Tahukah Kenapa Sumur Zamzam Tidak Pernah Kering meski Sudah Diambil Selama Ribuan Tahun, Begini Keterangannya

QBeritakan.com
Jumat, 21 Juli 2023 | Juli 21, 2023 WIB Last Updated 2023-07-21T08:36:37Z


QBeritakan.com - AIR zamzam disebut sebagai air paling suci di dunia. Air zamzam pun menjadi salah satu oleh-oleh wajib dan berharga jika berkunjung ke Arab Saudi.

Lantas, pernahkah Anda melihat sumur zamzam sebagai sumber dari air zamzam yang selama ini selalu dicari-cari?

Air zamzam bukan sekadar air yang mengalir begitu saja. Terdapat catatan sejarah dan mukjizat di balik munculnya air zamzam. Berawal kisah Nabi Ibrahim Alaihissallam dan istrinya Hajar.

Kala itu putra dari Nabi Ibrahim dan Hajar yakni Nabi Ismail Alaihissallam dibawa ke gurun pasir. Lalu Allah Subhanahu wa Ta'ala memerintahkan Nabi Ibrahim untuk meninggalkan negerinya itu.  

Beliau pun meninggalkan istri tercinta dan buah hatinya Ismail yang telah lama dinanti. Mereka berdua ditinggalkan di gurun pasir yang tandus.

Hajar bertanya kepada Nabi Ibrahim Alaihissallam, apakah beliau yakin akan meninggalkan mereka di tempat itu?

Nabi Ibrahim Alaihissallam menjawab dengan tegas bahwa beliau hanya menjalankan perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala. Lalu mengingatkan Hajar untuk senantiasa bertakwa kepada Allah Ta'ala, maka akan selalu dalam lindungan-Nya.

Kondisi gurun pasir yang tandus membuat Ismail kehausan dan terus menangis. Sementara Hajar tidak dapat memberikan susu atau air minum.

Namun, Hajar tidak mau menyerah begitu saja. Dia berusaha mencari pertolongan dengan berteriak sembari berlari dari Bukit Safa ke Marwa sebanyak tujuh kali.

Begitu kembali ke tempatnya meninggalkan Ismail, betapa terkejutnya Hajar saat melihat air mengalir dari tanah yang berada di bawah kaki Ismail.

Sejak itulah air zamzam muncul dan terus mengalir hingga saat ini. Sumur air zamzam sendiri terletak di sebelah timur Kakbah di Masjidil Haram. Sumur ini sudah ada sejak 4.000 tahun lalu (hijriah) dan pertama kali digali oleh Abdul Muthalib, paman Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Sumur zamzam memiliki kedalaman 31 meter dan tiap bagiannya memiliki lapisan berbeda. Pada kedalaman 13,5 meter pertama merupakan lapisan Alluvium Wadi Ibrahim, lapisan pasir ini sangat berpori dan ada batu pasir hasil transportasi dari tempat lain.

Secara ilmiah, profesor geologi dan sumber daya air di African Research Institute Abbas Sharaqi menjelaskan air zamzam tidak pernah habis karena karena sumurnya terhubung dengan air tanah terbarukan.

Dari situlah muncul air zamzam yang walaupun sudah diambil dan diminum selama ribuan tahun, tetap mengalir dan dikabarkan tidak akan pernah kering.

Wallahu a'lam bisshawab.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tahukah Kenapa Sumur Zamzam Tidak Pernah Kering meski Sudah Diambil Selama Ribuan Tahun, Begini Keterangannya

Trending Now