Dies Natalis Universitas Andalas ke 67 Sebagai Momentum Pengiriman Tinta Pemilu 2024 Secara Simbolis

QBeritakan.com
Kamis, 14 September 2023 | September 14, 2023 WIB Last Updated 2023-09-13T18:31:58Z



QBeritakan.com -  Memperingati momen Dies Natalis Universitas Andalas ke 67 pada Rabu (13/9/2023), perguruan tinggi tertua di Pulau Sumatra itu melepas secara simbolis pengiriman bahan baku tinta pemilu 2024.

Pelepasan secara simbolis itu dilakukan oleh Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri, SH. MH didampingi oleh Prof. apt. Amri Bakhtiar dan Direktur PT Kudo Indonesia Jaya (KIJ) Eko Santiko.

Yuliandri mengatakan, Universitas Andalas telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT KIJ dalam hal pembuatan tinta pemilu dengan bahan organik dari tinta gambir yang ramah lingkungan, aman untuk kulit dan eco friendly.

Lebih lanjut, ia menyampaikan Universitas Andalas bersama PT KIJ memenangkan tender konsolidasi pengadaan logistik tinta. Ditambahkannya, ini sesuatu yang membanggakan karena 90 % provinsi di Indonesia memanfaatkan tinta pemilu dari hasil inovasi anak bangsa.

“Enam zona yang dimenangkan meliputi 35 provinsi ini merupakan suatu prestasi yang sangat baik karena lebih kurang satu juta botol tinta akan dibutuhkan untuk pemenuhan kebutuhan pemilu,” katanya, Rabu (13/9/2023).

Melalui kerja sama tersebut, imbuhnya, memberi manfaat bagi Universitas Andalas sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) dalam bentuk perjanjian lisensi atas kekayaan intelektual.

“Ini juga menjadi contoh sinergi yang baik antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, ini juga upaya untuk meningkatkan nilai tambah dari sumber daya alam yang ada di Indonesia, khususnya gambir untuk menjadi produk yang memiliki nilai saing dan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat.

Tidak hanya itu, Universitas Andalas juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memperoleh capaian Indikator Kinerja Utama pada pilar 5 (IKU 5) yaitu Jumlah Terbanyak Hasil Kerja Dosen Digunakan Oleh Masyarakat.(*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dies Natalis Universitas Andalas ke 67 Sebagai Momentum Pengiriman Tinta Pemilu 2024 Secara Simbolis

Trending Now