Filosofi dan Gambaran Hidup Yang Bisa kita Ambil dari Layang - Layang

Prasetyo Budi
Selasa, 12 September 2023 | September 12, 2023 WIB Last Updated 2023-09-11T17:56:51Z



QBeritakan.com - Filosofi bermain layang- layang bercerita tentang banyak hal. Meskipun sudah tidak lagi bermain layang- layang, kita mungkin bisa membayangkan perasaan mengharu biru saat memainkan permainan yang satu ini.

Seru, bahagia dan seakan tidak bisa berhenti memainkannya walaupun sore sudah tiba. Permainan ini pernah menghipnotis kita dan teman- teman kita. Tapi ternyata tidak itu saja.

Ada makna mendalam dibalik bermain layang- layang ini. Itulah yang akan QBeritakan.com bagikan di artikel kali ini.


Makna dari Filosofi Hidup Bermain Layang- layang


Ada beberapa hal yang tidak kita sadari bahwa layang- layang ini telah mengajarkan kita banyak hal dalam hidup. Menerbangkannya tinggi membawa mimpi kita membumbung tinggi ke angkasa.

Selain itu, ada juga 8 filosofi hidup yang bisa kita pelajari dari bermain layang- layang ini. Apa saja? Ayoo kita simak bersama 


1. Semakin tinggi layang- layangmu terbang, maka semakin kencang angin yang menerpanya


Sama seperti kata pepatah. Semakin tinggi sebuah pohon, maka semakin kencang angin yang menghembusnya. Layang- layang mengajarkan kita untuk siap menghadapi tantangan yang semakin besar saat tujuan kita semakin dekat tercapai.

Jika kita ingin segera  sampai, godaan memang semakin besar. Kita harus semakin kuat, tidak boleh lengah.


2. Kamu lah yang memutuskan seberapa tinggi layanganmu terbang dengan mengulur benangnya, control kehidupanmu ada di dirimu sendiri


Bukan orang lain, tapi kamu lah yang bertanggung jawab terhadap kehidupanmu sendiri. Saat hidupmu terbentur masalah, jangan menyalahkan orang lain, meskipun bisa jadi orang lain ikut mempengaruhimu.

Tanpa izinmu, mereka tidak bisa mempengaruhimu. Mulai sekarang, kamu harus tahu apa tujuanmu. Kamu juga harus siap mengambil tanggung jawab penuh saat mulai mengambil keputusan.


3. Jangan melepaskan benangnya, karena selama kamu memegang kendali, kamu tetap bisa mengarahkannya


Berserah diri lah pada Sang Pemilik Kehidupan. Kemanapun kamu pergi dan apa pun yang kamu tuju, kamu tak boleh lepas dari-Nya.

Disini kamu tidak pasrah sepenuhnya pada Tuhan karena kamu tahu itu hanya akan mengecewakanmu, tapi kamu tahu bekerja keras dan menjadikan Ia sebagai pegangan adalah yang paling utama.


4. Buatlah layanganmu sekuat dan sebaik mungkin sebelum akhirnya mengudara ke angkasa dan bisa dilihat oleh banyak orang


Kita tidak serta merta tumbuh dan besar. Ada banyak proses yang harus kita lalui agar kita punya modal kuat untuk menyongsong masa depan. Kekuatan dan keindahan layang- layang tidak serta merta muncul tanpa dibuat oleh pemiliknya.

Sama halnya dengan kita yang harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa meraih masa depan cemerlang.


5. Melihat layang- layangmu terbang tinggi memang menyenangkan, tapi akan kurang berkesan bila tidak ada teman- teman bermainmu di sekitarmu


Bermain layang- layang akan menyenangkan jika kita lakukan bersama- sama teman sambil bercanda dan tertawa.

Dalam hidup pun demikian. Kesuksesan dan perjalanan hidup kita akan berwarna dan bahagia jika kita dikelilingi oleh mereka yang sayang dan peduli pada kita.

Teman, saudara, keluarga dan orang tua penting banget buat kita. Bener banget kan?


6. Nggak selamanya layangmu bisa terbang tinggi dengan mulus


Meskipun kita sudah ahli sekalipun, ada beberapa hal yang membuat layangan kita tidak bisa terbang tinggi dengan mulus, seperti cuaca dan kondisi angin. Kita mungkin sudah mempersiapkannya dengan sangat baik, tapi ada banyak hal di luar kemampuan kita yang mungkin menggagalkan usaha kita.

Sama seperti usaha kita dalam hidup. Ada saat dimana kita sudah mengupayakan yang terbaik, tapi hasilnya masih belum sesuai harapan. Tidak jarang kita juga gagal meskipun kita sudah berusaha mati- matian.


Nggak perlu sedih, karena memang tidak semua hal bisa kita kontrol. Yang penting, kita tetap berusaha untuk melakukan yang terbaik ya.

7. Semua layang- layang bisa terbang dengan cara pembuatan dan teknik menerbangkan yang tepat


Tidak peduli sebagus apapun atau semurah apapun bahan untuk membuatnya
Tidak perlu sedih dengan latar belakang atau masa lalumu.

Selama kamu mau berusaha dan menjadi lebih baik, kamu punya kesempatan untuk terbang tinggi seperti layang- layang. Tidak jarang, mereka yang berasal dari background berkelas justru kalah dengan mereka yang benar- benar tekun dan bekerja keras. 


8. Jika layangmu lepas atau tersangkut, seringkali melepaskannya adalah yang terbaik


Sedih saat layangan mu tersangkut entah kemana?

Daripada memaksa mencarinya dan memanjat hingga tiang listrik atau pohon tinggi, kadang melepaskan nya adalah yang terbaik.

Dalam hidup juga seperti itu. Saat kita dikecewakan dan disakiti, maka move on seringkali adalah pilihan terbaik untuk melanjutkan hidup.


Itulah 8 hikmah yang bisa kita jadikan pembelajaran  dari filosofi layang- layang. Dengan belajar dari filosofi ini, kita belajar untuk memahami kehidupan lebih baik lagi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Filosofi dan Gambaran Hidup Yang Bisa kita Ambil dari Layang - Layang

Trending Now