Semarakan Syukuran Laut Teluk Semaka 2023 Dilengkapi Tradisi Kuno Larung Kepala Kerbau Ke Laut

QBeritakan.com
Kamis, 10 Agustus 2023 | Agustus 10, 2023 WIB Last Updated 2023-08-11T02:21:57Z


 
QBeritakan.com - Momentum bersejarah terpancar dari tepian Teluk Semaka saat ratusan warga berdandan megah naik puluhan perahu nelayan, menyemarakkan tradisi kuno larung kepala kerbau di tengah laut. Acara itu turut menyemarakan puncak Syukuran Laut Teluk Semaka 2023.

Terlihat seorang perempuan yang memakai busana adat Saibatin Lampung melangkah ke depan dan membuang beragam jenis sesaji ke dalam lautan. Raut wajahnya memancarkan keanggunan dan kerendahan hati sekaligus.

Ditemani oleh para pendamping, suara doa yang merdu terdengar membelah angin. Sementara matahari perlahan tenggelam, riak-riak air laut berpadu dengan cahaya senja, menciptakan adegan yang sungguh memukau.

Ketua Panitia Pelaksana, Mastang mengungkapkan bahwa tradisi syukuran laut yang berlangsung sekali dalam dua tahun ini telah mengukuhkan akar budaya yang dalam. Lebih dari sekadar perayaan, Syukuran Laut Teluk Semaka merupakan wujud rasa syukur masyarakat nelayan atas limpahan hasil tangkapan dari lautan yang melimpah.

"Syukuran laut sebagai ungkapan syukur atas hasil tangkapan nelayan selama ini. Selain itu, untuk memanjatkan doa agar hasil tangkapan di laut lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," kata dia kepada Lampost.co saat mengikuti tradisi larung kepala kerbau pada Kamis, 10 Agustus 2023.

Tidak hanya larung kepala kerbau, Syukuran Laut Teluk Semaka 2023 dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan lain seperti atraksi budaya, bakti sosial, pertunjukan wayang golek, pesta rakyat, serta pentas kuda kepang yang dilaksanakan di sekitar TPI Kotaagung.

Terselenggaranya tradisi nenek moyang ini juga atas kerjasama berbagai pihak seperti Pemerintah Kabupaten Tanggamus, swasta, TNI/Polri, dan HNSI Tanggamus. Semuanya turut andil dalam merangkai kesuksesan Syukuran Laut Teluk Semaka 2023.

"Khusus untuk rekan-rekan nelayan Kotaagung yang saya banggakan, saya ucapkan terimakasih. Semoga ke depan kita dapat membuat acara yang lebih meriah lagi," ujar Mastang.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus, Suyanto mengatakan bahwa larung kepala kerbau dapat ,enjadi salah satu pemikat wisatawan untuk mengunjungi Tanggamus. Sebab pada tradisi itu terdapat keindahan dan makna mendalam yang tercermin dari setiap rangkaian acaranya.

"Kami dari pemerintah tentu sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena ini juga merupakan tampilan dari seni budaya di Tanggamus," ungkapnya.

Dengan sinar matahari yang semakin terbenam, gemuruh ombak dan riuh tepuk tangan masyarakat mengiringi perlahan tenggelamnya kepala kerbau di laut lepas. Tradisi nenek moyang dan spiritualitas terpadu dalam momen yang tak terlupakan, memberikan warna baru bagi kehidupan di pesisir Teluk Semaka.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Semarakan Syukuran Laut Teluk Semaka 2023 Dilengkapi Tradisi Kuno Larung Kepala Kerbau Ke Laut

Trending Now