Masih Berlanjut Erupsi Gunung Marapi, Kini Banjir Lahar Dingin Terjang Desa Terindah di Tanah Datar

QBeritakan.com
Rabu, 06 Desember 2023 | Desember 06, 2023 WIB Last Updated 2023-12-06T04:46:47Z



QBeritakan.com - Belum usai erupsi Gunung Marapi, kini banjir lahar dingin terjang Desa Terindah di Tanah Datar pada Selasa malam, 5 Desember 2023.

Peristiwa itu tepatnya terjadi di Nagari Pariangan yang merupakan Desa Terindah di Dunia yang berada di Kabupaten Tanah Datar.

Aliran sungai di Pariangan itu berhulu di Gunung Marapi yang meletus pada Minggu, 3 Desember 2023.

"Banjir lahar dingin menerjang lokasi pemandian air panas di kawasan Masjid Ishlah, Nagari Pariangan," kata Bupati Tanah Datar, Eka Putra, Rabu, 6 Desember 2023.

Eka mengimbau warga setempat untuk tidak panik berlebihan dan tetap mendengarkan instruksi dari yang pihak terkait.

"Tolong jangan termakan isu, apalagi isu yang membuat masyarakat panik," katanya.

Tidak hanya di Nagari Pariangan, kata Eka, banjir lahar dingin  juga menerjang di Nagari Batubasa, Kecamatan Pariangan yang terdampak pada masjid dan rumah warga di Jorong Sialahan.

"Sedangkan di Kawasan Koto Baranjak, Nagari Baringin, Kecamatan Limo Kaum, banjir lahar dingin menyebabkan jembatan terban di kedua sisinya dan tidak bisa dilalui mobil bertonase besar," katanya.

Dari video yang ramai beredar di media sosial, tampak debit air sangat deras di Batang Air Sigarungguang Nagari Baringin dan Batang Air Lona, Nagari Parambahan pada malam hari.

Warga yang ada di sekitar tampak keluar memastikan kondisi banjir tersebut. Lantaran khawatir terhadap permukimannya. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Masih Berlanjut Erupsi Gunung Marapi, Kini Banjir Lahar Dingin Terjang Desa Terindah di Tanah Datar

Trending Now