Asal Usul Orang Jawa dan Manusia Awal Yang Menghuni Pulau Jawa

QBeritakan.com
Rabu, 23 Agustus 2023 | Agustus 23, 2023 WIB Last Updated 2023-08-22T17:42:13Z


QBeritakan.com - Jika dikaji menggunakan ilmu paleontropologi,manusia awal yang menghuni pulau jawa adalah Pithecanthropus modjokertensis atau Homo Erectus modjokertensis yang berumur 1,8 juta tahun lalu. (Glinka, 2001: 2)

Zaman Homo Erectus berakhir dengan Homo Erectus Soloensis. Ada indikasi kuat bahwa Homo Erectus mengalami evolusi menjadi Homo Sapiens.

40 ribu tahun yang lalu hidup Homo Wadjakensis yang mana Homo Wadjakensis ini menurut Jacob merupakan leluhur penduduk seluruh Nusantara.

Jenis manusia atau Homo Sapiens juga hidup di Jawa berasal dari ras Austromelanesid yang sejak 10 ribu tahun mengalami proses mongolidisasi.

Manusia dari Wajak dapat disebut sebagai manusia di Jawa yang paling tua.

Jika dikaji lewat sejarah,orang-orang jawa termasuk dalam rumpun Austronesia yang berasal dari Taiwan dan China bagian Selatan.

Jika dikaji dengan kajian bahasa atau linguistic,bahasa Jawa dan bahasa Sunda pada awalnya merupakan satu bahasa yang terpisah dari rumpun Malayic Hesion 2246 tahun yang lalu,lalu bahasa Jawa dan Sunda terpisah kurang lebih 2168 tahun yang lalu.

Artinya Etnis Jawa terbentuk sekitar 2168 tahun yang lalu.

Lebih detailnya bisa berkunjung ke Museum purbakala SANGIRAN sragen jawa tengah..disana ada sejarahnya Lengkap secara ilmiah bukan dari dogma atau keyakinan saja.
Rahayu.

Sumber :
Glinka,Josef (2001) Asal Mula Orang Jawa: Suatu Tinjauan Antropologis.

Adhie Khumaidi

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Asal Usul Orang Jawa dan Manusia Awal Yang Menghuni Pulau Jawa

Trending Now