Tokoh Masyarakat Air Bangis Dukung Proyek Strategis Nasiona, Siapa Yang Yang Tidak Setuju, Begini Faktanya !

QBeritakan.com
Jumat, 04 Agustus 2023 | Agustus 04, 2023 WIB Last Updated 2023-08-05T12:13:24Z


QBeritakan.com - Demo terkait Proyek Startegis NAsional (PSN) yang akan dibangun di Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menimbulkan gejolak bagi masyarakat.

Aksi demontrasi tersebut terjadi selama 4 hari berturut-turut yang dimulai pada Senin, 31 Juli 2023. Namun pada Rabu, 2 Agustus 2023 sebagian masih bertahan menanti kepastian dari Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah.

Rupanya masih ada lagi demo dari sebagian masyarakat Air Bangis yang terdiri dari tokoh masyarakat. Sedikitnya puluhan tokoh masyarakat terlibat dalam aksi itu.

Lantas, ada apa dengan masyarakat Air Bangis, sebagian menolak dan ada pula yang mendukung? Berikut ulasannya seperti dilansir melalui kanal YouTube Padang Tv dalam Dialog Detak Sumbar berjudul Seru! Tokoh Masyarakat Air Bangis Dukung Proyek Strategis Nasional.

Mantan Wali Nagari Ar Bangis Pasbar, Efif Syahrial mengatakan, pada hari Senin terjadi demo besar-besaran. Lalu terdengar berita bahwa demo itu adalah atas nama masyarakat Air Bangis. Semua tersendak bahkan dirinya ditelepon oleh berbagai pihak.

"Kemudian saya konfirmasi kepada mereka, bahwa yang demo itu bukanlah masyarakat Air Bangis tetapi warga Jorong Pigogah Patibubur yang merupakan pengarap lahan di kawasan itu. Lahan itu hutan produksi," katanya.

Efif menyebutkan, ada proses penegakkan hukum yang dilakukan Polda Sumbar terhadap pencuri sawit, salah satunya adalah pengarap lahan. Dia adalah anak toke sawit.

Setelah itu, kata Efif, masyarakat Pigogah melakukan aksi demo atas penangkapan tersebut. Saat itu ada pihak dari Polda Sumbar, Polres Pasaman Barat hingga puluhan perwira.

"Bahkan Polsek sendiri cedera mereka buat karena terjadi beberapa pengrusakan. Terjadi satu Minggu yang lalu sebelum demo di Padang. Jalan diblokir," katanya.

Sebelum kejadian tersebut, Efif menyebutkan, bahwa Polres Pasaman Barat sudah siap memfasilitasi warga untuk ke Polda Sumbar untuk penyelesaian kasus tersebut.

"Pada Jumat malam saya dihubungi pak Jorong menangih janji untuk memfasilitasi masyarakat Pigogah dan saya tepati. Kemudian didatangkan Karmin, bapak dari anak toke sawit yang ditahan. Namun besoknya Karmin tidak lagi hadir, sehingga selesailah fasilitasi ke Polda. Nah, inilah penyebabnya mereka datang demo ke Padang," jelasnya.

Effi menjelaskan, proses pembangunan PSN ini berawal dari putra dari Sumbar yang pernah membangun Bontah. Mereka datang ke Sumatera Barat yang pertama dilirik adalah Teluk Kabung bukan Air Bangis.

Disaat itu, lanjut Efif, pak Gubernur masih menduduki posisi Walikota Padang. Dalam perkembangannya Teluk Kabung tidak memungkinkan sehingga dipilih Ait Bangis. Alasannya, karena bekas hutan produksi sekitar 20 ribuan hektar dan terletak di lokasi strategis.

"Wacana PSN ini waktu 2014, pertanyaan saya singkat ke Gubernur 'Inveatsi ini kita terima, apa manfaat bagi Nagrai?'. Jawabnya tegas, ivestasi ini memerlukan tenaga kerja 30 ribu orang. Akan banyak lapangan kerja bagi anak Nagari. Jadi kita mendukiung PSN," katanya.

Efif menambahkan, masyarakat Air Bangis tidak ada heboh dengan PSN ini, Bahkan mereka mendukung proyek ini dan dibuktikan dengan surat dukungannya.

Kepala Jorong Pigogah Patibubur, Zainarlis menyebutkan,  jika Proyeksi Startegis Nasional ini dilakukan akan banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat Air Bangis, Pasaman Barat bahkan Sumbar.

"Proyek ini bukan di kampung mereka (Pigogah, red) tapi hanya di kawasan saja. Cuma karena mendengarkan hasutan orang yang berkepentingan di sana untuk membangun perkebunan jadi masyarakat itu dimanfaatkan," katanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tokoh Masyarakat Air Bangis Dukung Proyek Strategis Nasiona, Siapa Yang Yang Tidak Setuju, Begini Faktanya !

Trending Now