Penyebab Tingginya Kecelakaan Lalu Lintas 54 Truk ODOL Ditilang di Tol Bakter

QBeritakan.com
Jumat, 29 September 2023 | September 29, 2023 WIB Last Updated 2023-09-29T06:28:30Z



QBeritakan.com - PT Hakaaston bersama Sat PJR Polda Lampung, Dinas Perhubungan Lampung, serta Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VI Provinsi Bengkulu – Lampung merazia kendaraan yang melintas di ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter), pada 26-27 September 2023. Hasilnya terdapat 54 truk over dimension dan overload (ODOL) yang ditindak.

Tim gabungan melakukan penimbangan dan mengukur dimensi kendaraan angkutan barang dan memeriksa kelengkapan surat kendaraan dan sopir.

Manager Area Operasional Ruas Bakter, Andri Pandi, menjelaskan razia itu untuk menegakkan dan sosialisasi UU No. 22 Tahun 2009 agar pengendara bisa tertib saat melintasi tol Bakter. Menurutnya, razia itu dilakukan secara rutin tiap bulan.

Penertiban itu untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada semua pengguna tol sehingga meminimalisasi terjadinya kecelakaan lalu lintas. "Pengendara harus memperhatikan aturan ODOL terhadap angkutan," kata Andri, kepada Lampost.co, Kamis, 28 September 2023.

Kanit Sat PJR Polda Lampung, AKP Adly, mengatakan operasi ODOL sebagai tindak lanjut program Zero ODOL 2023” guna menciptakan lalu lintas yang tertib sesuai peraturan dan perundang-undangan.

Sebab, kendaraan ODOL menjadi penyebab tingginya kecelakaan lalu lintas. Untuk itu, setiap kendaraan yang melanggar langsung mendapatkan sanksi tilang.

"Kendaraan yang melintas dimensi atau muatannya berlebihan ditindak sesuai UU No. 22/2009 dengan hukuman maksimal dua bulan kurungan dan denda Rp500 ribu," kata dia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penyebab Tingginya Kecelakaan Lalu Lintas 54 Truk ODOL Ditilang di Tol Bakter

Trending Now