PERAN MAHASISWA KKN DALAM MEMBANTU MENGEMBANGKAN BUMNAG MADANI LUBUAK MALAKO

QBeritakan.com
Jumat, 04 Agustus 2023 | Agustus 04, 2023 WIB Last Updated 2023-08-04T04:05:01Z


QBeritakan.com - Program KKN Universitas Tamansiswa Padang yang bertemakan “BUMNag/BUMDes Kuat Nagari Tangguh Bersama KKN Tematik Universitas Tamansiswa Padang Tahun 2023” Ikut membantu dalam mengembangkan BUMNag Madani Lubuak Malako, Solok Selatan, yaitu kelemahan dalam membuat laporan keuangan BUMNag yang masih menggunakan aplikasi Excel, dimana proses pembuatannya masih sering terdapat kendala seperti balance-nya pencatatan laporan keuangan dan diperlukan adanya penguatan sumberdaya manusia.

Dengan adanya kelemahan tersebut, mahasiswa KKN ikut membantu para staf BUMNag dalam pembuatan laporan keuangan tersebut agar mudah dipahami oleh para staf tersebut. Dan mahasiswa KKN juga ikut serta dalam melakukan penelitian ke perkebunan sawit bersama para staf BUMNag dan juga Bapak Abdul Reda S.Pt (Wali Nagari Lubuak Malako) (21/07/2023).

Mahasiswa KKN juga ikut seerta dalam observasi sekaligus wawancara bersama kepala unit pengelola pasar Banca Kampeh.

Gambar 1. Observasi di Pasar BUMNag Banca Kampeh         

 
BUMNag Madani terletak di Nagari Lubuk Malako Kecamatan Sangir Jujuan yang berdiri pada 10 November 2017. Pendirian BUMNag Madani berawal dari keinginan masyarakat Nagari Lubuk Malako untuk pengembangan potensi dan aset nagari,  di antaranya Perkebunan Kelapa Sawit (Plasma) Nagari, Pasar Nagari, 3 Unit Mobil, Pamsimas dan lain-lain.

Direktur BUMNag Madani Lubuk Malako, Suherdia Antoni, menyebutkan bahwa BUMNag Madani Lubuk Malako memiliki tiga unit usaha yang terdiri dari usaha perkebunan sawit, usaha pengelolaan Pasar Nagari dan usaha transportasi dan juga 1 unit bus BUMNag.
2. Transportasi yang di kelola oleh BUMNag Madani Lubuak Malako

Hingga tahun 2022, Kata Direktur BUMNag, BUMNag Madani telah memiliki omset  sebesar Rp 3,141 miliar, berasal dari Perkebunan Sawit sebesar Rp 3,06 miliar, jasa penyewaan transportasi Rp 62,73 juta dan pasar sebesar Rp. 18,72 juta.

Usaha perkebunan sawit menjadi usaha prioritas yang dijalankan oleh Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Madani Lubuk Malako, Kecamatan Sangir Jujuan. BUMNag Madani Lubuk Malako sendiri termasuk dalam BUMNag tersukses yang ada di Kabupaten Solok Selatan.

Gambar 3. Perkebunan sawit milik BUMNag Madani

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PERAN MAHASISWA KKN DALAM MEMBANTU MENGEMBANGKAN BUMNAG MADANI LUBUAK MALAKO

Trending Now