Bikin Resah Warga Malampah Barat Tigo Nagari Pasaman Akibat Kemunculan Harimau, Satu Petani Nyaris Jadi Korban

Wartawan Goes Too Campus
Kamis, 28 Desember 2023 | Desember 28, 2023 WIB Last Updated 2023-12-27T17:16:30Z


QBeritakan.com - Kemunculan harimau bikin resah warga Malampah Barat Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, satu petani nyaris jadi korban.

Video amatir warga yang merekam seekor harimau Sumatera berukuran besar memasuki lahan perkebunan sawit di daerah Binjai dan Malampah Barat, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman pada 18 Desember 2023 beredar di media sosial.

Video ini diambil warga saat berada di sebuah pondok di kawasan perkebunan sawit di daerah Binjai. Tampak seekor harimau masuk dan berkeliling di seputaran lahan sawit.

Pasca kejadian itu, keresahan kini menghinggap karena berselang seminggu kemudian atau Minggu kemarin seekor harimau Sumatera kembali muncul dan masuk ke lahan perkebunan sawit milik warga di Nagari Malampah Barat. Bahkan seorang petani yang sedang bekerja di ladang hampir menjadi korban. 

Beruntung setelah mendapatkan laporan Pemerintah Nagari bersama TNI Polri dan masyarakat bersama TNI Polri berhasil mengevakuasia petani tersebut dalam keadaan selamat. Harimau yang masuk ke perkebunan sawit meninggalkan jejak kaki dan sudah menjauh dari lahan pertanian.

Namun saat ini pihak BKSDA Sumbar masih melakukan penanganan lebih lanjut terkait kemunculan dua ekor harimau Sumatera yang memasuki lahan perkebunan sawit tersebut.

Wali Nagari Malampah Barat, Yuni Efendi mengimbau, warga untuk tidak pergi ke perkebunan dahulu menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Rutinitas beliau sehari-hari biasanya memang berdiam di sana bermalaman di kebun demi menyelamatkan pertanian. Ketika itu pada sore tersebut ada penampakan harimau ataupun inyiak balang ketika beliau setelah memasukkan hewan ternaknya atau ayam ke dalam kandang dan mau naik ke pondok," katanya, Rabu, 27 Desember 2023.

Namun di pondoknya pada tangga pertama, kata Yuni Efendi, terdengar suara di belakang rupanya suara inyiak ataupun Harimau. Beliau Bapak Anto ini menaiki pondoknya dan langsung panik dan stres dan juga sempat menelepon warga dan keluarga di kampung untuk meminta pertolongan.

"Masyarakat dan pihak keluarga juga menyampaikan laporan kepada kami. Sebagai pemerintah Nagari langsung kami ke lokasi dan di sana juga kami juga saling berkomunikasi dengan pihak Perkabinca, Pak Camat, kapolsek serta tokoh pemuda masyarakat di kampung tersebut," katanya. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bikin Resah Warga Malampah Barat Tigo Nagari Pasaman Akibat Kemunculan Harimau, Satu Petani Nyaris Jadi Korban

Trending Now