Film Pendek 'Membangun Garuda' Rilis untuk Bangun Indonesia Digdaya Dalam Rangka Peringati Kemerdekaan Indonesia ke-78

QBeritakan.com
Selasa, 15 Agustus 2023 | Agustus 15, 2023 WIB Last Updated 2023-08-15T14:02:17Z


 
QBeritakan.com - Film pendek bertajuk 'Membangun Garuda' rilis di tengah perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78.

Adegan pembuka dalam film digambarkan dengan pagi yang cerah di jalan antara sawah.

Dua orang kakak-adik sedang bersepeda di antara ladang padi sambil menggumamkan Indonesia Raya.

Raut bahagia dan optimistis terpancar dari wajah mereka.

Anda bisa menyaksikan film 'Membangun Garuda' di bawah ini:

Diketahui, film pendek Membangun Garuda yang diproduksi oleh Lanjut.id dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78.

Lanjut.id sendiri merupakan sebuah kolektif yang mengusung visi untuk melanjutkan segala hal yang baik tentang Indonesia dengan cara kreatif demi Indonesia digdaya.

Lanjut.id hadir di beragam kanal digital, seperti Instagram (@lanjut.id), Tiktok (@lanjut.id), dan Youtube (channel: Lanjut_id) dengan beragam konten kreatif berupa video pendek dan ilustrasi. Selain itu, Lanjut.id juga mengeluarkan beberapa koleksi apparel yang bisa didapatkan di Lanjut_id Official Store Tokopedia.

Film pendek Membangun Garuda mengisahkan tujuh pemuda yang bahu-membahu membangun Garuda Pancasila untuk dipasang di gapura kampung mereka dalam rangka memeriahkan peringatan tujuh belasan.

Film ini sarat akan shot-shot yang didominasi angle close up dari masing-masing tokoh.

Pemilihan gaya tersebut sengaja dilakukan untuk memberikan kesan intim antara penonton dengan para tokoh, sehingga kita seperti bisa merasakan apa yang dirasakan para tokoh.

Sepanjang cerita, lantunan musik dramatis berkelindan dengan gestur para tokoh dan melahirkan kesan magis.

Di ujung kisah, Garuda Pancasila gagah berdiri di atas gapura seraya menaungi orang-orang kampung yang takjub melihatnya. Slogan ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’ pun menutup cerita dengan lugas dan megah.

Membangun Garuda memiliki durasi sekitar satu menit.

Film ini merupakan sebuah imbauan agar baik para pemimpin maupun masyarakat Indonesia selalu bahu-membahu memberikan segenap daya dan karsa demi memastikan Garuda Pancasila tetap berdiri tegak di Bumi Pertiwi.

Apalagi mengingat begitu panjang estafet perjuangan yang telah dilalui oleh bangsa kita.

Nuansa gotong-royong khas Nusantara terasa begitu kental di sepanjang cerita.

Semangat toleransi dan kesetaraan juga berhasil dipotret dengan sempurna lewat penokohan dan pengadeganan yang ditampilkan dalam bentuk partisipasi menyeluruh dari masing-masing tokoh.

Tak ada dialog dalam film tersebut. Hanya ketekunan dan kerja keras para tokoh yang ditampilkan, persis menggambarkan bagaimana para pemimpin bangsa bekerja membangun negeri ini.

Film Membangun Garuda akhirnya menjadi sangat bertalian dengan tema HUT RI tahun ini.

Di film ini, para tokoh digambarkan bekerja sama membangun Garuda, yang dalam mitologi merupakan kendaraan Dewa Wisnu yang sangat cepat—yang siap membawa ‘Indonesia terus melaju’—sesuai tema tahun ini.

Selain itu, burung Garuda merupakan figur yang mempunyai profil yang sangat besar dan kuat. ‘Membangun’-nya berarti memanjatkan doa untuk para pemimpin Indonesia sekarang dan yang akan datang agar mereka mampu membawa negara ini menjadi besar dan kuat.

Selamat ulang tahun ke-78 negara Indonesia kita tercinta.

Semoga cita-cita para pendiri dan pemimpin bangsa serta seluruh rakyat Indonesia terus bersemayam dalam gagah sayapmu.***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Film Pendek 'Membangun Garuda' Rilis untuk Bangun Indonesia Digdaya Dalam Rangka Peringati Kemerdekaan Indonesia ke-78

Trending Now