Desa Wisata Kubu Gadang Makin Ramai Dikunjungi Setelah Menangi ADWI

QBeritakan.com
Sabtu, 07 Oktober 2023 | Oktober 07, 2023 WIB Last Updated 2023-10-07T01:51:54Z



QBeritakan.com - Seiring dengan ditetapkannya sebagai Desa Wisata Kategori Maju dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) oleh Kemenparekraf pada Agustus lalu, Desa Wisata Kubu Gadang semakin sering dikunjungi masyarakat luar Padang Panjang.

Seperti kemarin, desa wisata yang berada di Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) itu, dikunjungi rombongan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau dan rombongan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

Pengelola Desa Wisata Kubu Gadang, Yuliza Zein kepada Kominfo, menyatakan, kunjungan ke Kubu Gadang saat ini sudah mulai banyak lagi dan hampir tiap minggu ada kegiatan di sana.

"Rombongan Pemkab Indragiri Hulu adakan kegiatan selama dua hari satu malam. Mereka kami suguhkan dengan acara penyambutan, makan bajamba, silek lanyah, dan wisata edukasi," ujarnya, dikutip dari laman Kominfo Padang Panjang, Jumat (6/10/2023).

Mereka, tambah Liza, juga diberikan pembelajaran oleh narasumber mengenai strategi pengembangan desa wisata melalui Pokdarwis. Serta materi Pengelolaan Desa Wisata melalui Bumdes oleh Septiadi Kurniawan yang merupakan Direktur Bumnag Ulakan Tapakis.

“Sedangkan rombongan PMM, melakukan kegiatan modul Nusantara Kebhinekaan selama sehari di Kubu Gadang,” ungkapnya.

Mahasiswa ini melakukan beberapa kegiatan di antaranya belajar randai, belajar tanam padi dan diskusi budaya dan aktivitas budaya yang ada di Kubu Gadang. Kegiatan ini juga diikuti mahasiswa dari luar negeri yang kuliah di Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang.

"Ini sungguh hal yang luar biasa bagi kami. Semoga ke depan akan terus berlanjut dan semakin banyak lagi kunjungan ke Kubu Gadang," harapnya. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Desa Wisata Kubu Gadang Makin Ramai Dikunjungi Setelah Menangi ADWI

Trending Now