Dari Bekasi ke Medan dan Pekanbaru Truk Ekspedisi Diduga Mengangkut Mobil Berplat Palsu

Prasetyo Budi
Sabtu, 14 Oktober 2023 | Oktober 14, 2023 WIB Last Updated 2023-10-14T03:20:46Z



QBeritakan.com - Truk ekspedisi berpelat W 90 48 U diduga membawa mobil dengan dokumen palsu. Angkutan itu membawa lima unit mobil yang akan dikirim dari Bekasi ke Medan dan Pekanbaru.

Truk ekspedisi itu dihentikan pemilik mobil yang berada di atas truk tersebut. Penghadangan itu bersama komunitas Buser Rental Nasional (BRN) di rest area Tol Terbanggibesar KM 163.

Pengusaha rental Mobil Jaka, mengatakan mobilnya berada di truk ekspedisi tersebut. Namun, ternyata plat yang terpasang palsu. Hal itu terlihat setelah sopir ekspedisi memperlihatkan dokumen mobil yang berbeda dari aslinya.

Plat mobil aslinya BE 2412 TIW diganti menjadi NE 2173 PKN. "Kami yakin ini mobil saya karena nomor rangkanya sama dengan dokumen yang saya punya. Hanya saja plat mobilnya berubah," katanya. 

Ia mengatakan awalnya ada seorang konsumen di Jakarta yang merental mobil untuk keperluan pekerjaan pada Juli 2023. Namun, GPS mobil mati di Pelabuhan Merak dan nomor ponsel konsumen tidak aktif pada Sabtu malam, 26 Agustus 2023.

Untuk itu, dia bersama komunitasnya mencari mobil yang diduga akan dibawa kabur. Pencarian dengan menunggu di Pelabuhan Bakauheni, pada Minggu, 27 Agustus 2023. "Kami tungguin, mobil eaya gak lewat-lewat, hanya ada truk ekspedisi sehingga langsung kami ikuti," katanya. 

Setelah di rest area KM 163, dia langsung menghentikan truk tersebut dan bertanya secara baik-baik kepada sopir. Sopir ekspedisi memperlihatkan fotocopy surat-surat mobil dan ternyata beda plat.

"Kami cek kerangka mobil dan sebagainya ternyata mobil saya. Kami langsung minta bawa ke Polda Lampung untuk pengamanan dan diusut," katanya. 

Sementara itu, sopir truk ekspedisi yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, mobil-mobil tersebut akan dibawa ke Medan dan Pekanbaru. "Saya bawa dari kantor di Bekasi mau dikirim ke Medan dan Pekanbaru," katanya. 

Untuk saat ini, truk tersebut diamankan di Mapolda Lampung untuk dilaporkan ke SPKT. 

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah Astutik, mengatakan belum mengetahui informasi tersebut. "Saya belum mendapatkan informasi ini, nanti akan saya cek," katanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dari Bekasi ke Medan dan Pekanbaru Truk Ekspedisi Diduga Mengangkut Mobil Berplat Palsu

Trending Now