KKPU Selidiki Dugaan Monopoli Tata Niaga Atas Dampak Turunnya Produksi Lada Hitam Menurun

QBeritakan.com
Jumat, 23 Juni 2023 | Juni 23, 2023 WIB Last Updated 2023-06-23T03:49:05Z


Bandar Lampung, QBeritakan.com - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Wilayah II menyelidiki terkait adanya dugaan praktik monopoli atau persaingan usaha tidak sehat dalam tata niaga lada hitam di Lampung.

Penelitian ini dilakukan karena luas area dan produksi lada hitam di Lampung mengalami penurunan. Padahal, Lampung merupakan daerah penghasil lada hitam terbesar di Indonesia.

Berdasarkan data Statistik Perkebunan Unggulan Nasional tahun 2021-2023 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, diproyeksikan produksi lada hitam di Provinsi Lampung dapat mencapai 15.139 ton pada tahun 2023 (angka sementara).

"Akan tetapi, berdasarkan angka tetap pada periode 2020-2021 dijelaskan bahwa terjadi penurunan luas area dan produksi lada hitam di Provinsi Lampung," kata Kepala Kantor KPPU Wilayah II Wahyu Bekti Anggoro dalam keterangannya, Selasa (20/6).

Wahyu menjelaskan, pada tahun 2020 luas area perkebunan lada seluas 45.834 hektare dengan produksi sebesar 15.412 ton, selanjutnya mengalami penurunan luas area pada tahun 2021 menjadi 45.642 hektare dengan jumlah produksi sebesar 15.229 ton.

"Merespons kondisi tersebut, KPPU Kanwil II melakukan penelitian terkait hambatan tata niaga lada hitam di Provinsi Lampung untuk melihat apakah terdapat hambatan yang disebabkan oleh perilaku yang berkaitan dengan praktik monopoli atau persaingan usaha tidak sehat," jelasnya.

Wahyu menerangkan, penelitian itu telah dilakukan sejak bulan Februari 2023 lalu dan telah mendengarkan keterangan para pihak serta stakeholder terkait dalam tata niaga lada hitam di Provinsi Lampung. Di antaranya yaitu Dewan Rempah Indonesia Wilayah Lampung, Asosiasi Eksportir Lada Indonesia (AELI) Lampung, Dinas Perkebunan Provinsi Lampung, Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional pada Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kelompok Tani Lada, dan Pelaku Usaha Eksportir Lada di Provinsi Lampung. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KKPU Selidiki Dugaan Monopoli Tata Niaga Atas Dampak Turunnya Produksi Lada Hitam Menurun

Trending Now