UNP Melahirkan Doktor Geopark pertama di Sumatera Barat : Dr. Osronita, M.Pd Usai Kaji Geowisata Berkelanjutan Dengan Pendekatan Lingkungan Di Geopark Sawahlunto Sumatera Barat

Wartawan Goes Too Campus
Jumat, 08 Desember 2023 | Desember 08, 2023 WIB Last Updated 2023-12-08T14:50:07Z



QBeritakan.com - Kepala Puslitbang Geopark dan Lingkungan Hidup Universitas Taman Siswa Padang Osronita,MPd dinyatakan lulus program Doktor Ilmu Lingkungan Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Osronita dinyatakan Berhak menyandang gelar doktor bidang lingkungan setelah berhasil menjalani ujian terbuka dengan mempertahankan disertasi "Penilian Geowisata Berkelanjutan Dengan Pendekatan Lingkungan di Geopark Sawahlunto Sumatera Barat".
Dalam disertasinya Osronita mengungkapkan beberapa persoalan menjadi tantangan dalam pengelolaan geopark dari sejumlah pihak, diantaranya lemahnya koordinasi lintas sektoral, dalam pengelolaan geowisata berkelanjutan, lemahnya regulasi, terbatasnya SDM, minimnya perencanaan dan ketersediaan anggaran, belum optimalnya perlibatan masyarakkat lokal, lemahnya kemitraan.

Menurutnya, dalam pengelolaan Geopark ini harus dilakukan secara profesional, serius serta bertanggunjawab dalam upaya perlindungan warisan bumi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat.
Konservasi perlindungan warisan bumi ini harus melibatkan masyarakat lokal, pemerintahan nagari sampai pada pemangku tertinggi yakni kepala daerah," termasuk perguruan tinggi sebagai akademisi, dunia usaha, dan media ungkapnya.

Pengembangan destinasi wisata alam dikemas dalam geopark merupakan wujud dari pengelolaan aspek geodivesity, biodiversity dan cultur diversity secara berkelanjutan dalam konsep geopark.
Pentingnya geowisata berkelanjutan ini agar tidak terjadinya eksplotasi secara langsung, adanya kesadaran terhadap lingkungan dari masyarakat, sehingga timbulnya masyarakat ekonomi produktif ramah lingkungan.

Dia menambahkan, kegiatan geowisata di kawasan geopark menentukan kualitas sumber daya alam dan keanekaragam budaya yang perlu dijaga keasliannya.
"Potensi geopark harus menjadi satu kesatuan dalam pengembangan kepariwisataan berbasis konservasi, edukasi dan peningkatan ekonomi masyarakat,"jelasnya.

Sementara itu Prof Suratman Guru Besar UGM sebagai tim penguji menyebutkan, baru pertama kalinya di Sumbar memiliki seorang Doktor ahli Geopark.
"Sangat jarang ada doktor ahli geopark, ini baru pertama kalinya di Sumbar lahir Doktor ahli geopark," ini adalah salah satu prestasi bagi prodi S3 Ilmu Lingkungan UNP karna promotornya sudah berhasil mengarahkannya kepada riset ini ucapnya.
Dia menambahkan, dalam pengembangan pariwisata geoparknya harus melibatkan masyarakat lokal agar bagaimana agar masyarakat bisa memahami , mengetahui geopark di di Sawahlunto memiliki nilai berkelas dunia.
baik dari segi budaya, nilai cultur diversity dan biodiversity.

Dalam ujian terbuka ini tim penguji Luar Prof. Suratman Guru Besar UGM, promotor Prof. Syafri Anwar, Co-promotor Ir Heldi, Ph.D. Tim Penguji Prof Dasman Lanin, Prof. Siti Fatimah, Prof. Yenni Rozimela, Prof, Indang Dewata, Prof Nurhasan Syah Guru Besar UNP***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • UNP Melahirkan Doktor Geopark pertama di Sumatera Barat : Dr. Osronita, M.Pd Usai Kaji Geowisata Berkelanjutan Dengan Pendekatan Lingkungan Di Geopark Sawahlunto Sumatera Barat

Trending Now