Tradisi Unik di Perkebunan Teh Liki Solok Selatan "Wiwitan Petik"

QBeritakan.com
Minggu, 30 Juli 2023 | Juli 30, 2023 WIB Last Updated 2023-07-30T06:02:22Z


QBeritakan.com - Salah satu ungkapan syukur yang menjadi tradisi di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat adalah "Wiwitan Petik Teh".

Tradisi unik ini biasa dilakukan di lingkungan Perkebunan Teh Liki, di Jorong Sungai Lambai, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Biasanya, Wiwitan Petik Teh digelar penduduk setempat setiap menjelang awal musim petik teh sebagai penanda dimulainya produksi teh Mitra Kerinci di tahun yang baru.Selain sebagai pendanda musim petik teh, tradisi ini juga diyakini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil yang diperoleh.Bibit teh yang ditanan pada upacara ini tidak dilakukan oleh sembarang orang, melainkan orang yang terpilih.

Biasanya, orang yang dituakan di perusahaan yang berhak untuk menanam bibit teh, dan disiapkan khusus dari kebun terbaik dan ditanaman pada areal pilihan.

Acara ini diikuti oleh doa bersama seluruh pimpinan dan karyawan agar tanaman yang ditanaman mampu menjadi tanaman produktif yang akan menjaga eksistensi perusahaan selama 100 tahun ke depan.

Acara ini dilanjutkan dengan prosesi budaya silek lunjua, tari wiwitan petik, dan tari-tarian dari semua suku yang ada di Kebun Liki.Mulai dari tari-tarian dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Minang, Sumatra Utara, dan Nias.Prosesi Wiwitan Petik telah menjelma menjadi tradisi setempat yang rutin dilaksanakan tiap awal tahun.***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tradisi Unik di Perkebunan Teh Liki Solok Selatan "Wiwitan Petik"

Trending Now