Sering Di Bully Siswa di Temanggung Nekat Membakar Sekolah

QBeritakan.com
Jumat, 30 Juni 2023 | Juni 30, 2023 WIB Last Updated 2023-06-30T04:15:49Z


QBeritakan.com - Sakit hati sering dibuli teman-temannya, seorang siswa berinisial R (13) nekat melakukan aksi di luar nalar.

Karena sering dibuli, R membakar beberapa ruang kelas di SMP Negeri 2 Pringsurat Kabupaten Temanggung, pada Selasa 27 Juni 2023 lalu.

Atas perbuatannya, kepolisian melalui Polres Temanggung menetapkan R sebagai tersangka.

"R resmi tersangka, dasarnya dari sejumlah barang bukti yang ditemukan di lokasi serta dari rekaman CCTV yang ada di sekolah tersebut," ujar Kapolres Temanggung, AKBP Agus Puryadi dikutip dari Tribratanews, Jumat 30 Juni 2023.

Tersangka merasa sakit hati karena sering dibuli oleh teman-temannya. Guru pun, menurut pengakuan R kurang kurang memperhatikannya.

Terkait guru yang kurang memperhatikan, Kapolres menjelaskan bahwa pihaknya mempunyai sebuah bukti, yakni sebuah prakarya yang dinilai biasa saja. Padahal, tersangka ingin dia yang terbaik.

Kemudian siswa tersebut ikut dalam PMR dan mencalonkan diri menjadi ketua.

Namun kredibilitas dan kapabilitas yang bersangkutan menurut teman-temannya belum sesuai untuk memimpin organisasi tersebut sehingga dia tak terpilih sebagai ketua.

"Akumulasi dari beberapa rasa sakit hati, yang hal itu subjektif saja maka dia merencanakan untuk membakar sekolah tersebut," ujarnya.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan tersangka, yakni menyiapkan sebuah botol bekas minuman bervitamin.

Kemudian menggunakan cairan khusus yang sudah dicampur dengan bahan tertentu sehingga menimbulkan api yang besar. Menurut Kapolres, upaya tersangka ini cukup berhasil, sehingga ruangan di sekolah tersebut terbakar.

"Dengan bahan bakar minyak dan isi korek gas digabungkan menjadi satu kemudian diramu dan dicoba. Uji coba pertama berhasil dilakukan di belakang rumahnya dan hasilnya cukup bagus," jelasnya.

Setelah berhasil melakukan uji coba, dia membuat tiga buah rangkaian yang sama.

Satu diletupkan di sebelah kanan sekolah, kemudian ada yang dilempar dan yang paling fatal adalah yang ditaruh di ruang prakarya.

"Karena ruang ini tidak tertutup dan di dalamnya terisi barang-barang dari kayu dan kardus. Hasil karya tersebut habis terbakar," ungkapnya. ***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sering Di Bully Siswa di Temanggung Nekat Membakar Sekolah

Trending Now