Tips SUKSES PEMUPUKAN TANAMAN MELON LENGKAP, HASIL PANEN MAKSIMAL!

Wartawan Goes Too Campus
Minggu, 28 Januari 2024 | Januari 28, 2024 WIB Last Updated 2024-01-27T18:13:25Z


QBeritakan.com - Salah satu buah dari famili Cucurbitaceae yang populer adalah buah Melon. Rasanya yang manis dan banyak mengandung vitamin dan gizi ini banyak di gemari masyarakat. Buah ini kaya akan vitamin, protein, asam folat, betakaroten, dll.
Dengan begitu banyaknya permintaan akan buah melon, tanaman ini banyak dibudidayakan oleh petani karena memiliki nilai ekonomi cukup menjanjikan. Budidaya tanaman Melon terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Tanaman ini tumbuh optimal di ketinggian 1000 mdpl dengan media tanam yang memiliki kandungan organik yang tinggi.

Salah satu aspek budidaya melon yang perlu Sobat Hextar lakukan adalah pemupukan. Pemupukan bertujuan untuk memenuhi nutrisi tanaman selama pertumbuhan. Pemupukan juga penting jika Sobat meninginginkan tanaman melon yang menghasilkan panen maksimal!.

Terdapat dua fase pemupukan, yaitu pupuk dasar dan pupuk susulan. Berikut rekomendasi pemupukan tanaman melon menggunakan pupuk PT. Hextar Fertilizer Indonesia :

PUPUK DASAR

Tahap awal pemupukan yaitu aplikasi pupuk dasar. Pemberian pupuk dasar bertujuan untuk menyediakan beragam jenis unsur hara diawal pertumbuhan, membantu mempercepat pertumbuhan dan proses pembuahan tanaman.


NPK GOLD DGW 16-10-18 dan HX-DAP adalah pupuk yang dapat Sobat Hextar gunakan sebagai pupuk dasar.

Pupuk NPK GOLD DGW 16-10-18 berbentuk granul dengan kandungan unsur hara Nitrogen 16%, Phospate 10% dan Kalium 18%. Pupuk ini diaplikasikan dengan dosis 200 Kg/Ha secara ditugal atau ditabur merata. Sedangkan pupuk HX-DAP diaplikasikan dengan dosis pemupukan 100 Kg/Ha dengan cara ditaburkan merata.Pupuk ini memiliki kandungan unsur hara Nitrogen 18% dan Phospate 46%.

Kombinasi aplikasi pupuk NPK GOLD DGW 16-10-18 dan HX-DAP sebagai pupuk dasar, mampu merangsang pertumbuhan awal tanaman melon.

PEMUPUKAN TANAMAN UMUR 0 HST- 15 HST
Perkembangan vegetatif adalah fase awal pertumbuhan yang penting bagi tanaman melon. Di fase ini mulai terbentuk akar, batang dan daun. Untuk menunjang pertumbuhan tersebut, dibutuhkan unsur hara N, P, dan K dalam jumlah yang banyak agar pertumbuhan optimal.

Pemupukan di fase vegetatif menggunakan pupuk NPK COMPACTION DGW 15-15-15+TE dan HX-AS

Pupuk NPK COMPACTION DGW 15-15-15+TE adalah pupuk berbentul granular berwarna hijau yang diproduksi dengan teknologi compaction compound. Pupuk ini dilengkapi dengan unsur hara makro dan mikro yaitu Nitrogen, Phospate dan Kalium masing-masing sebesar 15%, Magnesium 2%, Zinc 1% dan Boron 0,5%. NPK COMPACTIONDGW 15-15-15+TE diaplikasikan dengan dosis pemupukan 200 Kg/Ha dengan cara ditugal atau ditaburkan merata.

Manfaat menggunakan pupuk NPK COMPACTION DGW 15-15-15+TE pada tanaman melon yaitu mampu membentuk pertumbuhan vegetatif tanaman lebih baik, daun tanaman lebih hijau dan terbentuknya hormon pertumbuhan tanaman.

HX-AS merupakan pupuk tunggal ZA yang mengandung unsur hara Nitrogen 21% dan Sulfur 24%. Pupuk ini diaplikasikan dengan dosis pemupukan 100 Kg/Ha dengan cara ditaburkan merata. Manfaat pemupukan HX-AS pada tanaman melon, mampu meningkatkan kualitas mutu seperti aroma dan citarasa tanaman melon yang dihasilkan.

PEMUPUKAN TANAMAN UMUR 20 HST- 45 HST
Unsur Kalium dan Phosphate adalah unsur penting yang dibutukan tanaman di fase pertumbuhan generatif pembentukan bunga dan buah. Kedua unsur tersebut dapat Sobat Hextar dapatkan dengan mengaplikasikan pupuk NPK BOOSTER DGW 12-6-22-3+TE, HX-MROPH dan KNO3 Prill.

Pupuk NPK BOOSTER DGW 12-6-22-3+TE diperkaya dengan unsur hara Nitrogen 12%, Phospste 6%, Kalium 22%, Magnesium 3%, Zinc 0.05% dan Boron 0.1%. Pupuk ini diaplikasikan dengan dosis pemupukan 200 Kg/Ha dengan cara ditugal atau dikocorkan (2-4 Kg/200 L air). Karena kandungan unsur hara Kalium yang tinggi di dalam pupuk ini, mampu menghasilkan buah melon dengan hasil dan kualitas panen yang lebih baik serta buah lebih tahan disimpan.

Pupuk HX-MROPH diaplikasikan dengan dosis 50 Kg/Ha dengan cara ditaburkan merata. Pupuk ini kaya akan kandungan Kalium sebesar 60%. Sama halnya dengan pupuk NPK BOOSTER DGW 12-6-22-3+TE, pupuk ini mampu meningkatkan kualitas panen tanaman melon. Pupuk HX-MROPH mampu meningkatkan kekuatan tanaman sehingga lebih toleran terhadap gangguan hama penyakit dan kekurangan air.

Selanjutnya pupuk KNO3 Prill diaplikasikan dengan dosis pemupukan 25 Kg/Ha. Pupuk ini dapat diaplikasikan dengan dua cara yaitu dengan cara ditaburkan merata atau dikocorkan (2-3 Kg/200 L air). KNO3 Prill diperkaya dengan kandungan Nitrogen 13% dan Kalium 46% yang mampu merangsang pembungaan serta pembuahan tanaman melon.

APLIKASI PUPUK DAUN
Selain aplikasi pupuk dasar dan pupuk susulan, aplikasi pupuk daun juga tak kalah penting Sobat. Aplikasi pupuk daun bertujuan agar unsur hara dapat diserap lebih cepat oleh tanaman sehingga pertumbuhannya dapat optimal.

Produk kami yang dapat Sobat gunakan sebagai pupuk daun, diantaranya pupuk HX-MKP dan KNO3 Crystal.

HX-MKP dilengkapi dengan unsur hara Phospate 50% dan Kalium 35%. Pupuk ini diaplikasikan dengan dosis 2-4 gram/L dengan cara disemprotkan atau dikocorkan pada saat tanaman berumur 20 HST. Pupuk ini diaplikasikan pada saat tanaman berumur 20 HST. Pupuk ini mampu meningatkan kualitas serta citarasa tanaman melon.

Selanjutnya pupuk KNO3 Crystal diaplikasikan dengan dosis 25 Kg/Ha dengan cara disemprotkan ( 2-3 Kg/L air) atau dengan cara dikocorkan (2-3 Kg/200 L air ). Pupuk diaplikasikan pada saat tanaman berumur 45 HST – 60 HST. Pupuk KNO3 Crystal memiliki kandungan Nitrogen 13% dan Kalium 46%. Pupuk daun ini mampu mempercepat proses pembungaan tanaman serta mampu meningkatkan bobot hasil tanaman melon.

APLIKASI SURFAKTAN

Wetcit merupakan surfaktan superior dengan kombinasi bahan aktif yang unik sehingga mampu menurunkan tegangan permukaan air, menghasilkan mikro droplet yang mampu meratakan, merekatkan dan menembus pestisida atau pupuk daun ke dalam jaringan tanaman.

Wetcitdiaplikasikan pada saat tanaman berumur 7 HST – 70 HST dengan dosis 0,5 ml/L – 1 ml/L dengan cara disemprotkan ke tanaman melon.

Demikian artikel mengenai pemupukan tanaman melon, semoga bermanfaat dan dapat membantu Sobat Hextar sekalian.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tips SUKSES PEMUPUKAN TANAMAN MELON LENGKAP, HASIL PANEN MAKSIMAL!

Trending Now