Ajang Promosi Seni Budaya dan UMKM Perhelatan Festival Sekala Bekhak Ditutup

QBeritakan.com
Rabu, 21 Juni 2023 | Juni 21, 2023 WIB Last Updated 2023-06-21T06:21:08Z


QBeritakan.com -Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lampung Bobby Irawan mewakili gubernur mengapresiasi perhelatan Festival Sekala Bekhak Lampung Barat yang resmi ditutup, Selasa, 20 Juni 2023, malam.

Festival tersebut, kata Bobby, pada 2021 lalu adalah satu-satunya event di Provinsi Lampung yang masuk kalender Pariwisata Nasional dalam program Karisma Nusantara. Kemudian pada 2022 Festival Sekala Bekhak kembali masuk dalam 100 event yang ditetapkan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (RI) sebagai Event Nasional.

Boby berharap, perhelatan Festival Sekala Bekhak jadi wadah untuk menggali, melestarikan dan memperomosikan seni budaya Sekala Bekhak serta dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Lampung Barat. Dengan meningkatnya kunjungan wisata itu maka pada akhirnya akan berpengaruh besar terhadap kesejahteraan masyarakat, sehingga salah satu misi Pemkab Lambar menjadikan Liwa sebagai kota budaya dapat terwujud.

Sementara itu, Pj Bupati Lambar Nukman, menyampaikan perhelatan Karisma Event Nusantara Festival Sekala Bekhak ke-9 2023 ini dilaksanakan secara sederhana. Namun ia mengaku bersyukur sebab festival kali ini merupakan yang ketiga kalinya masuk dalam kalender Event Nasional. "Meskipun perhelatan Festival Sekala Bekhak kali ini diselenggarakan secara sederhana, namun didalamnya tetap menampilkan konten-konten yang terbaik," kata Nukman.

Perhelatan ini tentu akan mengangkat berbagai seni budaya masyarakat Lampung Barat yang keberadaannya saat ini sudah mulai hilang. Karena itu, ke depannya perhelatan festival ini diharapkan dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Sebab, kata dia, selain salah satu upaya dalam melestarikan seni budaya, kegiatan ini juga sebagai ajang promosi, baik terkait produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) maupun seni budaya itu sendiri.

Penutupan Festival Sekala Bekhak dipusatkan di pelataran gedung Pancasila, Lampung Barat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ajang Promosi Seni Budaya dan UMKM Perhelatan Festival Sekala Bekhak Ditutup

Trending Now