Wajib Di ketahui, ini 7 Jurusan Kuliah yang Murah dan Menjanjikan

Wartawan Goes Too Campus
Sabtu, 04 Februari 2023 | Februari 04, 2023 WIB Last Updated 2023-02-04T16:12:25Z

QBeritakan.com - Hallo Adek-adek ketemu lagi ya dengan kakak, nah kali kakak mau infokan buat adek adek Q semua yang sedang bingung untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA, setelah di Postingan Sebelumnya Wajib Tau untuk Calon Mahasiswa 10 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan, nah kali ini kakak akan infokan buat kalian dan Wajib Di ketahui, ini 7 Jurusan Kuliah yang Murah dan Menjanjikan.

 

Jurusan kuliah yang menjanjikan merupakan salah satu faktor penting untuk para calon mahasiswa, ketika mempertimbangkan untuk melanjutkan jenjang pendidikan. Namun, urusan biaya pendidikan juga tidak kalah penting untuk para calon mahasiswa dalam memilih jurusan. Dengan mengetahui jurusan kuliah yang murah dan menjanjikan, para calon mahasiswa dapat mempertimbangkan dimana akan melanjutkan studi. Berikut ini sederet jurusan kuliah yang murah dan menjanjikan untuk para calon mahasiswa, dilansir dari berbagai sumber.

1. Ilmu Sejarah 

Jurusan ilmu sejarah mempelajari segala aspek yang terkait dengan sejarah, misalnya dalam bidang sosial, politik, budaya, hingga militer. Penyuka sejarah akan sangat cocok berkuliah di jurusan ini. 

Peluang kerja pertama yang bisa dilakukan oleh lulusan ilmu sejarah adalah, sebagai sejarawan atau pengamat sejarah. Sejarawan bisa bekerja di perguruan tinggi, di pusat kearsipan, museum, atau bahkan menjadi seorang penulis lepas. Ilmu sejarah menjadi salah satu jurusan kuliah yang murah dan menjanjikan. Nominal gaji yang diterima seorang lulusan ilmu sejarah pun cukup komptetitif. 

Untuk seorang sejarawan bertaraf internasional, gaji yang diterima bisa mencapai Rp 416.000.000. Sedangkan sejarawan di Indonesia, gaji yang didapatkan bisa mencapai belasan juta rupiah. 

Terkait biaya pendidikannya, jurusan ilmu sejarah tidak memakan biaya besar. Sebagai contoh, Universitas Negeri Semarang, yang merupakan salah satu kampus yang memiliki jurusan ilmu sejarah, hanya membebankan uang kuliah sebesar Rp 500.000 per semester dalam sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT).

 

2. Ilmu Perpustakaan 

Jurusan kuliah yang murah dan menjanjikan selanjutnya adalah ilmu perpustakaan. Di jurusan perpustakaan, seseorang akan belajar gimana caranya mengelola perpustakaan dengan benar, mulai dari sistem pengarsipan, penyimpanan buku dan dokumen, juga pengelolaan informasi yang baik supaya bisa memudahkan para pengunjung.

Di jurusan ini, seseorang juga dilatih dalam hal kemampuan manajerial, berpikir sistematis, melakukan analisis, dan problem solving. Selain itu, diajarkan pula mengenai kemampuan dasar teknologi informasi dan komputer, serta untuk bersikap detil, teliti, dan tekun. 

Umumnya, orang-orang berpikir kalau lulusan Ilmu Perpustakaan disiapkan untuk bekerja di bagian perpustakaan. Tapi sebenarnya lembaga informasi, lembaga arsip, lembaga manajemen rekod, dan lembaga dokumentasi juga membutuhkan tenaga ahli bidang kepustakaan, kearsipan, dan pengelolaan informasi. Karena bagi semua instansi, dokumen dan informasi itu merupakan urat nadi kehidupan. 

Tidak heran jika tenaga ahli bidang manajemen arsip, juga pengelola dokumentasi sangat dibutuhkan. Selain pustakawan, dan arsiparis, sederet prospek pekerjaan yang bisa dimasuki oleh jurusan perpustakaan, antara lain menjadi pegawai negeri sipil (PNS), tata usaha atau administrasi, dan market researcher. Kemudian, dapat pula menjadi kurator, data scientist, content writer, research and development, dan system analyst.

Mengutip renesia.com, biaya kuliah ilmu perpustakaan berbeda-beda tergantung dari universitas masing-masing. Di universitas negeri, biasanya biayanya menyesuaikan dengan penghasilan orang tua. Namun, untuk universitas swasta biayanya tergantung dari kebijakan universitas. Secara umum, untuk biaya kuliah ilmu perpustakaan, seseorang harus menyediakan sekitar 3-7 juta per semester dalam sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). 

3. Pendidikan Olahraga 

Jurusan pendidikan olahraga banyak diminati oleh seseorang yang menyukai olahraga. Salah satu pilihan jurusan kuliah yang murah dan menjanjikan ini, akan mengulas pendidikan keolahragaan, mulai dari aturan dan fungsi olahraga, strategi, hingga teknik pengajaran. 

Selain itu, mahasiswa pendidikan olahraga juga mendapatkan metode pelatihan untuk kompetisi, taktik dan strategi, dan metode pengajaran. Mahasiswa pun akan mempelajari hampir seluruh cabang olahraga mulai dari sepak bola, basket, voli, renang, atletik, sampai woodball. 

Jurusan pendidikan olahraga juga memiliki beragam prospek karir, mulai dari atlet, guru olahraga, instruktur olahraga, hingga aparatur sipil negara (ASN). Sebagai jurusan kuliah yang murah dan menjanjikan, nominal gaji yang diterima lulusan pendidikan olahraga cukup beragam sesuai dengan karir yang dipilih. 

Terkait biaya pendidikan, kebanyakan perguruan tinggi negeri saat ini lebih banyak menggunakan sistem UKT. Besaran UKT setiap mahasiswa akan disesuaikan dengan kemampuan finansial mahasiswa dan orang tua mahasiswa tersebut. Umumnya, besaran biaya UKT adalah mulai dari rentang Rp 500.000 hingga Rp 8.000.000. 

4. Teknik Pengairan 

Ini merupakan program studi yang mempelajari ilmu-ilmu teknik sipil dalam perencanaan, desain, pengoperasian, serta pemeliharaan bangunan air yang berkaitan dengan sumber daya air. Misalnya, terkait pembangkit listrik tenaga air (PLTA), bangunan irigasi dan drainase persawahan, perkotaan dan bangunan, serta waduk atau bendungan. 

Lulusan program studi teknik pengairan ini memiliki prospek kerja yang cukup luas. Lulusannya dapat bekerja di instansi pemerintahan dan badan usaha milik negara (BUMN) yang menangani sarana dan prasarana pengelolaan sumber daya air. Misalnya, bekerja di Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Pengairan Daerah, Dinas Pertanian, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), perusahaan konsultan dan kontraktor, dan tenaga pengajar. Salah satu universitas yang memiliki program studi teknik pengairan, dan mendapatkan reputasi bagus, adalah Universitas Brawijaya. 

Di universitas ini, biaya perkuliahan untuk teknik pengairan tidak terlalu besar, yakni mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 7 juta per semester. 

5. Agribisnis 

Jurusan agribisnis adalah program studi yang mempelajari bidang pertanian, beserta bisnis dalam pengelolaan pertanian modern dan industri makanan untuk pengelolan sekala UMKM hingga perusahaan. 

Dengan mengkombinasikan ilmu pertanian dan ekonomi, Jurusan Agribisnis akan mengkaji upaya manusia dalam mengembangkan sumber daya alam dan lingkungan agar lebih berdayaguna dalam pemenuhan kebutuhan hidup, serta bisa menghasilkan produk yang menguntungkan. Prospek kerja lulusan jurusan agribisnis dapat bekerja pada sektor pertanian, perkebunan dan Industri makanan sebagai tenaga ahli atau pemangku keputusan disetiap proses bisnis tentunya di sektor pertanian. 

Rata-rata gaji yang ditawarkan sangat variatif dan kompetitif tentunya. Hal ini sangat bergantung pada pada kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, jabatan, serta area tempat bekerja. Biaya kuliah agribisnis di Indonesia sangat bervariasi. Kebijakan masing-masing universitas bisa mempengaruhi besarnya biaya kuliah untuk semua jurusan, termasuk jurusan agribisnis. 

Namun, secara umum biaya yang dibutuhkan rata-rata adalah Rp 3-6 juta per semester untuk sistem pembayaran UKT. Biaya ini bisa jadi lebih besar atau lebih mahal tergantung kebijakan universitas. 

6. Bahasa dan Sastra 

Jurusan bahasa dan sastra menjadi jurusan kuliah yang murah dan menjanjikan berikutnya. Ini merupakan bidang ilmu yang mempelajari sastra dan bahasa negara-negara di dunia, antara lain Inggris, Jepang, Korea, Cina, Perancis, Belanda, Jerman, Rusia, Arab, dan sebagainya. 

Di jurusan ini, mahasiswa juga akan melakukan kajian terhadap kebudayaan, sejarah, maupun perekonomian negara-negara tersebut. Pengetahuan yang didapatkan dari jurusan bahasa dan sastra, antara lain kemampuan komunikasi lisan, komunikasi tertulis, memahami bacaan, membuat analisis, berpikir kritis dan rasional serta keterampilan interpersonal. 

Pengalih bahasa kerap menjadi pilihan karier bagi lulusan bahasa dan sastra. Selain itu, peluang kerja di perusahaan asing pada berbagai bidang juga terbuka untuk lulusan jurusan ini. Selain itu, lulusan bahasa dan sastra juga dibutuhkan di berbagai lembaga pemerintah, seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Balai Bahasa, Pusat Bahasa, Lembaga Budaya, maupun kantor-kantor pemerintah lainnya. Kantor kedutaan juga menerima lulusan Bahasa dan Sastra, tak hanya Hubungan Internasional. 

Besaran biaya kuliah di jurusan ini berkisar antara Rp 600.000 hingga 5 juta per semester. 

7. Teknologi Bioproses 

Jurusan teknologi bioproses menjadi salah satu jurusan kuliah yang murah dan menjanjikan. Ini adalah bidang studi yang mempelajari tentang pemanfaatan biomassa (mikroorganisme) beserta produknya supaya dapat dipasarkan dalam skala industri. 

Memang tidak banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan ini. Hal ini dikarenakan jurusan ini masih tergolong baru. 

Jurusan ini sampai sekarang masih terbatas dibuka di beberapa universitas besar yang ada di Indonesia. Untuk biayanya, saat ini kebanyakan masih menggunakan sistem UKT. Perkiraan biaya kuliah untuk jurusan ini berkisar antara Rp 3-7 juta per semester. 

Jika masuk melalui jalur SNMPTN, maka cukup untuk membayarkan nominal yang berada di kisaran ini. Namun, jika masuk melalui jalur mandiri, beberapa universitas akan membebankan uang pangkal atau uang gedung, yang nominalnya ditentukan oleh kebijakan universitas.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wajib Di ketahui, ini 7 Jurusan Kuliah yang Murah dan Menjanjikan

Trending Now