Ancaman Nyata Kehidupan Masyarakat "Fenomena Global Boiling"

QBeritakan.com
Senin, 07 Agustus 2023 | Agustus 07, 2023 WIB Last Updated 2023-08-07T01:05:12Z


QBeritakan.com - Pendidihan global, yang dikenal juga sebagai "Global Boiling,"  menjadi satu fenomena yang bisa mengancam kehidupan masyarakat. Fenomena global boiling merujuk pada peningkatan suhu rata-rata bumi secara signifikan akibat aktivitas manusia yang menghasilkan emisi gas rumah kaca.

Pengamat lingkungan Universitas Lampung M Thoha B Sampurna Jaya menyebut global boiling juga memiliki dampak terhadap perubahan cuaca ekstrem, termasuk gelombang panas yang lebih intens dan sering, banjir yang merusak, dan badai tropis yang lebih kuat.

"Ini mengancam ketahanan pangan dan infrastruktur, serta merusak lingkungan alami yang berperan penting dalam menopang kehidupan masyarakat, apalagi Lampung yang menjadi salah satu provinsi penghasil kebutuhan pokok utama beras. Ini akan sangat dirasakan oleh para petani," kata dia.

Salah satu dampak lain yang paling mengkhawatirkan dari pendidihan global menurut Thoha adalah kenaikan permukaan air laut. Pemanasan global bisa menyebabkan pelelehan es di kutub-kutub, yang menyumbang pada kenaikan permukaan air laut secara signifikan. Kenaikan ini mengancam daerah pesisir dan pulau-pulau kecil, mengakibatkan hilangnya lahan, serta habitat laut yang rusak.

"Ancaman ini juga dapat berdampak negatif pada ekonomi lokal yang sangat bergantung pada sektor pariwisata dan perikanan," katanya.
baca juga: Lampung dan Sejumlah Wilayah Diprediksi Dilanda Kekeringan

Dampak lanjutan dari pendidihan global juga mempengaruhi sektor pertanian dan pangan. Perubahan pola curah hujan dan peningkatan suhu dapat mengganggu masa produksi tanaman dan mengurangi hasil panen.

"Akan ada potensi pergeseran masa tanam dan masa panen, bahkan dampak terburuknya bisa saja kekurangan pasokan pangan, hal ini dapat memicu krisis pangan dan ketidakstabilan ekonomi masyarakat," kata dia.

Dalam wawancaranya Thoha yang juga Lulusan S3 Pengelolaan SDA dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini juga menilai, bahwa pemerintah perlu siap siaga untuk mengantisipasi kemungkinan fenomena pendidihan global ini.

Pemerintah diminta hadir bersama dengan masyarakat untuk bekerja sama mengurangi emisi gas rumah kaca, serta aktif dalam mensosialisasikan dampak dari pembakaran sampah dan lahan yang berpotensi memperburuk kesehatan lingkungan.

Selain itu, kerjasama secara global dan tindakan kolektif dari banyak negara juga bisa menjadi langkah yang bisa diambil untuk merespon fenomena pendidihan global ini.

"Fenomena yang berkaitan dengan alam yang dihadapi masyarakat, dampaknya bukan hanya kepada manusia yang merasakannya, tetapi seluruh makhluk hidup di dalamnya," tuturnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ancaman Nyata Kehidupan Masyarakat "Fenomena Global Boiling"

Trending Now