Tegas Anies Hukum Sebagai Alat untuk Capai Tujuan Bernegara

Wartawan Goes Too Campus
Rabu, 13 Desember 2023 | Desember 13, 2023 WIB Last Updated 2023-12-13T04:50:13Z


QBeritakan.com - Capres nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan mengatakan bahwa hukum alat mencapai tujuan bernegara bukan pribadi penguasa. Hal itu disampaikan saat pidato debat perdana Pilpres 2024 di Halaman Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

"Hukum adalah alat untuk mencapai tujuan bernegara, bukan tujuan pribadi penguasa. Ketika prinsip ini tidak dipahami, tidak dijadikan rujukan utama, dan tidak dipegang erat oleh pemimpin tertinggi, maka produk hukum yang dihasilkan dan praktik hukum yang berjalan akan menjadi tidak adil, tidak bermanfaat, dan tidak memberikan kepastian," kata Anies.

Anies pun menegaskan tidak akan melanjutkan hukum yang bengkok untuk kepentingan penguasa. Ia berkomitmen untuk mengubah hukum di Indonesia jika terpilih.

"Apa ini yang mau dilanjutkan? Tidak! Ini yang harus kita ubah. Ini adalah hukum di Indonesia. Yang dengan mudah dibengkokkan untuk kepentingan penguasa. Menghasilkan deretan produk hukum yang bermasalah, dengan proses yang bermasalah pula," ujarnya.


Sebagai informasi, Anies dalam debat perdana didampingi Cawapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan simpatisan yang hadir. Diketahui Debat Pilpres 2024 perdana membahas sejumlah topik diantaranya Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tegas Anies Hukum Sebagai Alat untuk Capai Tujuan Bernegara

Trending Now