Rapat Koordinasi Bentuk Srategi Bersama Upaya Menurunkan Angka Kecelakaan

Wartawan Goes Too Campus
Jumat, 16 Desember 2022 | Desember 16, 2022 WIB Last Updated 2022-12-21T17:11:18Z


QBeritakan.com - Rapat Koordinasi Bentuk Srategi Bersama Upaya Menurunkan Angka Kecelakaan, Bertempat di aula kantor PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat, Forum Komunikasi Lalu Lintas (FKLL) Provinsi Sumatera Barat lakukan rapat koordinasi pada Kamis (15/12).

Rapat koordinasi dihadiri oleh instansi-instansi terkait lalu lintas yang terdiri dari Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Barat, Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat, Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III, dan Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR).

Alwin Bahar Kepala Bagian Operasional Jasa Raharja Cabang Sumatera yang membuka rapat koordinasi tersebut menyampaikan tingginya angka kecelakaan di Sumatera Barat

“Berdasarka nilai santunan yang Jasa Raharja serahkan dalam periode sampai dengan November 2022, santunan bagi korban kecelakaan yang terjamin dalam ruang lingkup Jasa Raharja naik hingga 22,58%. Angka ini sangatlah memprihatinkan”

Dengan korban didominasi laki-laki 67,98%, sebagai pengendara Ranmor Roda 2 sebesar 59,30%, dengan profesi Pelajar dan Mahasiswa sebesar 34,44% dan kelompok umur 25-54 tahun sebesar 34,77%.

Dari rapat koordinasi tersebut terbentuk suatu strategi bersama upaya menurunkan angka kecelakaan yaitu perlu adanya giat penertiban bersama yang dilakukan secara rutin, karena penyebab utama terjadinya kecelakaan adalah ketidak patuhan para pengendara bermotor terhadap aturan-aturan dan tata tertib berlalu lintas.

Perlunya adanya rekayasa lalu lintas di daerah rawan bencana longsor atau banjir, dilakukan pengaturan kendaraan truk container dan truk pekerbunan. Selanjutnya diperlukan himbauan papan atau tanda peringatan rawan kecelakaan di lokasi titik rawan kecelakaan.

“Rapat koordinasi ini akan terus dilakukan untuk memantau progress upaya menurunkan angka kecelakaan, menciptakan Sumatera Barat yang tertib berlalu lintas dan diharapkan seluruh anggota forum dapat melaksanakan kegiatan ini dengan sesuai” tutup Alwin.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rapat Koordinasi Bentuk Srategi Bersama Upaya Menurunkan Angka Kecelakaan

Trending Now