Naas Seorang Pemotor Tewas Tertimpa Longsor di Koto Laweh Tanah Datar

Wartawan Goes Too Campus
Selasa, 19 Desember 2023 | Desember 19, 2023 WIB Last Updated 2023-12-19T13:37:06Z


QBeritakan.com - Seorang pemotor tewas tertimpa longsor di Koto Laweh, Kabupaten Tanah Datar.

Peristiwa longsor itu tepatnya di Koto Laweh, Nagari Tanjung Alam, Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada Senin, 18 Desember 2023 pukul 09.00 Wib.

Kejadian longsor yang menelan korban jiwa ini merupakan longsor susulan pasca longsor pertama pada pukul 07.00 Wib.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tanah Datar, Doni menjelaskan, kronologi longsor berawal dengan turunnya hujan intensitas tinggi di wilayah Tanah Datar sejak Minggu, 17 Desember 2023 sore hingga Senin, 18 Desember 2023.

Doni menyebutkan, hujan mengakibatkan beberapa pohon tumbang dan longsor dari tebing di pinggir jalan nasional penghubung Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam.

Lebih lanjut, kata Doni, saat tim gabungan dan masyarakat setempat melakukan gotong royong pembersihan longsor, terjadi longsor susulan. Hal ini menyebabkan seorang pemotor yang sedang menepi tertimbun longsor.

"Jadi waktu tim gabungan bersama masyarakat sedang melakukan pembersihan, tiba-tiba terjadi longsor lagi di titik berbeda, sekitar 20 meter dari lokasi longsor pertama. Longsoran kedua ini yang mengakibatkan korban jiwa," katanya dilansir dari laman resmi BNPB, Selasa, 19 Desember 2023.

Laporan terkini oleh BPBD Kabupaten Tanah Datar, pada Selasa, 19 Desember 2023 area longsor di Nagari Tanjung Alam telah selesai dibersihkan.

Upaya pembersihan berlangsung cepat dengan bantuan alat berat dari pemerintah provinsi Sumatra Barat dan Dinas Kebakaran Kabupaten Tanah Datar. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Naas Seorang Pemotor Tewas Tertimpa Longsor di Koto Laweh Tanah Datar

Trending Now