Wakil Bupati Way Kanan Ali Rahman Launching Pasar Tani, Guna Dukung Ketahanan Pangan Nasional

QBeritakan.com
Minggu, 13 Agustus 2023 | Agustus 13, 2023 WIB Last Updated 2023-08-13T14:48:49Z

 

QBeritakan.com - Guna mendukung ketahanan pangan nasional Wakil Bupati Way Kanan Ali Rahman melaunching Pasar Tani Ramik Ragom tahun 2023.  Hal tersebut seklaigus upaya membangun dan mengembangkan pertanian di wilayah Way Kanan.

Ali Rahman mengatakan Way Kanan memiliki potensi yang cukup besar untuk pengembangan pertanian dan merupakan daerah agraris. Di mana mayoritas penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani yang sudah berlangsung lama dan turun temurun.

Begitu juga dengan potensi sumber daya alam yang memadai, hampir 80% penduduk Way Kanan bermata pencaharian di sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan.

"Sampai saat ini sektor pertanian masih merupakan salah satu prioritas utama pembangunan di Way Kanan karena memiliki peranan strategis dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat,"kata Ali Rahman,Minggu, 13, Agustus 2023.

Menurutnya petani adalah aktor penting paling banyak mencurahkan waktunya untuk memastikan berjalannya ketersediaan pangan, dituntut untuk meningkatkan hasil produksi.

"Dengan akses pasar yang sempit dan harga yang tidak bersahabat, dipastikan peningkatan produksi tidak ada manfaatnya bagi petani. Untuk itu, melalui kegiatan launching pasar tani ini, sebagai upaya dalam membangun dan mengembangkan pertanian di  Way Kanan,"ungkap Ali Rahman.

Kegiatan tersebut merupakan wujud dukungan pemerintah daerah terhadap ketahanan pangan nasional. Sehingga diharapkan pasar tani ramik ragom dapat berkelanjutan serta sebagai tempat dan sarana yang tepat untuk mempromosikan produk pertanian beserta olahannya.

Selain itu juga, para petani dapat memasarkan langsung produknya kepada konsumen atau pembeli, dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan kelembagaan petani dalam pemasaran dan membaca peluang usaha, serta dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap produk sendiri atau produk lokal.

“Saya juga mengajak kepada para petani, untuk tetap menjaga kualitas dan ketersediaan produk, sehingga program pasar tani ini dapat berkelanjutan.

Saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para petani, kelompok tani dan pihak-pihak lainnya yang telah berpartisipaso atas terselenggaranya Pasar Tani Ramik Ragom ini," jelasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wakil Bupati Way Kanan Ali Rahman Launching Pasar Tani, Guna Dukung Ketahanan Pangan Nasional

Trending Now