Mengenal Perbedaan Diaspora dan Imigran Berikut Perbedaanya

QBeritakan.com
Selasa, 04 Juli 2023 | Juli 04, 2023 WIB Last Updated 2023-07-05T05:50:03Z


QBeritakan.com -Mengenal arti diaspora dan imigran dapat menambah wawasan kamu terkait istilah yang digunakan untuk merujuk pada status seseorang di suatu negara.

Banyak orang yang keliru mengenai arti diaspora dan imigran. Masih banyak yang beranggapan bahwa diaspora dan imigran memiliki kesamaan.

Padahal jika diteliti lebih lanjut ada perbedaan arti dari kedua hal tersebut. Penasaran apa arti dari diaspora dan imigran?

Mengenal Arti Diaspora


Arti diaspora menurut para ahli Sujatmiko (2014) adalah istilah yang ditujukan kepada penduduk etnis yang secara terpaksa terdorong untuk meninggalkan Tanah Air tradisionalnya. Selanjutnya penduduk etnis tersebut kemudian melakukan penyebaran budaya berbagai negara dunia.

Dengan kata lain diaspora memiliki pengertian perantau yang meninggalkan tanah kelahirannya untuk mencari kehidupan yang lebih baik di negara lain ketimbang negara sendiri.

Istilah diaspora pertama kali berasal dari bahasa Yunani yaitu dias (melalui) dan speiren (menyebar atau menabur). Jika digabungkan maka kata tersebut mengartikan sebuah penyebaran dan pendistribusian manusia pada suatu daerah yang luas.

Dengan kata lain diaspora itu lebih dikonotasikan sebagai tenaga kerja yang bersertifikat dan pendidikan tinggi yang bekerja di negara lain, dan pada suatu waktu akan kembali ke negara asalnya.
Mengenal Arti Imigran

Istilah imigran pertama kali didapat dari bahasa Latin yaitu migration yang artinya perpindahan penduduk antar negara. Ada dua jenis imigran, yaitu imigran legal dan imigran ilegal. Sejarah imigran pada zaman dulu bisa terjadi karena wilayah pada tempat tinggalnya terjadi peperangan dan bencana alam, sehingga penduduk mencari wilayah lain yang lebih aman.

Namun berbeda dengan era zaman modern seperti sekarang ini imigran lebih dikonotasikan sebagai perpindahan individu atau sekelompok orang yang meninggalkan suatu negara untuk bertempat tinggal secara permanen di negara lain serta menjauh dari negara asalnya.

Imigran saat ini dilihat sebagai suatu stigma negatif karena bisa menambah beban negara yang dimasuki oleh para imigran tersebut. Hal ini disebabkan karena saat ini banyak terjadi imigran ilegal yang tersebar di berbagai negara di dunia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mengenal Perbedaan Diaspora dan Imigran Berikut Perbedaanya

Trending Now