Jelang Nataru, Kemenkes Imbau Masyarakat Lengkapi Vaksinasi Demi Antisipasi Covid-19

Wartawan Goes Too Campus
Sabtu, 16 Desember 2023 | Desember 16, 2023 WIB Last Updated 2023-12-16T02:16:08Z


QBeritakan.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI merekomendasikan masyarakat untuk melengkapi vaksinasi Covid-19 di tengah lonjakan kasus di berbagai negara seperti Singapura. Selain itu, vaksinasi juga penting sebagai antisipasi lonjakan jelang libur panjang Nataru.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampung, dr. Josi Harnos mengatakan bahwa peningkatan kasus Covid-19 perlu diwaspadai menjelaang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Sebab, libur panjang kerap menyebabkan mobilitas masyarakat semakin tinggi.

"Terkait hal ini, Kementerian Kesehatan mengeluarkan surat edaran tentang Kewaspadaan Terhadap Lonjakan Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri," kata dia saat dihubungi lampost.co pada Jumat, 15 Desember 2023.

Dalam surat edaran tersebut pelaku perjalanan luar negeri mempunyai risiko tertular Covid-19 akibat interaksi dengan orang lain dari berbagai negara. Apalagi terjadi peningkatan kasus di sejumlah negara Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, dan Filipina.

Untuk itu, Josi menegaskan setiap orang perlu mempunyai kekebalan yang cukup untuk melakukan perjalanan sehingga tidak tertular, dan menjadi sumber penularan selama perjalanan dan ketika kembali ke tanah air.

”Sehingga sangat direkomendasikan untuk segera melengkapi vaksinasi Covid-19 baik dosis primer maupun booster sesuai ketentuan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan perlu ada upaya agar tingkat imunitas masyarakat tetap tinggi dengan memastikan tersedianya pelayanan vaksinasi Covid-19.

”Kepala dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota diminta untuk memastikan semua puskesmas dan fasyankes lainnya yang berada di wilayah kerjanya tetap memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19,” kata dia dikutip lampost.co dari laman resmi Kemenkes RI.

Pemerintah daerah juga diminta untuk menjamin ketersediaan vaksin dan logistik lainnya. Pemerintah daerah juga memastikan masyarakat mendapatkan informasi dengan baik mengenai lokasi mendapatkan layanan vaksinasi Covid-19.

Sebagai langkah pencegahan, berikut sejumlah antisipasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat, yakni:

1. Masyarakat yang batuk flu segera lakukan tes Covid-19. Jika hasilnya positif lakukan isolasi mandiri dan akses telemedisin setelah mendapatkan notifikasi dari Kemenkes.

2. Gunakan masker saat sakit flu atau saat berada di kerumunan atau tempat umum yang berisiko.

3. Lakukan cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir.

4. Lengkapi vaksinasi sampai booster kedua.

5. Tunda bepergian ke daerah yang melaporkan lonjakan kasus Covid-19. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelang Nataru, Kemenkes Imbau Masyarakat Lengkapi Vaksinasi Demi Antisipasi Covid-19

Trending Now