Lampung Utara, Tercatat 65 Kebakaran Melanda Sepanjang Tahun 2023

QBeritakan.com
Minggu, 29 Oktober 2023 | Oktober 29, 2023 WIB Last Updated 2023-10-29T07:34:27Z



QBeritakan.com - Dinas Pemadam Kebakaran dan Pelayanan (DPKP) Lampung Utara mencatat ada 65 peristiwa kebakaran yang terjadi di wilayahnya selama periode Januari-Oktober 2023. Meski tak menimbulkan korban jiwa, puluhan kebakaran itu menyebabkan kerugian ratusan juta rupiah.

Kepala DPKP Lampung Utara, Maspardan mengatakan puluhan catatan kebakaran itu terdiri dari pokok terbakar rumah, lahan, hingga bangunan kosong. Salah satu pemicu banyaknya kebakaran di wilayahnya yakni kemarau panjang.

"Musim kemarau mengakibatkan banyaknya lahan mengalami kekeringan dan memicu kebakaran," kata dia saat dikonfirmasi Lampost.co pada Sabtu, 28 Oktober 2023.

Brdasarkan catatan DPKP Lampung Utara, kebakaran terakhir menimpa dua rumah di Jalan Darma Bhakti, Lingkungan (Lk) VII, Kelurahan Bukit Kemuning, Kecamatan Bukitkemuning. Dua rumah itu ludes terbakar hingga menimbulkan kerugian Rp150 juta.

"DPKP Lampura menerima informasi pada Jumat, 27 Oktober 2023 malam, sekira pukul 22.15 WIB. Kami menurunkan 2 unit mobil damkar untuk memadamkan api," kata Maspardan.

Akibat peristiwa itu, dua rumah yang diketahui milik Janwir (50) dan Bambang (50) ludes terbakar. Barang berharga yang ada di dalam rumah juga turut dilalap si jago merah.

Sementara mengenai penyebab kebakaran saat ini masih dalam penyelidikan kepolisian. DPKP Lampung Utara mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati saat musim kemarau, pastikan kompor dan listrik dalam keadaan aman sebelum meninggalkan rumah.

"Untuk penyebab sendiri, sedang didalami oleh pihak berwajib," pungkasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lampung Utara, Tercatat 65 Kebakaran Melanda Sepanjang Tahun 2023

Trending Now