24 perempuan korban perdagangan orang asal NTB Dipulangkan Polda Lampung

QBeritakan.com
Jumat, 16 Juni 2023 | Juni 16, 2023 WIB Last Updated 2023-06-16T15:50:00Z

QBeritakan.com - Polda Lampung  memulangkan 24 perempuan asal Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menjadi korban perdagangan orang, Jumat, 16 Juni 2023. Pemulangan itu dengan kerja sama Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Lampung.

Kasubdit IV Remaja Anak dan Wanita (Renakta) Polda Lampung, AKBP Adi Sastri, menjelaskan pemulangan tersebut seiring proses penyelidikan yang rampung. Meski begitu, penegakan hukum terkait kasus perdagangan orang itu tetap berlanjut.

Pemulangan para korban itu menggunakan jalur darat melalui Surabaya dan akan diterima BP3MI NTB. "Mereka berangkat kembali ke daerah asalnya," ujarnya.

Kepala BP3MI Lampung, Wirawan Negara, mengatakan semua kebutuhan pemberangkatan korban difasilitasi pihak-pihak terkait.

"Mereka ke NTB dari bermacam-macam daerah akan difasilitasi BP3MI NTB," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Polda Lampung mengamankan 24 calon pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal yang hendak diberangkatkan ke Timur Tengah, Selasa, 6 Juni 2023. Korban perdagangan orang yang seluruhnya perempuan itu berasal dari Nusa Tenggara Barat dan tengah singgah di Lampung.

Mereka tengah berada di tempat penampungan di Jalan Padat Karya kelurahan Raja Basa, Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung.

Wakil Direktur Kriminal Umum Polda Lampung, AKBP Hamid Andri Soemantri, mengatakan pengungkapan itu berdasarkan informasi masyarakat yang mencurigai rumah sebagai penampungan sementara. Berdasarkan laporan itu, petugas menggerebek lokasi dan mendapati 24 perempuan tersebut.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 24 perempuan korban perdagangan orang asal NTB Dipulangkan Polda Lampung

Trending Now