonesia sudah menjadi jawara Fixed Wing KRTI Wilayah 1. Dengan pencapaian tersebut, maka Teknokrat melaju ke tingkat nasional dan bersaing dengan para pemenang KRTI berbagai wilayah. 

Dosen pembimbing, Aulia Rahman Isnain mengatakan Krakatau X-One meraih juara KRTI Divisi Fixed Wing, bersama dua perguruan tinggi ternama. "Para juaranya yaitu Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November, dan Universitas Teknokrat Indonesia," kata dia, berdasar keterangan resmi yang diterima Lampung Post, 28 September 2023.  

Tim Krakatau X-One terdiri atas Firman Fahrodin (mahasiswa Teknik Elektro), Rafli Indra Valisya (Informatika), Ady Chandra Nugroho (Teknik Komputer), Fikih Yuhada Sena (Informatika), Bayu Azhari (Informatika), Niko Surya Yudha (Informatika), dan Rido Febryansyah (Sistem Informasi). 

"Kami sudah melakukan banyak persiapan sejak jauh hari untuk menghadapi kompetisi ini. Perjuangan menghadapi beberapa tantangan, harus kami lakukan secara bersama-sama dengan seluruh tim," kata dia. 

Berkat soliditas dan kerja sama yang baik, tim tersebut akhirnya mampu meraih juara di kontes nasional. "Hasil ini tidak membuat kami puas. Kami akan terus mengukir prestasi di tingkat yang lebih tinggi," ujarnya. 

Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Mahathir Muhammad mengapresiasi pencapaian tersebut. Menurut dia, persaingan dalam kompetisi tersebut sangat ketat. 

"Tidak mudah menjadi juara dalam kontes robot. Saya ucapkan selamat kepada tim. Tingkatkan terus prestasi dalam bidang robotik, pihak universitas siap mendukung penuh inovasi dan kreativitas mahasiswa," ujarnya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim Krakatau X-One Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) Juara Nasional Robot Terbang

Trending Now