ATLEE : MELIHAT LEBIH DEKAT SUTRADARA FILM JAWAN

QBeritakan.com
Minggu, 17 September 2023 | September 17, 2023 WIB Last Updated 2023-09-18T12:44:01Z



QBeritakan.com - Jawan dan Shahrukh Khan sedang mengguncang dunia. Atlee sang sutradara selalu mempu menyuguhkan film dengan cerita kompleks dengan ciri khas subplot yang kaya. Bukan hanya itu, Slow motion yang berjibun untuk membuat adegan menjadi sedetail mungkin menjadi ke Khasan film-filmnya termasuk film India selatan khususnya tamil. Alih-alih sering di cibir oleh para anti film India, mereka tetap menjadikan hal tersebut sebagai kekuatan dan kekhasan yang uni. Berikut beberapa fakta menarik tentangnya:

1. Atlee memiliki nama lengkap Atlee Kumar lahir 21 September 1986), seorang sutradara, penulis skenario, dan produser film India yang terkenal karena karyanya dalam film Tamil .

2. Atlee memulai karirnya pada usia 19 tahun, sebagai asisten sutradara sutradara S. Shankar untuk  film Enthiran/Robot (2010) yang menampilkan Rajnikanth dan Aiswarya Rai lalu Nanban (2012), sebuah remake dari film Hindi 3 Idiots . Film pendeknya, Mugaputhagam (2011), mendapat respon masif dari masyarakat dan berbagai platform media.  

 3. Pada tahun 2013, Atlee memulai debut penyutradaraannya dengan Raja Rani , sebuah komedi romantis yang diproduksi oleh AR Murugadoss , Fox Star Studios , dan Next Big Films. Dibintangi oleh Arya , Jai , Nayanthara , Nazriya Nazim , dan Sathyaraj . Film ini menghasilkan lebih dari ₹50 crores di box office dan memenangkannya penghargaan Sutradara Debut Terbaik di Vijay Awards dan penghargaan Negara Bagian Tamil Nadu untuk penulis dialog terbaik.

4. Sampai hari ini dia baru menyutradarai 5 film. Setelah Raja Rani yang sukses besar, ia menyutradarai film Theri (2016), Mersal (2017) dan Bigil (2019), hampir sebagian besar filmnya dibintangi Vijay Thalapathy , yang semuanya sukses secara komersial di box office dan memenangkan beberapa penghargaan. Dia kemudian menyutradarai Jawan (2023) film  berbahasa Hindi yang dibintangi Shah Rukh Khan , sebagai film terbesar dan terlarisnya.

5. Raja Rani , Atlee melanjutkan untuk mengarahkan film berikutnya, Theri (2016), sebuah film thriller aksi emosional, diproduksi oleh Kalaipuli S. Thanu , dibintangi oleh Vijay Thalapathy , Samantha , dan Amy Jackson sebagai pemeran utama. Film ini mendapat tinjauan beragam dari para kritikus yang memuji penampilan para pemain, soundtrack, skor, sinematografi, desain produksi, dan rangkaian aksi. Dengan pendapatan kotor lebih dari ₹156 crores di box office, film ini meraih kesuksesan komersial besar dan menjadi film Tamil terlaris kedua pada tahun 2016 .

6. Pada tahun 2017, Atlee melanjutkan untuk mengarahkan film Mersal , sebuah film thriller aksi, yang diproduksi oleh Thenandal Studio Limited . Sekali lagi dibintangi oleh Vijay Thalapathy, Nithya Menen , Kajal Aggarwal , Samantha Ruth Prabhu , SJ Surya , Sathyaraj , Vadivelu , Hareesh Peradi , dan Kovai Sarala juga muncul dalam peran pendukung yang penting. Film tersebut sukses secara komersial, menjadi salah satu film terlaris di bioskop Tamil, meraup lebih dari ₹250 crores di seluruh dunia. Film ini menjadi penerima berbagai penghargaan. Film ini dirilis pada 6 Desember 2018 di Tiongkok oleh HGC Entertainment. Karena banyaknya peminat, film tersebut diputar di bioskop terbesar di Eropa Grand Rex , Perancis. Film ini diputar di Festival Film Internasional Hainan di Hainan , Tiongkok dan di Festival Film Fantastis Internasional Bucheon di Korea Selatan.

7. Atlee menyutradarai film berikutnya, Bigil (2019), sebuah drama aksi olahraga, yang diproduksi oleh AGS Entertainment . Dia bersatu kembali untuk ketiga dan kedua kalinya dengan Vijay Thalapathy dan Nayanthara . Film ini juga dibintangi oleh Jackie Shroff , Vivek dan Kathir dalam peran penting lainnya. Musiknya diciptakan oleh AR Rahman . Setelah dirilis, film tersebut menerima ulasan yang beragam hingga positif dan muncul sebagai film Tamil terlaris tahun 2019 , mengumpulkan ₹310 crore setelah dirilis. Film tersebut juga menjadi salah satu film Tamil terlaris sepanjang masa dan film terlaris sepanjang karier Vijay.

8. Atlee memulai debutnya di bioskop Hindi dengan Jawan ,  dibintangi oleh Shah Rukh Khan , Nayanthara , Vijay Sethupathi , Priyamani , Sanya Malhotra , Ridhi Dogra ,  Deepika Padukone dan Sanjay Dutt masing-masing membuat penampilan spesial dan penampilan cameo dalam film tersebut.  diproduksi oleh istri Khan, Gauri Khan , dan Gaurav Verma, di bawah Red Chillies Entertainment . Musiknya disusun oleh Anirudh Ravichander. Ini dirilis pada 7 September 2023 dan mendapat ulasan yang umumnya positif baik dari kritikus maupun penonton. Film ini mencetak rekor pendapatan kotor film Hindi ₹75 crores (US$9,4 juta) pada hari pembukaannya. Film ini meraup ₹ 520,79 crores di seluruh dunia pada akhir pekan pembukaannya

9. Atlee, memulai rumah produksi  sendiri bersama istrinya, A for Apple Productions. Mereka bersama-sama memproduseri film pertama mereka dengan Fox Star Studios , Sangili Bungili Kadhava Thorae , sebuah film komedi horor yang ditulis dan disutradarai oleh Ike. Film ini dibintangi oleh Jiiva , Sri Divya , dan Soori sebagai pemeran utama. Serta Pada tahun 2020, Atlee dan Priya memproduksi film kedua mereka, Andhaghaaram , sebuah film thriller horor supernatural , yang ditulis dan disutradarai oleh V. Vignarajan.

10.  Shahrukh Khan memilih Atlee untuk film terbarunya Jawan setelah menonton semua filmnya dan ia menyukainya. Ini menjadi projek ketiga Shahrukh Khan bersama sineas Tamil setelah Dil Se dan Hey Ram yang membuat film kultus dalam filmographynya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • ATLEE : MELIHAT LEBIH DEKAT SUTRADARA FILM JAWAN

Trending Now