Martin Scorsese Terima Nominasi Oscar untuk Ke-10 Kali, Kalahkan Steven Spielberg

Wartawan Goes Too Campus
Jumat, 26 Januari 2024 | Januari 26, 2024 WIB Last Updated 2024-01-25T17:40:44Z


QBeritakan.com - Martin Scorsese mencatat prestasi luar biasa dengan mendapatkan nominasi Sutradara Terbaik pada Oscar 2024 untuk film terbarunya, Killers of the Flower Moon.

Pencapaian itu menjadikan Scorsese sebagai sutradara yang masih hidup dengan jumlah nominasi terbanyak, yaitu sepuluh nominasi, mengungguli Steven Spielberg yang saat ini memiliki sembilan nominasi, seperti dilansir The Hollywood Reporter, Selasa (23/1).

Meski Scorsese hanya memenangi kategori ini sekali, yakni untuk film The Departed pada tahun 2006, tapi keberhasilannya dalam meraih nominasi merupakan bukti ketangguhannya dalam industri perfilman.

Spielberg, dengan sembilan nominasi dan dua kemenangan, kini berada di bawah Scorsese dalam jumlah nominasi Sutradara Terbaik. Hanya mendiang sutradara William Wyler yang masih memegang rekor tertinggi dengan 12 nominasi dan tiga kemenangan, salah satunya untuk film legendaris Ben-Hur pada 1959.

Dalam persaingan tahun ini, Scorsese bersaing dengan nama-nama besar seperti Justine Triet untuk Anatomy of a Fall, Christopher Nolan untuk Oppenheimer, Yorgos Lanthimos untuk Poor Things, dan Jonathan Glazer untuk Zone of Interest.

Meski demikian, kejutan terjadi dengan absennya Greta Gerwig dari daftar nominasi, padahal namanya makin populer berkat mengarahkan Barbie.

Film Killers of the Flower Moon tidak hanya mendapat nominasi untuk Sutradara Terbaik. Karya Scorsese itu juga masuk dalam kategori Film Terbaik, menunjukkan kualitas luar biasa yang dihadirkan oleh Scorsese. Selain itu, penampilan Lily Gladstone dan Robert De Niro dalam film tersebut juga mendapat pengakuan melalui nominasi yang diterima.

Pencapaian Scorsese dalam jumlah nominasi ini mengukuhkan posisinya sebagai salah satu sutradara paling berpengaruh dan dihormati dalam sejarah perfilman.

Dengan karyanya yang konsisten memberikan dampak besar dalam dunia film, Scorsese terus membuktikan keunggulannya dan menjadi inspirasi bagi banyak generasi pembuat film yang akan datang.

Sc : The Hollywood Reporter

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Martin Scorsese Terima Nominasi Oscar untuk Ke-10 Kali, Kalahkan Steven Spielberg

Trending Now