PMB Universitas Bung Hatta akan Terima 2.000 Mahasiswa Baru Tahun Ini

QBeritakan.com
Kamis, 06 Juli 2023 | Juli 06, 2023 WIB Last Updated 2023-07-06T05:42:17Z


QBeritakan.com - Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, pada tahun akademik 2023/2024 ini akan menerima 2.000 orang mahasiswa baru untuk 33 program studi dari tujuh fakultas yang ada dilingkungan Universitas Bung Hatta.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Tafdil Husni menyebutkan bahwa, Universitas Bung Hatta telah membuka Pendaftaraan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023/2023 sejak bulan April lalu.

"Pendaftaran sudah bisa dilakukan melalui online dengan alamat situs www.spmb.bunghatta.ac.id atau dapat juga langsung datang ke sekretariat pendaftaran di Gedung Perpustakaan Kampus 1 Universitas Bung Hatta Ulak Karang," kata Tafdil dikutip dari laman universitas, Kamis (6/7/2023).

Ia mengatakan, penerimaan mahasiswa baru di Universitas Bung Hatta tanpa melalui seleksi ujian masuk atau tanpa tes, akan tetapi melalui penjaringan nilai saja dari nilai rata-rata rapor semester satu hingga lima dan hasil nilai Ujian Nasional (UN).

Senada, Wakil Rektor I Prof. Dr. Hendra Suherman, S.T., M.T. menambahkan, proses pendaftaran calon mahasiswa sangat mudah, cukup membuka laman www.spmb.bunghatta.ac.id lalu mengajukan formulir dengan menekan tombol pendaftaran sesuai dengan program studi yang dipilih.

"Selanjutnya calon akan mendapatkan username dan password yang belum diaktifkan. Selanjutnya calon melakukan pembayaran uang pendaftaran sebesar Rp.252.000,- melalui melalui rekening virtual account BNI 46 yang dapat dibayar melalui ATM,Mobile Bangking dan alat pembayaran lainnya," ujarnya.

Langkah berikutnya adalah login lagi ke laman http://spmb.bunghatta.ac.id dengan menggunakan username dan password yang diberikan pada saat pengajuan formulir, kemudian melengkapi formulir pendaftaran.

Seterusnya calon dapat melihat hasil seleksi dapat dilihat secara online atau dapat menghubungi call center yang sedang bertugas.

Sementara itu Wakil Rektor II Dr. Elfiondri, S.S., M.Hum., mengatakan besaran UKT di Universitas Bung Hatta mulai dari Rp3 juta-an sampai dengan Rp4 jutaan, tergantung dari program studi yang dipilih, kemudian ditambah dengan biaya Pengembangan Insitusi sebesar Rp.2.602.500.

"Jadi mahasiswa baru Universitas Bung Hatta Tahun Akademik 2023/2024 dibebani biaya dengan kisaran Rp.6 juta_an hingga Rp7,5 juta tergantung dengan program studi pilihan calon mahasiswa, dengan biaya tersebut mahasiswa tinggal kuliah saja dan tidak ada biaya-biaya lain lagi," tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengimbau kepada calon mahasiswa agar lebih cermat dalam memilih perguruan tinggi terutama dalam melihat mutu akademiknya dimana program studinya telah terakreditasi atau belum terakreditasi oleh BAN-PT. Sehingga para calon mahasiswa dan orang tua dapat lebih cermat dalam memilih program studi yang dipilih. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PMB Universitas Bung Hatta akan Terima 2.000 Mahasiswa Baru Tahun Ini

Trending Now