Wajib Tau untuk Calon Mahasiswa 10 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan

Wartawan Goes Too Campus
Sabtu, 04 Februari 2023 | Februari 04, 2023 WIB Last Updated 2023-02-04T16:47:06Z

QBeritakan.com - Hallo Adik - adik Calon Mahasiswa dimapaun kalian berada, bagaimana nih ? sudahkah menentukan pilihan untuk melanjutkan kuliah setelah lulus SMA nanti?, Baut akalian nih kakak ingatkan ya, mumpung masih ada waktu segera tentukan pilihan kalian segera mungkin supaya nanti ketika waktunya sudah dekat kalian tidak bingung.

Nah di Bawah ini kakak sudah rangkum buat kalian semua dan Wajib Tau untuk kalian Calon Mahasiswa 10 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan untuk masadepan kalian semua, nah baca baik-baik ya sebelum menentukan pilihan kalian.


Rekomendasi Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Menjanjikan Dilansir dari laman www.mydegreeguide.com berikut ini sederet jurusan kuliah yang menjanjikan. 

1.  Komunikasi 

Jurusan komunikasi dapat menjadi jurusan kuliah yang menjanjikan, karena merupakan bidang kajian ilmu yang cukup luas dan fleksibel. Dalam artian, jurusan ini terbuka untuk hampir semua bidang industri. Bahkan lembaga non-profit juga memerlukan lulusan dari jurusan kuliah yang menjanjikan ini. Gari lulusan jurusan komunikasi dapat mencapai ratusan juta rupiah per tahun, namun tetap tergantung dari bidang yang digeluti. 

2. Keuangan dan Akuntansi 

Keuangan menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan, sekaligus salah satu lulusan yang banyak dicari di dunia kerja. Pasalnya, setiap perusaahan akan membutuhkan seorang akuntan. Peluang karier lulusan jurusan ini pun terbuka lebar, mulai dari akuntan publik, auditor internal, analis keuangan, hingga manajer perpajakan. Gaji seorang yang baru lulus jurusan akuntansi di Indonesia bisa mencapai Rp 6.000.000 per bulan.

Angka ini tentu sangat bervariasi tergantung dengan kemampuan, pengalaman, jabatan, serta tempat bekerja. Untuk level manajer sendiri gajinya bisa mencapai belasan juta atau bahkan puluhan juta per bulan. Tak pelak, jurusan akuntansi banyak menjadi pilihan, karena menjadi jurusan kuliah yang menjanjikan. 

3. Ekonomi dan Bisnis 

Prospek kerja untuk lulusan jurusan ekonomi dan bisnis cukup mudah didapatkan. Sebab, salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan bagi calon mahasiswa ini dibutuhkan dalam berbagai sektor penting. Mulai dari perdagangan, produksi, hukum, pemerintahan, hingga politik, membutuhkan lulusan jurusan ekonomi dan bisnis. Kisaran gaji sebagian besar pekerja pada profesi yang bergelut di bidang bisa mencapai belasan rupiah per bulannya. 

4. Manajemen 

Jurusan manajemen juga menjadi jurusan kuliah yang menjanjikan, dan diburu oleh calon mahasiswa. Bidang manajemen juga memiliki gaji yang fantastis.

Tidak heran apabila jurusan ini menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan. Namun, hal ini dikarenakan besarnya tanggung jawab serta pekerjaan yang harus diselesaikan. Jurusan manajemen menjadi jurusan kuliah yang menjanjikan, karena sangat dibutuhkan untuk hampir seluruh perusahaan pada berbagai sektor, mulai dari sektor swasta, hingga instansi pemerintah. Jurusan manajemen adalah salah satu jurusan kuliah yang paling banyak peminatnya dan bisa ditemukan di hampir semua Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. 

5. Teknologi Informasi 

Jurusan kuliah yang menjanjikan selanjutnya, adalah teknologi informasi. Kuliah di jurusan ini menjamin kompetensi yang memadai dalam optimasi dan pemeliharaan sistem jaringan perusahaan. Sistem ini tak hanya internet tapi juga infrastruktur aplikasi, yang mendukung pekerjaan serta koordinasi setiap hari. Dengan semain berkembangnya dunia digital dan teknologi di dunia, lulusan jurusan teknologi informasi akan semakin dibutuhkan dalam berbagai sektor. Lulusan teknoIogi informasi dapat menjadi system developer, system analyst, intelligent system developer information technology, serta media digital development. Apalagi, di tengah berkembangnya teknologi saat ini, maka teknologi informasi bisa menjadi jurusan kuliah yang menjanjikan.

 6.Sistem Informasi Manajemen 

Jurusan sistem informasi manajemen berbeda dengan jurusan teknologi informasi. Lulusan dari jurusan ini menyediakan lulusan dengan kompetensi yang memadai sebagai project manager, business system analyst, atau software developer. Ini membuat sistem informasi manajemen menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan. Sebagai lulusan sistem informasi, seseorang bisa berkarier sebagai seorang network administrator. Lingkup kerjanya mulai dari penaksiran hal yang dibutuhkan klien tentang sistem informasi, hingga mendesain dan mengembangkan sistem informasi baru serta memasangnya. Kisaran gaji lulusan salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan ini, biasanya berkisar antara Rp 8.000.000 sampai Rp 13.000.000 per bulan di Indonesia. 

7. Marketing 

Sama seperti jurusan kuliah administrasi bisnis, pemasaran memberikan kesempatan berkarir di banyak bidang. Tidak heran jurusan marketing menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan bagi calon mahasiswa. Lulusan jurusan pemasaran biasanya diposisikan sebagai karyawan dalam perusahaan periklanan, atau dalam departemen pemasaran perusahaan bisnis. Lulusan jurusan ini biasanya juga menjabar sebagai Adverstising Manager, Publik Relation Manager, Promotion Manager, Brand Manager, hingga Social Media Manager. Lulusan jurusan marketing dapat menerima gaji yang tinggi, tergantung dengan jenjang karir dan penempatan kerja. Ini yang membuat marketing menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan. 

8. Hukum 

Peluang karier terkait hukum selalu terbuka hingga di masa yang akan datang. Mulai dari sebagai panitera junior, paralegal, penata arsip hukum, pengacara magang, pemeriksa litigasi, koordinator mediasi, hingga konsultan hukum atau advokat. Tidak heran apabila salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan ini cukup diminati calon mahasiswa. Hukum, juga menjadi jurusan kuliah yang bisa melatih seseorang untuk berani dan berpikir kritis. Sebab selama perkuliahan akan dihadapkan pada banyak masalah dan mencari tahu solusinya dalam ranah hukum. 

9. Medis 

Bidang medis menjadi salah satu bidang yang penting untuk kehidupan umat manusia. Profesi di bidang kesehatan ini menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan bagi para calon mahasiswa. Ada berbagai profesi yang dihasilkan jurusan ini, mulai dari dokter umum, dokter spesialis, dokter anastesi, perawat hingga ahli kesehatan. Namun, jangan kaget jika memilih masuk jurusan ini, seseorang harus menempuh studi yang berat dan lama. Sebab, di bidang medis ada bidang pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk mengambil pendidikan profesi setelah lulus kuliah. 

10. Arsitektur 

Jurusan arsitektur kini memiliki banyak peluang karier di industri kreatif. Lulusan jurusan ini, banyak dicari sebagai desainer spasial dan interior, surveyor bangunan, perencanaan wilayah, desainer set di industri hiburan, hingga peninjau bangunan bersejarah.

Demikian tadi ya adek-adek rekomendasi yang bisa dijadikan bahan pertimbangan buat adek-adek semua dalam menentukan pilihan, Ok sukses buat adek-adek semua.

Baca Juga : Wajib Di ketahui, ini 7 Jurusan Kuliah yang Murah dan Menjanjikan

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wajib Tau untuk Calon Mahasiswa 10 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan

Trending Now