Tingkatkan Gizi Siswa, Ketua Forikan Ny. Genny Hendri Septa Lakukan Kegiatan Genius Bagi Murid di 3 SDN di Padang

QBeritakan.com
Selasa, 03 Oktober 2023 | Oktober 03, 2023 WIB Last Updated 2023-10-03T09:23:29Z



QBeritakan.com - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Keluarga (TP-PKK) Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa yang juga selaku Ketua Forum Peningkatan Kosumsi Ikan (Forikan) Kota Padang, melakukan kegiatan Gerakan Edukasi dan Pemberian Makanan Tambahan pada Siswa (Genius) bagi peserta didik di 3 (tiga) SDN di Kota Padang.

Sebagaimana diketahui, tiga SDN yang menerima bantuan kegiatan tersebut diantaranya adalah SDN 32 Pemancungan, SDN 23 Ranah dan SDN 29 Pebayan Penggalangan.

Istri Wali Kota Padang itu pun memulai kegiatan dengan menyerahkan Baju Kaos Genius kepada perwakilan peserta didik dari 3 SDN tersebut di SDN  32 Pemancungan, Kelurahan Pasa Gadang, Kecamatan Padang Selatan, Senin (2/10/2023) pagi.

Juga hadir saat itu Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Alfiadi beserta jajaran, Pengawas Pembina Wilayah I dan II Kecamatan Padang Selatan serta tiga Kepala SDN penerima bantuan beserta para majelis guru.

"Alhamdulillah, saya bersyukur dan sangat senang sekali kali ini menyerahkan bantuan baju kaos Genius bagi para murid di tiga SDN di Kota Padang. Kita tentu berharap, pelaksanaan kegiatan bantuan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar sampai akhir pelaksanaan," harap Ny. Genny yang disambut antusias guru dan murid saat itu.

Selanjutnya Ketua Forikan Kota Padang tersebut juga menilai Genius merupakan gerakan yang sangat penting karena mencakup dua kegiatan utama. 

Diantaranya yakni pemberian edukasi pangan dan gizi bagi siswa dan orang tua. Selanjutnya pemberian kudapan pangan bergizi untuk siswa yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pangan bergizi serta mempertahankan dan meningkatkan status gizi siswa sekolah dasar guna mendukung Generasi Emas 2045.

"Edukasi pangan dan gizi merupakan upaya penting dalam meningkatkan pengetahuan tentang triguna makanan, pentingnya sarapan dan kudapan sehat, serta cara bijak mengonsumsi pangan (stop boros pangan) dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)."

"Alhamdulillah, Kota Padang masuk di dalam 50 kabupaten/kota dari 10 provinsi di Indonesia yang menerima bantuan Genius di tahun ini. Semoga dengan adanya kegiatan tersebut siswa kita akan mempunyai sikap dan perilaku yang positif serta mengalami peningkatan bagi gizi mereka," tukasnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Alfiadi menyebutkan, dalam pelaksanaan kegiatan Genius ini Bapanas bekerjasama dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI), dimana untuk Kota Padang adalah dengan Program Studi (Prodi) Gizi Universitas Andalas.

Dalam kegiatan ini sebutnya, dilakukan pemberian kudapan pangan bergizi berbahan dasar sumber protein hewani berupa telur, susu dan protein hewani lainnya seperti ayam dan ikan.

"Pemberian kudapan pangan bergizi ini akan dilakukan nanti dengan makan bersama di sekolah selama 10 kali dalam sebulan dengan waktu dua bulan pelaksanaan. Untuk di SDN 32 Pemancungan menyasar sebanyak 217 murid, SDN 23 Ranah 103 murid dan di SDN 29 Pebayan Penggalangan sebanyak 180 murid. Insya Allah minggu depan semoga hal ini dapat dilaksanakan," ujar Alfiadi. (Dv/Prokopim Pdg)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Gizi Siswa, Ketua Forikan Ny. Genny Hendri Septa Lakukan Kegiatan Genius Bagi Murid di 3 SDN di Padang

Trending Now