Jelajah Destinasi Wisata Kelas Dunia di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat Idonesia

QBeritakan.com
Jumat, 04 Agustus 2023 | Agustus 04, 2023 WIB Last Updated 2023-08-04T09:12:37Z


QBeritakan.com - Hallo Selamat pagi Sahabat Q Semua, Selamat berhari Minggu dan selamat bersantai bersma kelaurga dan orang-orang tercinta.

Hari minggu ini mau liburan kema nih ?. em..... gimana kalau Admin Q berikan rekomendasi buat kalian semua? setuju kan.

Ok Langsung saja Admin Q akan membagikan Wisata Kelas Dunia di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat Idonesia yang bisa kalian kunjungi bersma kelaurga dan sahabt tercinta kalian semua.

Wait... sebelum kita bahas lebih jauh lagi, alangkah baiknya kita kenalan dulu denga Pulau mentawainya ya sob, bair jelas dulu, dan biar enggak nyasar kemana-maka! he he..



 

Tentang Kepulauan Mentawai

Siapa tidak mengenal kepulauan Mentawai dengan wisata surfingnya? Kepulauan Mentawai adalah bagian dari provinsi Sumatera Barat di mana sejak tahun 1999 ditetapkan menjadi sebuah kabupaten. 
 
Posisi Kepulauan Mentawai yang berada di tengah Samudera Hindia membuatnya dikelilingi alam laut yang mengagumkan dan sempurna untuk wisata bahari. 
 
Kepulauan Mentawai mempunyai berbagai ombak besar yang menantang, bahkan beberpa gulungan ombaknya termasuk dalam kategori ekstrem yang banyak dicari oleh para peselancar dari berbagai penjuru dunia. 

Untuk lebih jelasnya kita akan membahas secara lengkap dalam artikel kali ini, kita akan lihat apa saja yang menarik dari kota Mentawai. Sesuai dengan lokasinya  yang merupakan sebuah Kepulauan, maka tidak heran jika kota Mentawai menjagokan ojek wisata pantainya.

Kepulauan Mentawai menjadi salah satu bagian dari wilayah Sumatera Barat yang beribukota Tuapeijat yang letaknya di Pulau Sipora.

Sama seperti tempat indah lain yang ada di Indonesia, tempat wisata di Mentawai menyediakan berapa pilihan destinasi keren yang membuat kita betah berlama – lama di tempat ini.

Suguhan alamnya mampu menyihir siapa saja, bahkan dunia Internasional juga semakin mengarah pada kepulauan Mentawai.

Pantai berpasir putih dengan gulungan ombak yang dahsyat sering kali mencuri hati para pecinta surfing mancanegara.

Memang tempat ini sering disebut sebagai surganya para pecinta surfing. Pilihan berwisata lain juga ada di dalamnya, sehingga cocok bagi para pekerja yang memiliki kesibukan menumpuk.

Sederet tempat wisata di Mentawai yang akan kita bahas dalam artikel kali ini, dijamin mampu menyihir siapa saja membuatnya selalu rindu untuk kembali berkunjung. 
 
Berikut beberapa tempat wisata di mentawai yang wajib dikunjungi, diantaranya :

27 Tempat Wisata di Mentawai Kelas Dunia yang Indah Bak Syurga



1. Pantai Pokai


Tempat wisata di Mentawai  yang pertama adalah wisata Pantai Pokai yang berlokasi di Desa Simalegi, Kecamatan Siberut Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kawasan ini memiliki pantai yang memukau, salah satunya adalah Pantai Pokai.

Pantai cantik yang tiada duanya ini memiliki hamparan pasir coklat nan lembut serta dibalut dengan air laut biru yang sangat jernih.

Pemandangan super cantik yang dipadukan dengan gelombang laut yang sangat besar membuat para pecinta surfing semakin penasaran dengan kawasan ini.

Ombak besarnya siap mengayun papan selancarmu hingga ke tengah laut, sungguh aktivitas pantai yang sangat seru, maka tidak heran jika banyak sekali peselancar dunia yang menghabiskan waktu di tempat ini.

Olahraga air lainnya juga menarik untuk dicoba, seperti banana boat, atau sekedar duduk santai sembari menikmati lukisan alam yang begitu menawan.

Jika dilihat dari segi fasilitas umum yang disediakan juga sangat memadai, mulai dari kamar bilas, mushola, gazebo untuk bersantai, serta warung makan yang menyediakan berbagai hidangan laut, seperti kerang, cumi, udang, kepiting, serta berbagai jenis ikan.

Namun sebelum memesan makanan sebaiknya kamu menanyakan harganya terlebih dahulu, jangan sampai tertipu dengan pedagang nakal yang memanfaatkan situasi.
Lokasi : Desa Simalegi, Kecamatan Siberut Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.
Jam buka: setiap hari, 24 jam

2. Pantai Siruso


Masih dari Kabupaten Mentawai, destinasi andalan selanjutnya adalah wisata Pantai Siruso. Pantai ini masuk dalam jejeran pantai menawan yang menjadi surganya para peselancar karena memiliki gulungan omak yang sangat besar.

Gulungan ombak bervolume super besar siap memanjakan para pecinta selancar air yang datang bukan hanya dari Indonesia saja, namun peselancar dunia turut menghabiskan waktu di pantai ini.

Di bagian pinggir pantai terdapat banyak terumbu karang yang semakin mempercantik pantai serta menjadi pemecah ombak alami.

Berbeda dengan pantai sebelumnya, pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang siap memanjakan pengunjung dengan kelembutannya.

Sehingga kamu bisa asyik berjemur santai menikmati waktu libur yang berharga. Suasana akan terasa semakin santai saat kamu memesan es kelapa muda yang diambil langsung dari pohonnya untuk melepas dahaga.

Suasana sore di pantai Siruso menjadi primadona yang selalu dinanti, terutama oleh kalangan muda mudi yang ingin merasakan keromantisannya.

Terlihat pula burung – burung beterbangan dari satu pohon ke pohon lainnya menandakan hari semakin senja. Langit jingga keemasan yang menawan, membuat kita semakin menyadari betapa indah ciptaan Tuhan.

Lokasi : Kecamatan Sikakap, Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat.

Jam buka : setiap hari

3. Pantai Katiet Bosua

 

Masih dari deretan pantai cantik yang ada di Mentawai yakni wisata Pantai Katiet Bosua yang letak pastinya berada di Dusun Katiet, Desa Bosua, Kecamatan Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Hampir sama dengan pantai lainnya yang memiliki air laut berwarna biru jernih yang terhampar luas sejauh mata memandang memberi kesejukan bagi setiap mata yang memandang.

Di tempat ini para pecinta selancar air juga bisa menuntaskan hobinya karena ombak yang dimiliki sangat besar seperti pantai di Mentawai pada umumnya.

Pantai nan eksotis ini juga memberi ruang bagi pecinta kedamaian dengan duduk santai di atas hamparan pasir putih yang menawan, sembari menanti senja. Merasakan tiap momen yang akan dilewati menuju rutinitas yang lebih mengasyikkan.

Untuk mencapai lokasi pantai juga cukup mudah bisa dilalui dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Sesampainya di area parkir kita langsung disambut dengan pemandangan memukau yang membuat siapa saja tersihir.

Kamu hanya perlu membayar tiket parkir sebesar Rp. 2000 untuk motor, serta Rp. 5000 untuk mobil. Selain ara parkir yang luas beberapa fasilitas umum juga tersedia demi memberi rasa nyaman untuk pengunjung yang datang, salah satunya rumah makan pinggir pantai,  dari kelas kaki lima hingga restoran mahal yang memiliki menu special.

    Lokasi : Dusun katiet, Desa Bosua, Kecamatan sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat
    Jam buka: setiap hari, 24 jam
    Tiket masuk : 2000 hingga 5000 tiket parkir

4. Pantai Awera


Tempat wisata di Mentawai selanjutnya yang wajib masuk dalam daftar kunjungan wisatamu adalah wisata pantai Awera. Destinasi yang satu ini juga tidak kalah memikat dengan keindahan air lautnya yang begitu jernih.

Belum lagi pemandangan bukit yang ada di sekelilingnya membuat panorama alamnya terasa semakin sempurna.

Belum lagi lokasinya yang sangat strategis yakni berada di Ibukota Mentawai membuatnya semakin ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berlibur ke tempat yang tidak begitu jauh.

Karena lokasinya berada di pusat kota sehingga moda trasportasi umumnya juga sangat lengkap, seperti bus, oplet atau ojek.

Wisata Pantai Aweh juga menjadi alternative liburan terdekat yang cocok dikunjungi saat akhir pekan. Pantai yang selalu ramai ini memiliki keindahan yang tidak kalah dari pantai lain. Ombaknya yang cukup besar juga menjadi idola para peselancar air dunia.

 Hamparan pasir putih yang halus dan lembut juga menjadi salah satu daya tarik tempat ini. uniknya lagi jika kamu datang saat musim panas maka air laut yang surut akan membentuk pulau pasir di salah satu sisi pantai.

5. Pulau Siberut


Pulau Siberut masuk dalam daftar destinasi andalan kepulauan Mentawai. Bahkan banyak yang bilang jika belum afdol rasanya berlibur ke Mentawai jika belum menginjakkan kaki di Pulau Siberut.

Keindahan alam yang dimilikinya sungguh aduhai yang bisa menyihir siapa saja, bahkan akan membuat kamu selalu rindu untuk kembali berkunjung.

Pulau ini menjadi salah satu pulau kecil yang berpenghuni, dimana masyarakatnya hidup dengan damai. pulau ini juga menawarkan liburan berbeda, sebab selain mendapatkan waktu libur yang seru dan menyenangkan.

Kamu juga bisa belajar banyak dari masyarakat sekitar. Bagaimana mereka hidup dengan damai, kesahajaan mereka menjalani kehidupan, dan lain sebagainya.

Pulau ini bukan hanya menawarkan pesona pantai berpasir putih yang menawan, namun juga terdapat sebuah taman nasional yakni Taman Nasional Siberut.

Keindahan taman bisa kamu eksplor secara keseluruhan, mulai dari berbagai jenis hewan serta tumbuhannya. Pokoknya dalam liburan kali ini kamu bisa menang banyak.

6. Pulau Sipora

 

Kini kita akan melanjutkan perjalanan wisata ke kawasan Pulau Sipora. Siapa sangka di dalam pulau ini terdapat deretan pantai menawan yang siap memanjakan liburanmu bersama anggota keluarga.

Beberapa pantai cantik yang bisa kamu kunjungi, diantaranya pantai jati, Pantai Mapadenggat dan lain sebagainya. Hal inilah yang membuat pulau ini terasa berbeda dari pulau lain di sekitarnya.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai ini, seperti berjalan santai di atas hamparan pasir putih sembari menikmati pemandangan laut biru yang menakjubkan.

Selain itu pemandangan bawah lautnya juga sungguh menawan, jadi kamu bisa mencoba aktivitas snorkeling yakni menyelam ke dasar laut untuk melihat betapa indah alam bawah laut Pulau Sipora.

Menikmati indahnya terumbu karang yang masih sangat terjaga serta ribuan bahkan jutaan ikan kecil dan lucu akan menemani kamu berenang.

Hal menarik lain yang bisa dinikmati di Pulau Sipora adalah mengunjungi air terjun Pujujurug. Wisata alam yang ada di tengah hutan ini bisa menjadi alternative liburan jika kamu jenuh berada di pantai.

7. Pulau Pagai

 


Pulau Pagai menjadi salah satu tempat wisata di Melawai yang cocok dikunjungi bersama keluarga saat liburan tiba. Pulau ini memiliki suasana tenang yang bisa dijadikan terapi meditasi untuk menenangkan hati serta pikiran agar kembali segar.

Pulau ini sering kali dijuluki sebagai surga tersembunyi yang jarang terekspos, padahal memiliki keindahan yang luar biasa.

Pulau ini memiliki pantai yang berombak besar sehingga sering kali mencuri perhatian dunia. Cukup sering peselancar dunia mengunjungi tempat ini untuk merasakan keganasan ombaknya.

Berayun diantara gulungan ombak akan memberikan sensasi yang berbeda. Belum lagi pemandangan indah di sekitar pantai membuat kita enggan beranjak dari lokasi wisata.

Untuk mencapai pulau disediakan motor boat yang akan membawamu dari kota Mentawai. Sepanjang perjalanan akan terlihat hamparan laut biru yang dikelilingi perbukitan hijau, sungguh spot alam yang instagenik.

8. Air Terjun Bat Soumang

 

Bosan dengan wisata Pantai, maka kamu bisa memilih alternative wisata alam yang penuh tantangan yakni mengunjungi wisata Air Terjun Bat Soumang yang berada di pedalaman hutan Mentawai.

Lokasi tepatnya berada di Desa Bulasat Berada, Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten kepulauan Mentawai. Air terjun mengalir diantara tebing karang tiada henti membuat kita seolah bermain air di bawah shower alam tiada henti.

Sama seperti air terjun pada umumnya, dimana pada bagian bawahnya terbentuk sebuah kolam alami karena guyuran air yang tiada henti menghasilkan sebuah cekungan yang terisi air dan menjelma menjadi sebuah kolam.

Kesegaran air kolamnya menggoda siapa saja untuk bermain air. apalagi setelah gerah karena perjalanan jauh dan panas membuat kita semakin tertarik untuk nyebur ke dalamnya.

Kamu akan merasakan bagaimana sensasi berenang di bawah shower alam dan dikelilingi kawasan hijau serta tebing karang, sungguh pengalaman liburan yang tidak akan terlupakan.

Spot foto yang ada di tempat ini juga menarik para pecinta fotografi dan penyuka foto selfie tentunya juga tidak mau ketinggalan berpose ria.

Lokasi : Desa Bulasat Berada, Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

9. Danau Rua Oinan

 

Tempat wisata di Mentawai selanjutnya adalah wisata Danau Rua Oinan yang berlokasi di kawasan Jalan Mapadegat, Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Danau cantik yang satu ini memiliki keindahan tiada duanya, membentang luas membentuk cekungan yang berisi air jernih bernuansa hijau. Pengunjung bisa mencoba aktivitas menarik yang ditawarkan yakni menyewa perahu untuk berkeliling danau.

Danau juga sudah dikelola secara professional sehingga berbagai fasilitas tambahan juga telah tersedia demi memberi rasa aman untuk setiap pengunjung yang datang.

Beberapa diantaranya kursi – kursi kayu yang bisa digunakan untuk bersantai menikmati semilir angin dan keindahan alam di sekitar danau yang selaras, bak lukisan alam yang sempurna.

Buat pilihan kuliner juga tersedia dengan lengkap, banyak pedagang yang menjual berbagai makanan ringan, seperti mie goreng dan rebus, nasi goreng, berbagai jenis minuman dan masih banyak lagi.

Lokasi : Jalan Mapadegat, Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

10. Air Terjun Kulu Kubuk

 

Kini kita akan melanjutkan perjalanan menuju destinasi wisata selanjutnya yang ada di Mentawai yakni wisata Air Terjun Kulu Kubuk yang lokasi tepatnya berada di Desa Madobal, Kecamatan Siberut Selatan, kabupaten kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Air terjun di tempat ini sungguh cantik dengan ketinggian mencapai 70 meter yang mengalir deras ke kolam yang ada di bawahnya.

Buat para pecinta alam belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi Air Terjun kulu Kubuk. Untuk mencapai lokasi wisata membutuhkan tenaga lebih karena rute yang akan dilalui cukup terjal dan curam.

Namun tenang saja, sebab disepanjang perjalanan kamu akan ditemani deretan kawasan hijau yang sejuk dan cantik.

Sesampainya di lokasi air terjun seluruh lelah yang dirasa akan hilang seluruhnya karena hamparan yang tersaji sangat menawan. Cocok sekali menjadi latar belakang untuk foto selfie.

Lokasi : Desa Madobal, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

11. Pantai Nyanyang


Kalau liburan di Mentawai jangan lupa juga untuk mengunjungi pantai Nyanyang yang memiliki keindahan yang sangat menawan.

Lokasi pantai ini sendiri terletak di Kecamatan Siberut Selatan. Pantai Nyanyang ini menjadi salah satu tempat favorit bagi peselancar dunia.

Bahkan peselancar dari berbagai negara khusus datang untuk menjajal pantai ini, hal ini dikarenakan ombak disini begitu menantang, pantai ini memiliki ombak yang besar.

Selain karena ombaknya yang menantang, pantai ini juga memiliki keindahan yang sangat memukau. Dari gambar di atas saja kita sudah bisa membayangkan betapa indahnya pantai ini.

Apalagi pantai ini juga memiliki pepohonan di pinggir pantainya yang terawat, subur, sekaligus menyejukkan. Jadi adem dan nyaman sekali untuk berlama-lama di pantai nyanyang ini.

Lokasi: Kec. Siberut Barat Daya, Kab. Kepulauan Mentawai.

12. Dermaga Tuapeijat


Kalau ke Mentawai pastilah kita akan pertama kali menginjakkan kaki di dermaga ini. Karena ini merupakan tempat kapal-kapal dari Padang bersandar.

Meski tempat bersandar kapal-kapal, dermaga ini juga menawarkan pemandangan indah yang akan memukau mata kita.

Dermaga Tuapejat ini sendiri merupakan titik 0 km Tuapeijat. Di seberang dermaga terdapat hamparan hutan mangrove. Di depan teluk yang tenang terlihat pulau yang cukup besar. Ikan-ikan kecil yang berkejaran akan terlihat di laut yang bening.

Lokasi: Pusat Tuapeijat

13. Pantai Jati


Tempat wisata di Mentawai berikutnya adalah pantai jati yang telatknya hanya berjarak 1 km saja dari Dermaga Tuapejat.

Jadi kami bisa berjalan dari dermaga untuk sampai ke pantai jati ini Pantai jati ini menjadi salah satu tempat bermain yang favorit untuk anak-anak. Selain bersih, juga memiliki ombak yang relatif tenang.

Pantai ini bisa kamu tempuh hanya 5 menit berkendara, kalau jalan yang sekitar 10 sampai 15 menit lah. Sekalian olahraga jalan pagi tidak ada salahnya kalau jalan kaki.

Selain bermain pasir pantai dan berenang, pantai jati ini juga menawarkan sensasi snorkeling yang menawan. Pasalnya pemandangan alam bawah laut pantai jati ini sangat indah sekali.

Selain pada pagi hari, jika kamu datang pada sore hari kesini juga seru, karena kamu bisa menikmati momen sunset yang memukau.

Lokasi: Dusun Jati, Tuapejat, Sipora Utara, Kepulauan Mentawai

14. Air Terjun Pujujurung


Buat kamu yang suka mandi-mandi di alam, kamu mesti mamsukkan ke dalam bucket list liburanmu air terjun terjun Pujujurung yang letaknya tersembunyi di tengah hutan tropis Mentawai.

Kalau kita berangkat dari Dermaga Tuapeijat, melewati Jalan Raya Tuapeijat hingga ke Desa Goiso Oinan sekitar 1 jam perjalanan.

Dari jalan raya, air terjun Pujujurung ini letaknya sekitar 100 meter saja, dan kita mesti berjalan kaki sekitar 5 menit untuk bisa sampai ke air terjun yang memukau ini.

Ketika dalam perjalanan menuju lokasi air terjun kita akan ditemani segarnya udara hutan tropis dengan pohon-pohon yang tinggi, juga oleh kicauan burung akan menemani kita sepanjang perjalanan.

Air terjun yang masih alami ini memiliki aliran air yang lumayan deras, air mengalir dari atas tebing batu. Begitu sampai di lokasi, pasti anda tidak akan sabar lagi untuk menceburkan diri, jadi jangan lupa membawa pakaian ganti ya.

Lokasi: Desa Goisok Oinan, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai
 

15. Taman Patung Sikerei


Kurang lengkap rasanya kalau ke Mentawai tidak mengabadikan momen di taman patung Sikerei. Sikerei sendiri merupakan tokoh penting dalam kehidupan tradisional di Mentawai.

Nah, untuk mengenang beliau, maka dibuatlah Taman Patung Sikerei di Tuapeijat. Di taman ini terdapat patung seorang sikerei yang berdiri di atas bola dunia.

Jadi, berpose di depan patung ini menjadi ‘ritual wajib’ sebagai bukti bahwa anda sudah menginjakkan kaki di tanah Mentawai ini.

Di depan patung Sikerei ini ada bangku untuk bersantai menikmati suasana Tuapeijat. Dari dermaga Tuapeijat, anda bisa menuju ke taman ini dengan memakan waktu sekitar 30 menit saja.

Lokasi: Tuapeijat, Kepulauan Mentawai

>16. Pantai Mapadeggat


Tempat wisata di Mentawai berikutnya adalah pantai Mapadeggat yang letaknya ada di Pulau Sipora. Pantai indah yang memiliki pasir putih bersih ini dekat juga dengan dermaga Tuapeijat.

Jaraknya hanya sekitar 6 km saja dari dermaga. Jadi ketika baru menginjakkan kaki di Dermaga, anda bisa mengambil ancang-ancang untuk mengunjung pantai cantik ini.

Pantai ini juga menjadi salah satu tempat yang seru untuk berenang atau belajar surfing karena ombaknya sangat mendukung.

Pantai ini terkenal dengan adanya ombak Telescope yang menjadi salah satu buruan para peselancar dari berbagai negara di dunia. Mereka datang ke pantai ini khusus untuk menjajal sensasi berselancar di ombak Telescope.

Lokasi: Dusun Mapaddegat, Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai

17. Pulau Umat Siteu


Rekomendasi tempat wisata di Mentawai yang selanjutnya dari kami adalah pulau umat Siteu yang menjadi tempat favorit untuk menyusuri hutan mangrove.

Pulau ini sendiri letaknya tepat di depan Dermaga Tuapeijat, sangat dekat sekali, untuk mencapai pulau ini bisa menggunakan boat dari dermaga menuju Pulau Umit Siteu dalam waktu 5 menit.

Begitu sampai di lokasi, kita akan langsung di sambut oleh labirin mangrove yang tumbuh berkelompok seperti pulau-pulau kecil. Air lautnya sangat jernih dan tenang berwarna biru muda. Di dalamnya terlihat jelas terumbu karang otak nampak bulat-bulat di dalam air.
 

18. Teluk Sibigeu


Tempat rekreasi di Mentawai berikutnya adalah teluk sibigeu yang oleh masyarakat sekitar disebut “Bagat Simarabuk”.

Teluk ini memiliki ombak yang bergulung-gulung. Ombak inilah yang menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai negara datang untuk berkunjung, menaklukkan ombaknya.

Selain ombaknya yang menantang, pasir putih di teluk ini juga menjadi daya tarik siapa saja yang ingin bermain di pantai.

Untuk sampai kesini, kita harus menyewa perahu motor untuk menyeberanginya, durasi tempuhnya antara 3 hingga 4 jam tergantung kecepatan perahu motornya dari dermaga.
 

19. Pulau Silabu


Ada juga pulau Silabu yang letaknya di Pagai Utara. Terdapat sebuah desa yang bernama Desa Silabu. Nah, di desa ini ada sebuah pantai kece yang bernama pantai Silabu. Pantai ini menjadi salah satu tempat paling indah di Mentawai.

Ombak di pantai ini juga menantang, dengan ketinggian mencapai 3 atau 4 meter. Beberapa jenis ombak yang cukup terkenal yaitu ombak macaronis, rags left, serta rags right.

Oh ya, air di pantai ini sangat jernih, biru jernih dan sedikit bergradasi. Sangat sempurna sekali untuk Anda yang ingin menyegarkan pikiran dan penat. Pantai ini masih terbilang “perawan” karena belum terlalu banyak pengunjung yang menjamahnya.
 

20. Pantai Aloita


Tempat rekreasi di Mentawai selanjutnya yaitu pantai Aloita yang letaknya adalah di pulau Silabok yang lokasinya ada di seberang pulau Sipora.

Pantai Aloita ini masih sangat perawan karena belum banyak terjamah oleh wisatawan. Pantai ini relatif lebih tenang dan minim ombak, sehingga sangat pas jika Anda menjelajahi surga bawah laut dengan snorkeling.

Meski belum terlalu ramai, fasilitas di pulau ini terbilang cukup lengkap, sudah ada hotel dan penginapan yang bisa kita jadikan tempat bermalam.

Untuk bisa sampai ke pantai aloita ini kita bisa menaiki kapal Mentawai Fast dari Pelabuhan Muaro Padang.
 

21. Pantai Sioban


Ada juga pantai Sioban yang menjadi salah salah satu destinasi wisata favorit wisatawan dari mancanegara. Pantai ini ada di Pulau Sipora.

Dengan ombak yang tinggi membuat peselancar dari berbagai negara mau jauh-jauh datang kemari untuk menaklukkannya.

Selain ombak yang menjadi daya tarik, juga ada daya tarik lainnya, yakni berupa pemandangan laut yang biru, jernih, serta pasir putih yang indah.
 

22. Pulau Pittoijat


Buat kamu yang doyan berselancar cobalah untuk mengunjungi pulau Pittoijat. Letak pulau ini berdekatan dengan Silabu.

Daya tarik utama pulau ini yaitu pantai Pittoijat yang memiliki ombak yang tinggi dan besar, menjadikannya sebagai lokasi berselancar pilihan.

Tidak heran kalau banyak peselancar handal dari mancanegara pernah menguji adrenalin pantai ini, seperti dari Australia, Brazil, Prancis hingga Amerika Serikat.

Lokasi: Pagai Utara, Kep Mentawai
 

23. Goa Pamintaijat


Oh ya, ternyata Kepulauan Mentawai juga punya goa yang menarik untuk kita susuri lho, yakni goa Pamintaijat yang terletak di Desa Malakopa, Kecamatan Pagai Selatan, di sisi barat Pulau Pagai Selatan, posisinya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Goa nan eksotis ini menjadi salah satu spot untuk menyaksikan keindahan air laut yang jernih serta ombak yang besar. Oh ya, ini goa walet lho!

Goa dengna panjang hanya sekitar 50 meter ini memiliki dinding yang dibentengi oleh tebing bebatuan yang tingginya 20-40 meter, memagari keindahan pantai didepannya.

Lokasi: Desa Malakopa, Kecamatan Pagai Selatan
 

24. Pulau Karamajat


Pulau Karamajat yang tidak kalah eksotisnya dari tempat wisata yang sudah di review sebelumnya. Tempat rekreasi ini memiliki penduduk yang kaya akan budaya tradisional didalamnya. Kamu bisa mengenal sekaligus belajar dengan orang-orang di sana yang ramah.

Selain itu, pantai di pulau ini juga menjadi salah satu destinasi favorit di Mentawai terutama bagi mereka yang hobi berselancar dan snorkeling, baik dari dalam maupun luar negeri.

Di pantai pulau ini memiliki ombak panjang dan tinggi yaitu mencapai 2 hingga 4 meter. Di desa ini juga tersedia penginapan terapung.

Lokasi: Desa Katurei, Kecamatan Siberut Barat Daya, Kabupaten Kepulauan Mentawai
 

25. Pulau Bakkat Menuang


Tempat rekreasi di Mentawai berikutnya adalah Pulau Bakkat Menuang yang seolah-oleh berada di “pintu” masuk Selat Sikakap. Selat ini sendiri berada di 2 pulau yang lebih besar, yaitu Pulau Pagai Selatan dan Pagai Utara.

Pulau kecil yang berukuran hanya 630 x 330 meter ini terlihat begitu rimbun dari kejauhan. Pulau yang sangat memukau ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, daya tarik lain dari pulau ini adalah kisah legendanya.

Konon, pulau ini berasal dari pangkal pohon yang berukuran sangat besar. Pada saat itu, Pulau Pagai Selatan dan Utara masih menyatu dan belum terpisahkan oleh selat Sikakap

Lokasi: antara Pulau Pagai Utara dan Pagai Selatan.

Penginapan di Mentawai


Berikut ini tempat menginap di Mentawai sekaligus menjadi tempat wisata yang eksotis, karena memiliki paket lengkap dan area privat untuk menikmati Mentawai lebih dalam lagi:

26. Wavepark Resort


Tempat penginapan di Mentawai yang rekomended untuk anda yang pertama yaitu Wavepark Resort yang menawarkan sensasi menginap di hunian sederhana bergaya internasional.

Lokasi penginapan ini ada di di Jl. Perak III No.18, Katurei, Siberut Barat. Resort ini menjadi salah satu tempat yang nyaman sekali untuk bermalam, setelah kita lelah seharian menjelajahi Mentawai, khususnya pulau Siberut.

Lokasi: di Jl. Perak III No.18, Katurei, Siberut Barat.
 

27. Pitstop Hill Mentawai


Tempat penginapan di Mentawai yang kece badai selanjutnya adalah Pitstop Hill Mentawai. Penginapan ini ada di Pitstop Nyang Nyang Island, Katurei, Seberut Barat.

Selain tempat menginap juga menawarkan tempat rekreasi terpadu yang lengkap, terdapat hunian bergaya modern, taman dengan bunga-bunga yang indah dan dekat dengan pantai yang berpasir putih.

Lokasi: Pitstop Nyang Nyang Island, Katurei, Seberut Barat

***

Itu tadi sederet Destinasi Wisata Kelas Dunia di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat Idonesia yang memiliki pesona alam luar biasa, terutama dari segi pantainya. Dijamin berkunjung ke Mentawai akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda. Selamat berkunjung dan selamat berlibur. Terima kasih.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelajah Destinasi Wisata Kelas Dunia di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat Idonesia

Trending Now