Gaji Karyawan PTDI Dicicil hingga Dikurangi Ini dia 4 Fakta

Wartawan Goes Too Campus
Sabtu, 23 Desember 2023 | Desember 23, 2023 WIB Last Updated 2023-12-23T00:19:03Z


QBeritakan.com - PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI ternyata mengalami permasalahan dalam menggaji karyawannya. Kabarnya dari pihak PTDI membayar gaji karyawan dengan cara dicicil. Ternyata hal ini sudah terjadi mulai dari bulan November 2023.

PTDI melakukan ini alasannya karena perusahaan sedang mengalami kendala dalam pendapatan. Meskipun dalam proses penggajian karyawan dicicil, pihak perusahaan PTDI juga harus menunda pelunasannya.

Dikutip dari Okezone pada, Sabtu (23/12/2023) berikut sederet fakta gaji karyawan PTDI dicicil hingga isu pengurangan gaji.

1.Alasan Gaji Karyawan dicicil

Soal keterlambatan pembayaran modernisasi Pesawat C130 TNI AU dan pengadaan Pesawat CN235 TNI AD ternyata diklaim menjadi salah satu penyebab gaji karyawan PTDI dicicil. Padahal kontrak modernisasi dan pengadaan pesawat tersebut sudah ditandatangani beberapa waktu lalu. Bahkan proses pembayarannya terlambat dan ditargetkan dapat diserahkan pemerintah kepada PTDI pada Desember 2023 hingga Januari 2024.

2.Pengakuan Erick Thohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku sebab utama PTDI harus mencicil gaji karyawan bulan November 2023 lalu karena persoalan anggaran perusahaan, termasuk adanya perkara pembayaran dari customer yang belum masuk. Meski begitu, dia memastikan tidak ada pemotongan atau pemangkasan gaji karyawan. Pemegang saham pun akan segera memanggil Dewan Direksi PTDI agar segera menyelesaikan masalah tersebut.

“Pak Tiko lapor, ini makanya tanya Direksi-nya, nanti kita panggil kesini. Permasalahan gaji PTDI, ini saya laporan dari mereka loh ya, jadi itu jelas tidak ada pemotongan,” ucap Erick saat sesi diskusi dengan wartawan, Jakarta Pusat, Selasa (19/12/2023).

“Dan sudah dibicarakan akan dibayar bertahap karena mereka ada cash miss. Ada pembayaran yang nggak masuk tepat waktu. Jadi bukannya dipotong atau segala, tapi mereka sudah bicara emang bertahap dan sudah bicara dengan daripada perwakilan karyawan,” lanjut Erick.

3.Isu Pengurangan Gaji

Sekretaris Perusahaan PTDI Gemma Grimald mengatakan, bahwa permasalahan gaji karyawan ini sudah diantisipasi dan dikomunikasikan antara manajemen dan perwakilan karyawan. Sehingga, proses pembayaran dilakukan secara bertahap dan tidak ada pengurangan gaji untuk karyawan.

“Sebenarnya permasalahan gaji ini sudah diantisipasi dan dikomunikasikan, serta dibahas bersama dengan perwakilan karyawan. Oleh karenanya, maka sampai dengan saat ini gaji karyawan tidak pernah dipotong (dikurangi) pembayarannya, hanya saja dibayarkan secara bertahap,” ujar Gemma Grimald saat dikonfirmasi wartawan, Senin (18/12/2023).

4.Surat Edaran yang Dikeluarkan PTDI

PTDI juga ternyata mengeluarkan surat edaran tentang kebijakan untuk mencicil gaji karyawan. Surat tersebut bernomor SE/028/030.02/KU 0000/PTD/12/2023 tentang Kekurangan Pembayaran Gaji Bulan November 2023.

"Kekurangan pembayaran gaji bulan November 2023 akan dibayarkan selambat - lambatnya pada hari Jumat tanggal 22 Desember 2023," bunyi surat tersebut.

Dalam surat ini dijelaskan juga bahwa penjualan persediaan material ternyata tidak terpakai (dead stock) dan penerimaan uang muka dari customer yang dialokasikan sebagai sumber pembayaran gaji sampai saat ini masih dalam proses. Sehingga, pada hari Jumat, tanggal 15 Desember 2023, yang direncanakan akan dilakukan pelunasan pembayaran gaji bulan November 2023 dengan sangat terpaksa baru bisa dibayarkan maksimal Rp 1 juta untuk masing-masing karyawan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gaji Karyawan PTDI Dicicil hingga Dikurangi Ini dia 4 Fakta

Trending Now